Thursday, 1 February 2018

3 Tips Hemat Jalan-Jalan ke Jepang

Ganti dengan “
 
sumber; 2.bp.blogspot.com
Tidak bisa dipungkiri, Jepang memang bisa menjadi negara yang cukup mahal untuk dikunjungi meskipun banyak sekali makanan menggiurkan yang bisa dicoba, kota-kota cantik untuk dikunjungi dan souvenir unik yang bisa dibeli untuk teman-teman kamu. Kalau kurang hati-hati, pengeluaran yang kecil-kecil untuk souvenir lucu, makanan dan transportasi bisa menumpuk dan menjadi banyak. Tapi tentu saja ada beberapa cara untuk memastikan budget kamu tidak habis sebelum kamu pulang dari Negara Matahari Terbit ini.

Banyak yang bisa kamu lakukan di Jepang, mulai dari menikmati indahnya Gunung Fuji, melihat sakura berguguran, belanja sampai puas di Shibuya, mencoba betapa cepatnya shinkansen, merasakan lezatnya daging Kobe, dan masih banyak lagi.

Bagi sejumlah traveler, wisata ke Jepang hanyalah sebuah impian. Tingginya biaya hidup di Jepang, yaitu sekitar 10 ribu yen atau sekitar 1 juta rupiah per harinya, membuat tak sedikit traveler yang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Jepang. Namun di sini ada Tips dan Trik Hemat Jalan-Jalan ke Jepang. Kamu akan bisa menekan budget jika melakukan hal-hal berikut.

1. Menggunakan Bus Tol atau Bus Malam untuk Perjalanan Antar Kota

Setelah tiket pesawat dan transportasi, biaya termahal berikutnya yaitu dari segi akomodasi atau penginapan. Karena biaya transportasi di Jepang cukup mahal, maka ada baiknya kamu mencari penginapan yang dekat dengan pusat kota atau objek wisata yang menjadi tujan kamu. Tidak perlu khawatir karena hostel murah masih bisa ditemui. 

Kalau kamu ke Jepang, kebanyakan duit yang kamu belanjakan akan kemungkinan besar keluar karena transportasi, apalagi kalau kamu jalan-jalan antar kota. Kebanyakan turis akan memilih kereta cepat Jepang atau Shinkansen karena kecepatan dan efisiensinya. Tetapi satu kali perjalanan menggunakan Shinkansen bisa menghabiskan 1 juta hingga 2 juta IDR tergantung jarak yang ingin kamu tempuh.

Kenapa tidak menggunakan mode transportasi yang lebih murah seperti Highway buses. Highway buses atau bus jalan tol ini akan membuat perjalanan antar kotamu di Jepang jauh lebih murah dibandingkan kalau menggunakan Shinkansen.

Alternatif transportasi lainnya adalah menggunakan bus malam. Meskipun mereka lebih mahal daripada bus pagi (sekitar 790,000 hingga 1 juta IDR), kamu akan menempuh perjalanan di malam hari – hemat akomodasi dan waktu jadinya! Bus malam yang saya gunakan untuk pergi ke Kyoto dari Tokyo menawarkan tempat penyimpanan bagasi serta kursi nyaman yang bisa ditidurkan lengkap dengan penutup kepala.

2. Mencari makanan yang diskon

Memang sih terdengar simpel, tapi tips hemat jalan-jalan ke Jepang yang satu ini mudah terlupakan saat ke Jepang. Bagaimana tidak, di Jepang banyak sekali pilihan makanan lezat dan menggiurkan yang sering kali mengolengkan perhatian kita. Mulai dari makanan simpel dan murah yang dijual di berbagai convenience store seperti bento hingga yang lebih mahal di departement store, semua makanan di Jepang dibikin fresh di pagi hari setiap harinya. Makanan ini dijual dengan harga mulai dari 30,000 IDR (300 JPY) dan pastinya akan membuat setiap sen yang kamu gunnakan worth it.

Meski begitu, pastinya akan ada beberapa hari dimana kamu ingin menghabiskan uang lebih sedikit untuk makanan kan kalau mau hemat liburannya? Ini tips hemat yang bisa kamu gunakan.

3. Tanya Langsung ke Orang Lokal

Tidak ada cara lain untuk menemukan promosi spesial apa yang sedang berlaku di Jepang kalau bukan dari orang lokal Jepang sendiri. Meskipun ini merupakan hal jelas yang bisa dilakukan turis untuk menghemat biaya di Jepang, tips hemat jalan-jalan ke Jepang yang satu ini sering diabaikan karena takut dengan kendala bahasa.

Tipsnya yaitu coba pelajari beberapa frasa Bahasa Jepang simpel atau men-download aplikasi handphone translasi yang bisa membantumu untuk berbincang dengan orang lokal. Contohnya, Google Translate. Jika kamu kesulitan jaringan internet untuk download banyak aplikasi, kamu bisa menggunakan Iziroam. Rental Modem Wifi Jepang bisa menjadi alternatif. Dengan rental wifi Jepang kamu bisa bebas akses internet di negara ini.

Kembali lagi, sudah bukan rahasia juga kalau restoran-restoran Jepang yang tidak memiliki staff berbahasa Inggris atau menu dalam Bahasa Inggris menyajikan salah satu makanan lokal terbaik dengan harga jauh lebih murah. Jadi lupakan shopping mall dan coba saja makan di restoran kecil pinggir jalanan. Kamu juga bisa rental modem Jepang 
untuk searching makanan di Jepang yang recommended dan murah.

Baiklah itulah 3 Tips Hemat Jalan-Jalan ke Jepang yang bisa kamu jajal. Semoga bermanfaat.


1 comment :