Kamis, 10 Agustus 2017

Cara Indonesia Tangkal Kolesterol 2017


6 Agustus 2017 bertempat di Dyandra Convention Center saya menghadiri acara Indonesia Tangkal Kolesterol 2017 di bawah Kalbe Nutritionals. Acara ini bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai pola hidup sehat berupa pengenalan pola pikir rendah kolesterol dan rendah terhadap risiko penyakit jantung, demo mengenal pola makan dan porsi makan sehat, demo senam b-fit yang sehat dan praktis sebagai solusi hidup dengan sedentari (aktivitas fisik), serta program cek kolesterol dan ketahui jantung koroner.

keseruan di photo booth


Selain itu, di sini ada lomba selfie jantung sehat, banyak promo-promo produk dari Kalbe Nutritionals, serta bisa cek kolesterol yang tentunya nggak pakai lama. Kalian juga bisa mencoba sereal maupun smoothies dari Nutrive Benecol yang ada di stan-stan sepanjang tempat acara.

Penyakit jantung dan kolesterol adalah dua hal yang saling berhubungan. Kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan satu diantara pemicu penyakit jantung yang sebenarnya dapat dikendalikan, meski faktanya 1 dari 3 orang Indonesia menderita kolesterol tinggi bahkan tak menyadarinya.

Ada 6 gejala kolesterol tinggi, diantaranya
     1.       Rasa berat di tenguk dan pegal di pundak
     2.       Sering sakit kepala
     3.       Mudah lelah
     4.       Cepat mengantuk
     5.       Kesemutan
     6.       Xanthelasma

Dampak kolesterol jahat bagi tubuh yaitu bisa menyebabkan serangan jantung. Plak akibat kadar kolesterol LDL yang tinggi akan mempersempit dan mengencangkan arteri sehingga tubuh dapat terserang penyakit stroke. Kolesterol dalam tubuh sebenarnya dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah sederhana, hal tersebut dapat dilakukan seusai puasa 10-12 jam. Kolesterol sangat berguna bagi tubuh yaitu sebagai sumber pembentukan hormon. Jika kadar kolesterol tinggi akan muncul plak yang menempel di jantung dan otak yang berbahaya.

Namun ada penyakit, pasti ada acara pencegahannya kan? Jantung koroner atau kolesterol juga dapat dicegah dengan beberapa hal agar tubuh tetap terhindar dari penyakit tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol, diantaranya:
     ·         Makan makanan yang rendah lemak dan berserat
     ·         Konsumsi buah-buahan yang dapat membantu penurunan kolesterol     
     ·         Minum nutrive benecol 2x sehari

Gaya hidup yang minim aktivitas dan gerakan fisik dapat menjadi penyebab utama meningkatnya penyakit jantung koroner. Banyak profesi yang hanya duduk di depan laptop dan minim sekali berdiri bahkan jalan-jalan sesekali waktu. Beberapa orang menganggap hal ini sepele dan mengesampingkan adanya gerakan fisik dalam hidupnya. Memang saat ini tubuh terasa sehat bugar. Tetapi siapa yang tahu jika risiko dari minim aktivitas akan mulai dirasakan setelah bertahun-tahun.

Keseruan senam B-FIT 


Hidup sehat tak hanya rutin berolahraga lho, tetapi juga rajin konsumsi makan makanan sehat seperti sayur, buah dan perbanyak minum air putih. Tentunya juga tanpa rokok dan minuman beralkohol. Tahu nggak, penyakit jantung itu meliputi diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), kegemukan, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Dalam pers Conference yang diadakan, Kalbe Nutritionals ingin terus menyemarakkan kesuksesan penurunan kolesterol pada 2016 untuk menjadi terdepan dalam memberi inovasi menurunkan tingkat kolesterol, risiko stroke dan jantung koroner masyarakat Indonesia melalui rangkaian program Indonesia Tangkal Kolesterol bersama Nutrive Benecol 2017 Jantungmu adalah Jantung Keluargamu.

CEK KOLESTEROL, YUK!

Saya pun sangat antusias untuk cek kolesterol meskipun sedikit resah (karena malamnya habis makan bebek, tapi sedikit sih *eh) namun akhirnya cek kolesterol juga dengan mengantre beberapa orang. Kami cek kolesterol di dalam ruang conference pers yang di dalamny ada teman-teman blogger dan media.

"jarumnya baru ya mbak," sang perawat membuka bungkus jarum di depan mata saya.
"iya," jawab saya pendek.
"Pernah mendapat keluhan seperti sakit di bagian pundak atau mudah lelah?"
"Sejauh ini saya fit-fit saja kecuali pas malas ya lelah Mbak *plakkk*

Saya pun deg-deg-an saat darah mulai dikucurkan ke sebuah alat dan alat cek kolesterol itu mulai berganti-ganti angka. Saya sudah putus asa, tapi setelah merenungkan pola makan saya beberapa bulan ini yang stop makan nasi, saya sedikit berbaik sangka. Benar saja, alat itu berhenti dan sang perawat langsung mengutarakan angkanya.

