Jumat, 16 September 2016

9 Jenis Bahan Pakaian di Online Shop



Holla, fashionista! Ini adalah tulisan pertama mengenai fashion.

Bagi pencinta belanja online, pasti sering bertanya, baju yang ada di foto bahannya apa? Pencinta fashion yang suka tampil cantik tentu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan belanja, khususnya baju Berikut adalah keterangan singkat mengenai jenis bahan pakaian yang sering ditemui dalam dunia belanja online.


1. Katun
 Cotton atau katun artinya kapas. Bahan katun terbuat dari serat kapas alami. Bahannya cenderung ringan dan nyaman dipakai. Teksturnya pun halus, lembut tapi kuat dan tahan lama. Selain untuk pakaian, bahannya ini juga dapat digunakan sebagai bahan sprei dan pakaian dalam. Perawatan mudah. Karena tidak perlu melakukan perawatan khusus.

2. Katun Rayon
Katun Rayon memiliki tekstur sedikit licin dan ‘jatuh’. Bahan terasa ‘adem’ dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di berbagai kondisi cuaca. Tetapi, katun rayon juga mudah kusut. Harus disetrika terlebih dulu sebelum memakainya.

3. Katun Bangkok
Tekstur Katun Bangkok agakkasar, lebih tipis dari katun biasa sehingga terkadang ada beberapa jenis katun bangkok yang transparan (tembus pandang). Biasanya banyak dibuat menjadi kemeja atau jenis blouse lainnya.    

4. Katun Silk
Katun Silk yakni bahan dengan kombinasi. Bahannya seperti campuran katun dan sutra. Bahannyaringandenganteksturlicinkhas sutra. Juganyamandipakai. Halus tetapi kuat. Campuran sutranya membuat bahan ini terlihat elegan dan lembut ketika dipakai tetapi katun yang terkandung di dalamnya membuat bahan ini kuat dan tahan lama apabila diperlakukan dengan tepat.   

5. Silk atau Sutra  
Bahan sutra dibuat dari kepompong ulat sutra yang kemudian dipintal menjadi benang sutra. Sutra sangat nyaman dikenakan karena bahannya sangat ringan, lembut dan indah. Meski begitu, sutra merupakan bahan yang sangat kuat. Karena terbuat dari serat alami, kain sutra juga tidak menimbulkan alergi pada siapa pun yang memakainya. Walaupun berkilau dan licin, sutra memiliki daya serap yang baik. Di Indonesia, bahan sutra juga banyak digunakan untuk pembuatan baju batik. Bahan sutra akan menambah nilai kemewahan dan keanggunan pada batik khas Indonesia.

6. Spandek  
Bahan spandek adalah bahan kaos lembut, terbuat dari serat sintetis yang elastis. Walaupun terbuat dari serat sintetis, bahan spandek sangat adem dan berdaya serap tinggi. Berbagai keunggulan bahan spandek tersebut membuatnya sangat cocok untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Akan tetapi, jika kalian mengenakan hijab perlu sedikit berhati-hati ketika memakai baju dari bahan spandek.Karena tak seperti bahan kaos pada umumnya, spandek yang diciptakan tahun 1959 ini lumayan tipis, ringan tetapi tidak menerawang. Sebaiknya pilihlah model yang lebar atau longgar karena bahan spandek menempel mengikuti lekuk tubuh.

7. SpandekRayon
Bahan ini merupakan campuran antara bahan spandek dan katun rayon. Meskitetapbisamelarbahaninitidakseelastisbahanspandek. Campuran katun rayon dalam bahan ini membuatnya adem atau dingin ketika dikenakan. Sebaiknya cuci menggunakan tangan saja agar teksturnya tetap halus dan tidak mudah rusak.

8. Jersey
Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat bagus melekat di lekuk tubuh, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran lebih besarakan menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat. Bahan ini biasanya dipakai pada seragam sepak bola.Jersey terkenal adem dan lentur.

9. Denim
Tidak ada yang asing, bahkan semua orang suka pada jenis bahan satu ini. Denim alias bahan jeans, dicintai semua kalangan. Namun ada pula bahan yang juga dinamai denim berupakain tipis berwarna mirip jeans.Seratnya lebih lentur daripada jeans. Semakin gelap warnanya, semakin mudah mencari padanannya. Selain itu juga denim yang berwarna gelap akan terlihat lebih rapi dan formal.

Demikian informasi mengenai 9 Jenis Bahan Pakaian di Online Shopyang bisa aku bagikan buat kalian semua.Semoga bermanfaat, and see you on my next post!

3 komentar :

  1. Yang paling aku hindari adalah pakaian dari spandex sebagus apapun model dan motifnya...masih mending pilih yang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mbak, soalnya terlalu tipis dan nggak nyaman.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus