Saturday, 5 May 2018

5 Destinasi Wisata Jogja Instagramable yang Wajib Dikunjungi

Ganti dengan “

Sebagai destinasi tujuan wisata budaya, Jogjakarta memang memiliki banyak aset wisata budaya yang masih terpelihara dengan baik. Hal ini terbukti dengan masih banyak dijumpai dengan mudah peninggalan sejarah masa lalu pada masa kerajaan indonesia. Selain itu, wisata terbaru di Jogja juga menyajikan panorama eksotis dan instagramable.


Tahun 2018 ini muncul berbagai destinasi yang wajib Anda kunjungi. Selain karena tiket masuknya terjangkau, belum hits kalau Anda belum pernah ke tempat-tempat ini. Berikut 5 Destinasi Wisata Jogja Instagramable yang Wajib Dikunjungi dan bisa jadi referensimu untuk mengisi liburan di Jogja. Jangan sampai kelewatan lagi ya.

      1.      Wisata Kalibiru
Wisata alam di Jogja yang sedang naik daun satu diantaranya yaitu Kalibiru di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan panorama alam yang tersaji dari ketinggian. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit. Tak kalah cantik dengan wisata Malang.

sumber: maritimtours.com


Satu hal yang wajib dilakukan adalah berfoto di sebuah pohon tempat flying fox. Sebuah latar datar seluas kurang dari 1 meter yang dibuat untuk tempat flying fox. Karena berada di ketinggian, pemandangan yang tersaji pun sangat luar biasa. Nah, di sinilah wisatawan biasanya berfoto dan hasilnya pasti instagramable!

Desa Wisata Kalibiru juga punya trek cantik yang bisa Anda pilih panjangnya. Ada yang 1,5 km hingga 7 km, tergantung keinginan. Wisata ke Desa Wisata Kalibiru di Kulonprogo bareng keluarga pastinya asyik. Memang untuk ke tempat ini agak jauh, Anda bisa Rental Mobil Jogja untuk ke Kalibiru sekeluarga. Biasanya anak muda yang suka banget ke tempat ini untuk berfoto dan menguploadnya ke instagram. Anda juga akan melakukan hal yang sama setelah tahu keindahannya.

      2.      Puncak Kosakora

sumber: maritimtours.com

Kosakora merupakan tempat wisata di Jogja terbaru yang pas banget buat anak muda yang suka selfie kekinian. Puncak bukit yang menawarkan keindahan menawan. Dari Puncak Kosakora Anda bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset di atas Puncak Kosakora.

Sebaiknya Anda datang ke objek wisata ini ketika pagi atau sore hari, saat sinar matahari tak begitu menyengat. Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di Puncak Kosakora. Untuk ke lokasi, akan lebih mudah jika Anda Sewa mobil Jogja. Selain bisa masuk langsung ke lokasi wisata, juga jauh lebih efektif.

      3.      Goa Pindul
Goa pindul, sebuah lorong yang memiliki aliran sungai bawah tanah. Panjang lorong itu 350 meter dengan kedalaman air yang bervariasi antara 0,5 meter sampai dengan 12 meter lebih. Aliran sungai ini tenang, oleh warga setempat aliran sungai ini digunakan untuk mengaliri sawah dan ladang mereka. Tinggi langit-langit goa mencapai 7 meter dengan lebar goa lebih dari 10 meter.


Cave tubing juga ada di sini. Cave tubing yaitu aktivitas menyusuri goa melalui sungai yang mengalir di dalamnya dengan memakai ban dan pelampung. Jadi, Anda akan mengapung di air menggunakan ban bukan perahu karet, kemudian menyusuri 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total sekitar 45-60 menit. Cave Tubing dipatok harga 35-50k dengan fasilitas diantaranya Pemandu, Pelampung. Sepatu karet, Ban / tubing, Asuransi, Angkutan armada wisata, Wedang cinta / wedang jahe pindul.

Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh pengunjung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB.

Goa Pindul terletak di sebelah utara kota wonosari dengan jarak 7 km dari pusat kota wonosari tepatnya di dusun Gelaran, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Yogyakarta. Untuk bisa ke lokasi ini Anda harus dikawal karena lokasi ini berada di tengah-tengah desa yang jalannya sangat rumit.

      4.      Pantai Pok Tunggal
Pohon (Pokok) Duras yang tumbuh di Pant jalai Pok Tunggal hanya satu buah saja, oleh sebab itu pantai tersebut disebut Pok Tunggal. Tak kalah unik dengan Pantai Bolu-Bolu.
Pantai Pok Tunggal beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Untuk ke lokasinya, pantai indah ini berada tidak jauh dari Pantai Pulang Syawal atau yang sering disebut dengan Pantai Indrayanti. Kedua pantai tersebut sangat diminati oleh para wisatawan baik dari Jogja maupun luar kota. Anda bisa ke kedua pantai tersebut dengan OMOcars.


Pantai Pok Tunggal dibuka oleh masyarakat setempat menjadi sebuah objek wisata pantai di Gunungkidul sejak tahun 2012. Setiap tahunnya, Pantai Pok Tunggal selalu mengalami peningkatan pengunjung, hal tersebut tidak terlepas dari pengelolaan yang cukup baik dari masyarakat setempat.

Pihak pengelola ataupun masyarakat setempat tidak akan segan-segan memberikan sanksi berupa denda kepada setiap wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Denda yang diberikan kepada wisatawan yang membuang sampah sebarangan sebesar Rp 10.000,00.

      5.      Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan pas buat lokasi foto pre wedding dan selfie. Hutan pinus ini menarik karena biasanya kita melihat hutan seperti ini dari film-film asing. Untuk menikmati matahari terbit dan cuaca yang benar-benar sejuk, Anda sebaiknya datang sebelum pukul 06.00 WIB.

Wisata hutan pinus Mangunan ini tidak menguras kantong alias Gratis. Tidak ada biaya retribusi. Hanya bayar parkir untuk mobil Rp. 10.000,00.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan ini cukup dekat dari terminal Giwangan melewati jalan Imogiri timur terus ke selatan sampai mentok di pertigaan kantor kecamatan Imogiri. Dari pertigaan itu belok ke kiri (timur) menuju ke makam raja-raja Imogiri. Setelah itu ada pertigaan pertama. Belok ke kanan (selatan) menuju kebun buah Mangunan. Kira-kira 20 menit ada pertigaan kebun buah Mangunan. Belok ke kiri lalu lurus terus ke arah hutan pinus Mangunan. Gunakan OMOcars Jogja untuk mempermudah perjalanan Anda.


2 comments :

  1. Kelima tempat wisata itu berdekatan semua kak?

    Apa ada rekomendasi tempat penginapan yang terdekat dengan kelima tempat wisata itu?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Kelima tempat wisata itu berdekatan semua kak?

    Apa ada rekomendasi untuk tempat penginapan yang dekat dengan kelima tempat wisata itu kak?

    Terima kasih.

    ReplyDelete