"172. Normal kok," ucap perawat.

Leganya saya mendengar angka tersebut. Ternyata pola makan saya akhir-akhir ini sedikit membuahkan hasil, batin saya. Bahkan saya ingin meningkatkan konsumsi buah dan air putih agar bisa selalu sehat, nggak gampang sakit agar keluarga tidak resah dan intinya bisa melakukan banyak kegiatan, lincah kesana kemari dengan tubuh yang rendah kolesterol.

INDONESIA TANGKAL KOLESTEROL

Nah, ada sebuah gerakan positif yang dikemas dalam ‘Gerakan Jantung Sehat’ untuk Tangkal Kolesterol di Indonesia 2017 bersama Nutrive Benecol. Gerakan ini guna mengenal, menurunkan dan mengontrol kolesterol, dengan gaya hidup TANGKAL yang terdiri dari 7 langkah Tangkal Kolesterol.

satu diantara peserta yang mau cek kolesterol juga


      1.       Teratur periksa kolesterol
        Pemeriksaan yang teratur adalah satu-satunya cara untuk mengetahui tingkat kolesterol kita.

      2.       Awasi asupan dan pola makan
      Makanan yang kita makan harus terdiri dari karbohidrat berupa gandum atau bahan lain yang kaya serat, sayur dan ikan laut serta buah-buahan.

      3.       Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
K      Karena merokok dan minum-minuman beralkohol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner dan stroke.

      4.       Giat olahraga dengan senam B-FIT
h       Satu diantara kelebihan senam ini yaitu dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari dan tidak memerlukan alat yang banyak sehingga bisa praktis melakukan gerakan-gerakan yang mudah dilakukan.

      5.       Kendalikan berat badan dan hindari stress
h   Berat badan yang tidak normal atau biasa disebut obesitas akan memicu penyumbatan pembuluh darah dan berisiko jantung koroner jadi sebaiknya kendalikan berat badan dan tingkat stres. Stres biasanya juga satu garis dengan pola pikir lalu ke pola makan. 

      6.       Awasi tekanan darah
J   Jaga terus tekanan darah agar tetap normal. Lakukan pemeriksaan secara teratur.Tekanan darah yang tinggi meningkatkan penyumbatan di pembuluh darah. Penimbunan kolesterol juga dapat terjadi jika tekanan darah rendah.

      7.       Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari
v       Cara paling nikmat yaitu dengan mengonsumsi benecol 2x sehari. Obat yang tidak seperti kaplet-kaplet ini sangat membantu apalagi untuk orang-orang yang sudah berumur agar merasa senang dan nyaman saat mengonsumsinya.

varian Nutrive Benecol yang enakkk

Rangkaian langkah di atas dapat pelan-pelan dilakukan dan dibiasakan agar jantung kita dan jantung keluarga kita menjadi sehat. Kenapa? Karena jantungmu adalah jantung keluargamu. Jika kita sehat maka ada jutaan hal yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan anggota keluarga. Sakit itu mahal, jadi sebaiknya kita pintar mengelola gaya hidup dan pola hidup. Dengan begitu, semua akan bahagia.

Acara ini selain sudah diadakan di Surabaya, juga akan diadakan di 5 (lima) kota besar di Indonesia lho, selama Juli-Oktober 2017. Untuk tahu jadwal acara #IndonesiaTANGKALKolesterol di kota lain, yaitu:

Makasar 27 Agustus 2017
Bandung 23 September 2017
Jakarta 8 Oktober 2017

Untuk memeroleh info lebih lanjut acara yang akan diadakan di kota lain bisa cek di:
#IndonesiaTANGKALKolesterol
#Surabaya
#NutriveBenecol

#KalbeNutritionals 

16 komentar :

  1. Hasil cek kolesterolnya bagus lo..harus ditiru nih. Oke perbanyak sayur dan buah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, pola hidup sehat itu penting

      Hapus
  2. thanks info kesehatannya Mbak Anggi... harus jaga pola makan nih..

    BalasHapus
  3. wah makasih banget mba infonya untuk 7 langkah tangkal kolesterolnya. ini bermanfaat buat ibu mertuaku

    BalasHapus
  4. Bisa saya praktekan ke temen saya. Makasih informasinya:)

    BalasHapus
  5. wah,kayaknya saya kena kolesterol nih,makasih mbak info nya.saya sering kena 4 point gejala kolesterol nih.

    BalasHapus
  6. Biasanya kalo uda tua rawan kolestrol, tapi yg muda tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Sangat bermafaat artikelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semua bisa berisiko kolesterol tingga hingga jantung koroner lho. sama-sama

      Hapus
  7. kolesterol memang bukan penyakit yang bisa dianggap remeh.. tiap tahun angka kematian dari penyakit ini sangat banyak

    BalasHapus
  8. wuiihh.. selamat, hasil ceknya bagus yaaa.. Lanjutkan hidup sehatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sampai berbunga-bunga nih hati hehe

      Hapus