Saturday, 26 May 2018

Resep Kue Kecipir Paling Mudah Anti Gagal

Ganti dengan “

Holla, bagaimana puasanya, lancar? Semoga berkah ya. Baiklah sudah lama saya nggak nulis tentang cooking alias masak memasak. Karena sudah cukup banyak request untuk menulis resep kue lebaran yang simple cara buatnya, oleh karena itu saya akan berbagi resep ini buat temen-temen semua.


Resep ini adalah resep yang saya dapatkan dari hasil coba-coba mencampur bahan sehingga menghasilkan takaran yang pas (menurut saya). Sebelumnya, ada yang pernah tahu atau sudah pernah makan kue kering yang bernama kecipir? Atau justru di daerah tempat tinggal kalian namanya berbeda. Kalau di sini, namanya kecipir karena bentuknya menyerupai tanaman kecipir (yang biasa dibuat sayur). Tiap ada hajat kawinan selalu menyediakan kue kering ini lho. Jadi, agak sulit jika tiba-tiba ngidam pengen makan kuker yang satu ini. Masa harus nunggu ada yang punya hajat. Hehe...



Kue kecipir adalah kue tradisional Indonesia yang masih banyak disajikan terlebih ketika lebaran datang nanti banyak sekali disajikan di rumah-rumah.

Kue kecipir dibuat dari bahan tepung ketan dan rasa originalnya adalah tepung ketan dengan biji wijen yang manis. Namun seiring perkembangan jaman, kue kecipir memiliki banyak varian rasa misalnya kue kecipir kelapa, kue kecipir keju, dll.

Oleh karena itu, saya berbagi resepnya untuk kalian semua agar bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep kecipir yang mudah dan Enak pastinya.

Bahan:

  1. Tepung ketan 250 gram
  2. Tepung tapioka/kanji 50 gram
  3. Santan kental 100 ml
  4. Sejumput garam
  5. Vanili bubuk 1 pcs
  6. Gula 50 gram Mentega (merk apa saja) 100 gram
  7. Telur 2 butir
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Cara membuat:

Pertama masukkan dua butir telur, gula, garam, dan vanili bubuk kemudian aduk menggunakan spatula, sendok, atau garpu.

Kedua, tambahkan mentega dan aduk kembali

Ketiga, tambahkan tepung ketan dan tepung tapioka lalu aduk

Keempat, tambahkan santan kental sedikit demi sedikit dan aduk menggunakan tangan hingga adonan kalis (diuleni)

Kelima, masukkan bahan tambahan seperti wijen atau pewarna makanan (sesuai selera) Jika ingin membuat kue kecipir keju tinggal menambahkan keju saja ke dalam adonan kemudian di goreng seperti biasa.

 Keenam, panaskan minyak di wajan lalu cetak adonan menggunakan cetakan semprit yang bergerigi empat. Cetak langsung ke dalam minyak ya.


Ketujuh, goreng hingga warnanya berubah kuning kecoklatan, angkat. Kecipir siap untuk dinikmati. Yeeey!

Catatan, kalau mau dimasukkan ke dalam toples, sebaiknya tunggu hingga dingin agar tidak mudah rusak.

Oke, itulah resep yang semoga bisa diikuti temen-temen semua. Dan juga bisa menjadi inspirasi kue lebaran kalian. Semoga bermanfaat.


Xoxo

8 comments :

  1. lebaran masih jauh udah semangat bikin kue aja nih mba. kecipir doyan banget gak cuma buat lebaran doang tapi buat cemilan sehari-hari jg enak.

    ReplyDelete
  2. saya ga tau kue kecipir apa, makanya lihat share an ini di webe langsung kemari, eh pas baca bahannya2 memang sepertinya saya ga pernah sama sekali tahu soal kue kecipir ini.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi kepingin, sudah lama nggak makan kue kecipir . Rasanya gurih manis.


    www.renidwiastuti.com

    ReplyDelete
  4. wah saya belum pernah nyoba kue ini

    ReplyDelete