Monday, 1 December 2014

Catatan PJ "Surat Cinta untuk Ibu" (Sebelum Pengumuman Pemenang)

Jujur saja, dalam event yang saya pegang kali ini cukup mengesankan. Event yang membuat saya takjup dengan jumlah peserta yang membludak. Mabuk naskah? Ya, saya memang mabuk naskah. Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa poin yang perlu dievaluasi untuk kebaikan bersama.

  1. Patuhi Peraturan. Hal inilah yang saya tekankan terlebih dulu. Dalam peraturan sudah tercantum beberapa poin yang memang harus dipatuhi sebelum mengikuti event. Peserta yang cerdas adalah peserta yang mematuhi peraturan dalam sebuah event. Hal yang sepele bukan semata-mata disepelekan, namun harus diperhatikan dan ditaati! Kesalahan yang fatal adalah format penulisan dalam file maupun subjek e-mail. 
  2. Pengertian. Mengapa saya menuliskan kata 'pengertian' di sini? Ya, agar antara PJ dan peserta saling tenggang rasa. Masa setiap hari, setiap waktu selalu menanyakan, "Mbak naskah saya sudah masuk? Mohon dicek." Sedangkan di update peserta sudah tertera jelas nama masing-masing peserta. Bahkan yang saya tidak kira, banyak yang inbox saya tengah malam, jam satu sampai tiga pagi. Haduhhh ... saya bukan kelelawar atau vampir kalau malam gak pernah tidur. Saya manusia yang butuh istirahat. Setidaknya bisa toleransi untuk tidak mengganggu PJ malam-malam. PJ pun lelah mengoreksi naskah yang masuk jumlahnya ratusan. Mohon pengertiannya! Sekali dua kali inbox gak masalah asal jangan terus-terusan. Mirip orang nagih utang.
  3. Judul Tak Hanya Sama Persis dengan Tema. Judul yang saya baca dari keseluruhan naskah yang masuk, hampir 45% adalah menganut tema, yaitu Surat Cinta untuk Ibu. Seharusnya banyak varian judul di sekitar anda. Gunakan imajinasi dan daya kreativitas anda untuk memunculkan judul-judul yang menarik dan membahana ^_^
  4. Kirim E-mail maksimal 2 kali. Saya mengerti bahwa ada rasa kekhawatiran naskah tidak masuk e-mail event. Namun, hal ini jangan dijadikan ajang membom e-mail event dengan email anda yang begitu banyak. Terlebih ada yang mengirim 10 kali. Bagaimana tidak menambah beban pusing PJ Event? Semoga tidak terulang kembali.
  5. Penulisan. Peraturan satu halaman bukan berarti satu halaman hanya diisi satu sampai dua paragraf pendek. Bahkan kalau dilihat sangat tidak enak. Hanya mencapai setengah halaman A4. Setidaknya bisa dikira-kira sendiri porsi menulis anda. Saya yakin anda semua adalah penulis cerdas!
 Semoga hal ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua. Pengumuman bisa dilihat tanggal 14 Desember 2014.



Salam karya,

Anggi Putri

0 comments :

Post a Comment