Selasa, 25 Juli 2017

Kenjeran Baru, Wisata Surabaya yang Fotoable [Kenpark]



Kalau ngomong soal Kenjeran, saya selalu teringat masa kecil. Tak ada wisata wajib Surabaya selain Kenjeran dan Kebun Binatang Surabaya (KBS), dua tempat itu dulu menjadi tujuan andalan keluarga saya untuk piknik murah namun seru. Apalagi anak-anak sangat suka main-main pasir dan air. Namun sekarang beda lagi, kenjeran yang dulu bukanlah kenjeran yang sekarang. Eitss, tidak sepenuhnya berubah kok.


Baru-baru ini masih di kawasan Kenjeran dibuka wahana baru bernama Kenpark yang berada di Pantai Ria. Sedangkan kenjeran yang dulu masih ada, hanya saja ada sedikit pembaruan yaitu dibangunnya jembatan tepat saat Bu Risma menjadi walikota Surabaya. Meskipun wisata yang sudah tua, Pantai Kenjeran masih ramai dikunjungi, apalagi saat weekend atau liburan sekolah pengunjung sampai berdesakan.

Kadang saya merasa rindu dengan wisata-wisata masa kecil, sehingga liburan kali ini saya menyempatkan ke Kenjeran. Selain ingin ke pantai saya juga ingin melihat Kenpark yang baru saja dibuka tahun 2016 itu.

Baca juga

Ingin Berwisata Hemat ke Malang? Kamu Patut Berkunjung Kesini!


Pantai Kenjeran tetap sama, aroma ikan dan aroma laut sangat menyengat di sini. Di pintu masuk langsung dihadapkan dengan tempat parkir motor dan mobil. Harga parkir di sini standar 2000-5000 rupiah. Tiket masuk ke Pantai Kenjeran 5000 rupiah/orang saat hari biasa dan 6000 rupiah/orang saat weekend dan hari libur sekolah.

Ada apa saja sih di pantai kenjeran?

Pantai kenjeran menyajikan pantai dengan pasir yang masih eksotis. Di tempat ini juga terdapat mushola dan kamar mandi sehingga tak perlu repot mencari tempat shalat maupun toilet. Sekarang tempat ini juga dilengkapi taman bermain anak-anak seperti perosotan, jungkat-jungkit dan bandulan. Buat yang mengajak buah hati pasti puas di sini.


Oleh-oleh khas di sini yaitu aneka jajanan dari tripang, terung, dan ikan asap maupun ikan asin. Kuliner yang paling banyak dijumpai pastinya lontong balap dan lontong kupang. Jika ingin membeli souvenir di sini pun ada baju dengan sablon bertuliskan kenjeran maupun pantai ria. Selain itu banyak bros, hiasan dinding, gorden dan lampu gantung yang terbuat dari cangkang kerang dengan bentuk lucu-lucu. Bolehlah beli buat diberikan teman. Jangan khawatir harganya pas di kantong kok, kantong anak kos macam saya hehe… saya beli bros dengan harga 5000 dapat 6 buah.


Jembatan Pantai Kenjeran juga fotoable loh, sebaiknya ke sini saat hari biasa biar fotomu jadi bagus, tanpa ada orang lalu lalang.

KENPARK

Selanjutnya saya pergi ke Kenpark. Tempatnya didesain seperti istana di film kartun. Tiket masuk 15.000/motor, saat ke tempat ini saya pakai motor boncengan berdua dengan teman saya. Menurut pengalaman saya lagi, jika ingin ke waterpark-nya a.k.a kolam renang sebaiknya pergi saat weekend karena dua kali saya ke sini saat weekday tempat renangnya tutup.

Di Kenpark sendiri terdiri dari Waterpark, Patung Budha 4 wajah, Patung Dewi Kwan Ima tau biasa disebut Sanggar Agung, Kya Kya Shio (saya nggak kesini), dan Pagoda Tian Ti yang fenomenal. Kenapa fenomenal? Nanti saya kasih tahu keunikannya ya…

Patung Budha 4 Wajah


Lokasi patung budha 4 wajah berada tepat berhadapan dengan sanggar agung. Dari waterpark kalian tinggal lurus saja masuk ke dalam. Ukurannya memang benar-benar besar, guys. Saya sampai takjub melihatnya. Saat foto di bawah patung ini, saya seperti semut. Bisa jadi patung ini berkali lipat ukuran manusia. Di tiap sudutnya tedapat patung gajah putih, katanya sih lambing penjaga budha. Tak jauh dari patung gajah sebelah kanan terdapat patung Ganesha, namun ukurannya kecil.

