Selasa, 12 April 2016

Pesta Blogger di Road Blog Chapter Surabaya


Penulis: Anggi Putri

#RoadBlog10Cities akhirnya digelar 9 April 2016 di Surabaya. Acara yang diadakan oleh perusahaan periklanan online Excite Indonesia ini memang menyebar di 10 kota di Indonesia, terutama menggandeng para blogger. Kota kota yang kebagian menjadi organizer diantaranya Makasar, Banjarmasin, Bangkalan, Medan, Banda Aceh, Bojonegoro, Jogja, Bandung, Jakarta, dan tentunya Surabaya.


Tujuan acara Road Blog 10 Cities ini sebetulnya yaitu mengajari para blogger amatiran untuk membuat konten yang bagus dan sedikit memberi kuliah umum tentang cara SEO yang mudah bagi pemula. Untuk menarik minat peserta Road Blog 10 Cities juga di-cover sponsor-sponsor yang ikut memberi pengetahuan dan doorprize. Chapter Surabaya kali ini digawangi sponsor Traveloka, Lembaga Sensor Film Indonesia, Pegadaian, dan Genflix.



Road Blog Chapter Surabaya menjadi ajang kopdar dan pesta blogger besar. Kuliah oleh para sponsor dimoderatori Budiono berturut-turut mulai Hakim Setiawan (Deputi Bisnis Pegadaian), Ahmad Yani (Lembaga Sensor Film), dan Hary Afriandi (Digital Marketing Strategist Traveloka).

"Menulis di blog sebaiknya tentang tema yang dikuasai oleh blogger-nya sendiri," kata Rahmah, salah satu pemateri. Tantangan para blogger adalah membuat konten yang unik di blog, yang tidak ditemukan di blog lain. Rahmah juga memberikan cara meningkatkan mood ketika menulis, memberikan tips-tips dalam menentukan tema blog, hingga cara terus konsisten dan kontinu menulis. Materi yang disajikan sangat mudah dipahami dan menarik.

Selain itu ada materi paling akhir yang ditunggu-tunggu audience yaitu tentang SEO. Firmansyah, sang pemateri membeberkan SEO tools yang bisa digunakan agar tulisan di blog bisa muncul pertama di search engine (mesin pencari). Para audience terlihat sedikit berlari menyimak materi yang cukup berat ini. Meski sang pemateri berusaha meminimalisir istilah dalam bahasa inggris agar semua peserta mengerti.

Bagian paling ramai yaitu ketika dibagikan beberapa voucher dari traveloka, pegadaian, dan beberapa sponsor lain. Adapun lomba yang digelar dalam event ini diantaranya live tweet, lomba mereview film di genflix dan lomba menulis terkait acara ini yang kemudian dishare link-nya ke twitter masing-masing dengan mention @ExciteIndo.

Acara ini menarik 100 blogger untuk antusias hadir, lantaran sebagian besar peserta di sini masih belum jelas blog-nya mau dibawa kemana sehingga ilmu di Road Blog sangat berguna. Road Blog Chapter Surabaya dimulai pukul 08:00 dan berakhir pukul 16:00 WIB dengan pembagian sertifikat dan foto bersama. Misi Excite Indonesia untuk memperkenalkan berbanding perusahaannya dan berbagi ilmu kepada blogger Surabaya sudah berhasil.




*Ringkasan tulisan ini juga dimuat Koran Harian Surya di rubrik Citizen Snap Edisi Hari Ini, 15 April 2016' 








0 komentar :

Posting Komentar