Selasa, 27 Oktober 2015

Kiat Cemerlang Bijak Mengelola Keuangan


            Bicara mengenai kekayaan memang sering kali dianggap tabu. Kekayaan cenderung menyoal uang, hitungan, dan kiat sulit. Mungkin anggapan seperti itu harus kita libas dan babat mulai dari sekarang. Setiap manusia hakikatnya hidup untuk menyejahterakan hidupnya. Begitu pula untuk memenuhi segala kebutuhan mulai dari makan, sandang, papan (tempat tinggal), dan beberapa kebutuhan penunjang seperti jalan-jalan, atau sekadar berlibur ke tempat wisata.
            Semua hal di atas butuh uang untuk memenuhinya. Nah, bagaimana cara cemerlang mengelola keuangan. Sebagai kaum muda bukan berarti tidak peduli atau pura-pura acuh pasal kekayaan. Justru kita masih muda harus memanfaatkan waktu banyak ini untuk mengumpulkan dan mengelola keuangan. Jika bisa sukses saat muda mengapa harus menunggu tua?
            Sebenarnya, ada 8 dosa sifat manusia dalam mengelola keuangan, antara lain:
1.      Terperangkap Mitos Masyarakat
2.      Memilih untuk Buta Financial
3.      Manusia cenderung berjuang demi bertahan hidup bukan berjuang demi keinginan hidup
4.      Tidak menetapkan target financial
5.      Tidak memprioritaskan kemakmuran financial Anda
6.      Tidak menggunakan uang dengan bijaksana
7.      Tidak Membuat data anggaran
8.      Tidak melakukan investasi

Dalam acara Blogger Sun Life beberapa minggu yang lalu banyak dipaparkan solusi-solusi dalam mengelola keuangan dengan bijak. Meski kita mempunyai kekayaan banyak namun kalau tidak mengelolanya, sama saja percuma. Semua keuangan akan berjalan jika yang mengelola bijak dan mampu memutarkan uangnya ke tampat-tampat yang tepat.
Bayangkan saja, jika dolar semakin melonjak, semua kebutuhan mulai dari biaya sekolah, kebutuhan pokok, harga barang furniture hingga biaya pernikahan pun akan ikut naik. Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara investasi. Anda bisa menjalankan uang Anda untuk bisnis restaurant, memasukkan ke asuransi, atau menabungnya di bank. Tapi ingat, jika Anda memilih untuk menabung maka mulailah sejak dini dan rentang menabung serta jumlah uang yang ditabungkan tiap rutinnya jumlahnya tetap, atau konstan agar bunga yang Anda dapatkan pun setimpal dengan usaha Anda menabung. Hal ini akan jauh lebih menguntungkan daripada Anda menabung dengan jumlah berbeda-beda tiap kali menabung.
Intinya, “Guide to be Becoming Rich”. Buang jauh-jauh mitos-mitos masyarakat, dan hindari 8 dosa sifat manusia dalam mengelola keuangan.

Mulai sekarang, kelolalah keuangan dengan bijak, karena yang menentukan masa depan Anda adalah Anda sendiri. 

0 komentar :

Posting Komentar