Sanggar Agung


Setelah dari patung budha kalian tinggal menyeberang jalan raya dan masuk ke sanggar agung. Banyak pengunjung yang tidak tahu pintu masuk ke tempat ini karena memang di situ adalah tempat peribadatan orang Budha. Tapi kalian bisa langsung masuk agar bisa sampai di patung Dewi Kwan Im yang menjadi trending di Instagram beberapa waktu lalu. Patung ini juga pernah mendapatkan rekor muri loh.

Tempat ini sangat menyengat bau bakar-bakar Joshua dan dupa serta mereka beribadah di sana. Bagi yang kurang suka dengan bau itu mungkin kalian harus penting banget bawa masker agar tidak muntah di situ. Tapi setelah sampai terbayarkan dengan foto di situ.

Baca juga

Main Ke Wisata Desa Mojokerto


Pagoda Tian Ti

Nah spot terakhir yang saya datangi adalah pagoda Tian Ti, pagoda ini adalah replika pagoda yang ada di Beijing. Namun memang sengaja dibuat lebih besar dari aslinya. Pagoda ini kini menjadi gedung serbaguna, mungkin untuk acara pertemuan umat budha. Saat kesini kalian tidak bisa masuk karena dikunci sehingga hanya bisa ambil foto di luar pagoda. Tempat ini punya 2 pintu besar di depan dan bagian belakang yang berwarna hitam. Tapi, pintunya sudah tak hitam karena semua pengunjung yang datang selalu menuliskan nama mereka di dinding dan pintu itu. Banyak juga yang nulis namanya plus pasangan mereka. Saya hanya senyumin saja, nggak mau ikutan nulis, xixi…
melompat dan jeprettt

Setelah selesai, saya beli minum sejenak lalu pulang. Jika kalian ke sini jangan lupa posting fotonya dan bisa mention saya di Instagram atau facebook. Biar saya kangen lagi dengan tempat ini, hehe. Semoga bisa bermanfaat dan selamat liburan.

videonya bisa lihat di sini loh,

22 komentar :

  1. waaahhh... aku malah blm sempat ke sini
    padahal sering ke rumah adikku di belakang kenpark sini

    BalasHapus
  2. Pagoda Tian Ti-nya cakep, kayak di Tiongkok ya. Pas banget nih ada penerbangan Palembang - Surabaya. Udah lama mupeng sama provinsi Jatim, pingin lihat Bromo uwuwuwuw

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Jatim mampir-mampir ke wisatanya

      Hapus
  3. aku udah lama banget gak ke surabaya, terakhir 2010. Duh semoga saja image kenjeran ini lebih baik ya karena dulu istilah mobil goyang itu udah melekat banget di sekitar kenjeran.

    Aku suka klentengnya, tempo lalu cuma main sebentar aja di sana.

    BalasHapus
  4. Kenpark bukannya sudah ada dari dulu ya? Apa mungkin di renovasi sekarang?
    Jadi inget kalo latihan nyetir disini.hihi

    Keluargamulyanadotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ditambah beberapa look dan wahananya.

      Hapus
  5. Foto di Jembatan Pantai Kenjeran nya cakep. Instagenic banget itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak, iya bagusnya di situ pas foto nunggu orang lalu lalang habis

      Hapus
  6. Kapan nanti ke Surabaya, mau eksplor ini ahh

    BalasHapus
  7. Wah wisata murah meriah tapi.keren ya..

    Terakhir ke sby tahun 2014

    BalasHapus
  8. Loooh saya pernah main ke tmpat wisata Kanjeran ini loh, trus mencicipi kulineer kupang.eeh itu lo ikan2 kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak itu kerang laut yang bentuknya kecil-kecil

      Hapus
  9. Yah belum sempat ke pagoda tian ti sama jembatan surabaya. Tapi sayangnya masih banyak sampah dimana mana ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak itu yang kadang bikin risih... kurang bersih

      Hapus