Wednesday, 1 November 2017

8 Tips Jitu Hemat Belanja Bulanan

Ganti dengan “


Dalam hidup kita, belanja menjadi suatu kebutuhan bisa dikatakan menjadi satu diantara hal yang paling mutlak pemenuhannya. Apalagi untuk yang sudah berkeluarga, tentunya Anda dituntut untuk mampu hidup hemat dengan berbelanja barang kebutuhan dengan cara paling efisien sehingga mendapat yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang, atau dengan kata lain hemat berbelanja.

Sebenarnya tidak ada salahnya untuk melakukan berbelanja. Hanya saja jika penghasilan yang Anda miliki tidak terlalu besar, maka sebaiknya disisihkan saja, bisa untuk ditabung dan berguna di lain kesempatan.

9 Jenis Bahan Pakaian di Online Shop

Hal ini sangat penting dilakukan, karena pintar belanja nantinya akan membantu dalam  memberikan lebih banyak ruang uang untuk digunakan pada sektor lain yang sifatnya lebih mendesak. Berkaitan dengan bahasan ini, apa saja sih yang harus dilakukan agar bisa belanja hemat? Ada beberapa hal yang dilakukan. Berikut ulasannya:

1. Membuat Anggaran Pengeluaran Harian
Sebagai seorang pekerja, tentunya kita memiliki pengeluaran pokok harian seperti untuk bensin, makan, dan uang untuk jaga-jaga apabila terjadi hal di luar dugaan. Untuk itu catatlah semua pengeluaran dalam sebuah buku.

Kegiatan ini berguna untuk mengetahui berapa uang yang telah dikeluarkan dalam sehari dan dari data tersebut, kalian bisa mengontrol pengeluaran harian sehingga tidak perlu mengeluarkan uang selain dari yang sudah ada di sana.

2. Buat Daftar Belanja
Ini adalah hal selanjutnya yang mesti dilakukan sebelum berbelanja. Sebelum pergi ke swalayan atau pasar, ini juga berlaku bagi belanja online, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Tujuannya jelas, dengan membuat daftar tersebut, kita akan terhindar dari membeli barang yang tidak perlu dan malah lupa tidak membeli barang yang dibutuhkan.

Usahakan, daftar tersebut dimulai dari barang yang dibutuhkan dulu, baru berlanjut pada barang yang sifatnya remeh atau bisa dinanti-nantikan. Tujuannya sama seperti yang sudah disebutkan di atas, agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

3. Disiplin dengan Daftar Belanja yang Sudah Dibuat
Saya tekankan lagi ya, tujuan dari membuat daftar belanja yaitu agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Karena itu, agak aneh kalau masih gagal belanja hemat ketika sudah membuat daftar belanja. Dalam hal ini, sangat diperlukan kedisiplinan dari orang yang berbelanja agar tujuan yang sudah dibuat dalam daftar belanja bisa lebih dirasakan.

Kalaupun mau membeli barang yang ada di luar rencana, lakukan ketika semua barang utama sudah berhasil terbeli. Setelah itu, barulah kalian bisa berpikir untuk membeli barang lain. Ingat, tidak ada keberhasilan yang datang tanpa kedisiplinan. Begitu juga dengan belanja pintar, dia tidak akan berhasil dilakukan tanpa adanya kesiplinan dari Anda.

4. Beli sesuai kebutuhan
Berbelanja harus sesuai kebutuhan bukan sekadar karena dorongan keinginan. Misal saya sangat ingin wedges tapi budget minim, maka yang harus didahulukan adalah baju seragam. Ini karena sudah mau masuk kerja. Jadi prioritaskan yang dibutuhkan.

5. Ubah waktu belanja
Belanja bulanan di awal bulan biasanya padat pengunjung, seringkali bikin mood belanja jadi jelek ya! Kamu tidak harus memaksakan belanja bulanan sekali saja di awal bulan,karena seringkali troli belanjaan bakal penuh dengan barang-barang yang sebenarnya gak terlalu dibutuhkan. Bagi waktu belanja bulanan jadi sekali dalam 2 minggu atau seminggu sekali.   

6. Tentukan budget
Besar budget ideal yang bisa dialokasikan untuk belanja bulanan kamu adalah maksimal 30 persen dari total penghasilan setiap bulan. Kalau kamu ingin kondisi finansial gak terganggu ya harus disiplin dengan budget ini.

[HAUL] UNBOXING ALTHEA RAYA - MAKEUP KOREA


7. Pola belanja
Di awal sudah disebutkan tentang mengubah waktu belanja. Nah, perubahan waktu belanja semisal menjadi sekali dalam 2 minggu bukan berarti budget jadi lebih besar dari 30% ya. Ini artinya kamu membagi dua kebutuhan bulanan. Contoh, dahulukan belanja barang-barang kebutuhan mandi, cuci baju, cairan pembersih lantai dan sejenisnya ditambah dengan bahan-bahan makanan kering atau kemasan yang tahan lama. Untuk bahan-bahan makanan yang fresh dan gak tahan lama seperti sayur, buah, ikan, daging dan sejenisnya bisa saja dilakukan sewaktu-waktu saat akan digunakan. Berbelanja produk makanan segar di pasar-pasar tradisional juga opsi yang bagus. Selain harga lebih murah, kualitasnya juga bagus loh!

8. Manfatkan Promo yang Ada
Pasti yang hobi belanja sudah hafal dengan tanggal-tanggal tertentu atau momen tertentu di kapan online shop menyediakan promo. Nah, sama saya juga sering memanfaatkan promo dari beberapa e-commerce agar budget belanja yang digunakan lebih sedikit alias hemat. Kebetulan sekali saya kemarin baru ceki-ceki kalau di Blibli ada promo cashback dan promo 1111 loh. Kalian yang mau belanja dalam waktu dekat bisa ikutan cara saya. Ayo belanja di blibli.com mulai 6-11 November 2017. Blibli Histeria datang lagi. Buruan  belanja dan menangkan grand prize  liburan ke Jepang.


Baiklah itulah 8 Tips Jitu Hemat Belanja Bulanan yang bisa kalian coba dan gunakan agar tetap bisa belanja tanpa takut budget amblas. 

0 comments :

Post a Comment