Selasa, 27 Oktober 2015

Sempol, Jajanan Unik Khas Sumber Maron



Kalian pasti bertanya-tanya dengan nama jajanan unik satu ini. Bahkan kalian mungkin baru mendengar kata “sempol”. Awalnya saya pun tergelitik dengan nama jajanan yang banyak dijual di wisata Air Terjun Sumber Maron, Gondanglegi-Malang. Jajanan yang ditusuk dengan lidi berukuran panjang, bahkan tusuk lidinya dua kali lebih panjang dari tusuk sate biasa. Jajanan sempol banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan setapak sepanjang Sumber Maron. Harganya pun relatif murah yaitu Rp. 500,-/tusuk.

Sempol Khas Gondanglegi


Jajanan ini terbuat dari adonan daging ayam cincang yang dicampur banyak tepung. Tepung terigu atau tepung kanji ya. Kalau dari padatnya sepertinya tepung terigu tapi kalau dari kenyalnya sepertinya ada tepung kanjinya. Dibentuk seperti tempura, ditaruh di tusuk sate yang panjang, dikukus setengah matang dan saat menunggu pembeli didiamkan seperti penjual sate.
Saat dipesan, setiap tusuk sempol digoreng setengah matang sebentar saja. Kemudian dicelupkan ke kocokan telur lalu digoreng lagi sampai matang. Bumbunya pun mirip dengan cilok, mau pakai saus tomat oranye sedikit pedas, saus tomat, atau kecap. Di beberapa penjual lain bahkan dilengkapi dengan saus kacang yang bikin rasanya lebih gurih.
Untuk mengetahui info selengkapnya tentang Wisata Sumber Maron silakan baca Spot Wisata Keren yang Patut Dikunjungi.

0 komentar :

Posting Komentar