Thursday, 18 August 2016

Belajar Menganalisa Masalah Lewat Cerita Anak [Malang Pos, 7 Agustus 2016]

Ganti dengan “
Malang Pos, 7 Agustus 2016

Ketika saya akan berangkat liputan ke Pujonkidul Malang, saya mendapat tag dari salah seorang kawan penulis dan mengabarkan bahwa Resensi saya dimuat di koran Malang Pos edisi 7 Agustus 2016. Saya pun baru pertama kali mencoba kirim ke redaksi Malang Pos ini. Alhamdulillah ternyata tembus dalam waktu seminggu.


Untuk menulis resensi saya pun masih belajar. Ini adalah resensi kedua saya yang termuat oleh salah satu redaksi koran yang sebelumnya adalah di Tribun Jateng.


Berikut saya berikan cuplikan dari resensi saya:

Judul buku: Desa Siluman: Menguak Misteri Ki Rahasia
Penulis: Ahmad Sufiatur R.
Penyunting: Yulia Nurul Irawan dan Agus Wijayanto
Penerbit: DAR! Mizan
Jumlah halaman: 104 halaman
Cetakan: Pertama, 2016
ISBN: 978-602-242-874-9

Cerita Anak kini mulai mendominasi literasi di Indonesia. Cerita Anak sudah dibubuhi dengan unsur detektif layaknya film yang digemari anak-anak sehingga buku jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai daya imajinasi dan belajar anak-anak dalam memecahkan masalah. Otak anak akan diasah untuk mencari solusi dalam menganalisa dan menyelesaikan permasalahan di sekitar mereka.
Dalam buku ini hal tersebut disajikan lengkap dengan gaya bercerita khas anak-anak, yaitu sederhana dan mudah dimengerti. Ahmad Sufiatur R mengolah kalimat-kalimat dengan sangat apik sehingga membuat pikiran dan perasaan anak menjadi semakin penasaran dan timbullah keinginan untuk membaca lagi dan lagi.
Advin merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Advin digambarkan sebagai anak kecil yang cerdas dan mampu menganalisa masalah dengan baik, dengan pengetahuan alam serta matematisnya di sekolah Advin menerapkan dalam mengusut masalah yang bahkan jika dilihat sepintas masalah itu cukup sulit dipecahkan, bahkan oleh anak kecil.
Pada Bab I yaitu Kecemasan Paman, diceritakan kecemasan paman Advin ketika keponakannya itu ingin menghabiskan masa liburan di rumahnya. Akhir-akhir ini terjadi peristiwa aneh yang ramai dibicarakan di desa tempat tinggalnya. Peristiwa aneh apa yang melanda desa paman Advin?
---

2 comments :

  1. Kalau boleh tau syarat dan ketentuan kirim resensi ke Malang Pos apa ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku yang diresensi terbitan terbaru, paling lambat 6 bulan terbit. Jumlah halaman sekitar 2-3 hlm. Kirim data buku juga serta biodata peresensi.

      Delete