Sabtu, 23 April 2016

Menumbuhkan Minat Menulis Lewat Membaca



Apa yang kita bagi, tak akan pernah berkurang. Mungkin inilah satu kalimat yang menginspirasi untuk membagikan sedikit ilmu tentang menulis kepada anak-anak di Rumah Baca Daanish Aniq pekan lalu. Sekaligus sebagai rasa syukur satu tahun Penerbit Pustaka Kata, penerbit indie yang saya kelola.


Bersama dengan teman-teman dari RAJ (Rumpun Aksara Jombang), Marifah R Nazilah, Nindy, Adella April dan Candra Adikara Irawan, saya berangkat ke Dusun Bajang Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Sebelumnya saya sudah mengkonfirmasi pemilik rumah baca Bu Yaya. Anak-anak menyambut saya dan teman-teman dengan sangat terbuka. Bahkan rasanya saya terharu melihat antusiasme hampir seratus anak-anak yang menyambut saya. Mimpi-mimpi besar seolah terpancar dari wajah polos mereka.
Rumah baca Daanish Aniq baru berdiri beberapa tahun belakangan ini dan memiliki koleksi sekitar 300 judul buku untuk anak-anak dan umum. Minat baca anak-anak di sini sangat tinggi. Terutama untuk buku-buku puisi, motivasi dan cerita anak. Selain itu mereka juga menunjukkan antusiasme belajar menulis, baik cerpen maupun puisi. Saya sempat memberikan tantangan singkat untuk membuat cerpen dan puisi bertema bebas, baik tentang peristiwa-peristiwa di kehidupann sehari-hari maupun imajinasi dan mereka menjawab tantangan saya dengan baik. Karya-karya mereka patut diacungi jempol. Seperti Resti Langgeng Wahyono, Wilujeng, Aan Dwi Amrullah, Serli Aprilia, Zian Nur Fitria, Yusrotul Maghfiroh, Izzatul Hamidah dan Izzatul Mufidati. Untuk mengapresiasi karya-karya mereka, saya memberikan sedikit kenang-kenangan berupa buku sebagai motivasi agar mereka terus membaca dan menulis.
Kegiatan berbagi sekaligus sharing kepenulisan ini akan berlangsung setiap bulannya di Rumah Baca Daanish Aniq. Menurut Bu Yaya, pemilik Rumah Baca Daanish Aniq, “Kopdar pertama Penerbit Pustaka Kata adalah pembuka pintu mimpi anak-anak di rumah baca ini.” Harapan saya tentunya semakin banyak generasi kita yang gemar membaca dan bisa terus membagi sedikit ilmu saya kepada mereka. Tetap semangat ya adik-adik. Semoga kelak mimpi kalian dapat tewujud. Salam literasi.

 Acara ini juga dimuat Harian Surya Edisi Senin, 11 April 2016 (versi tulisan beda)




*Anggi Putri, penggagas komunitas menulis RAJ (Rumpun Aksara Jombang), Pimpinan Penerbit Pustaka Kata, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penggiat Sastra dan Penikmat literasi. E-mail anggiputri265@gmail.com.

0 komentar :

Posting Komentar