Monday, 16 July 2018

CARA PILIH PENERBIT INDIE TERBAIK


Pada masa ini, penerbit indie sudah bertebaran seperti wisata kuliner saja di tiap kota. Namun, apakah kualitasnya dapat dikatakan bagus? Belum tentu. Banyaknya naskah yang tidak diterima oleh penerbit mayor membuat penulis, terlebih penulis pemula lebih memilih untuk menerbitkan karya mereka di penerbit indie atau self publishing. Kenapa? Karena untuk menembus penerbit mayor dibutuhkan beberapa hal, misalnya:

  1. Penulis sudah punya nama
  2. Pernah memenangkan kejuaraan menulis nasional maupun internasional
  3. Editor penerbit mayor
  4. Karya sudah sering dimuat koran lokal dan nasional

Nah, bagaimana jika tidak punya kriteria di atas? Otomatis, akan butuh EKSTRA tenaga untuk menembus penerbit mayor. Namun, solusi lain yang dipilih penulis adalah menerbitkan karyanya di self publishing. Tapi, jangan semudah mengirimkan bunga ke gebetan lho, ya. Kamu harus mengetahui betul penerbit yang akan menangani naskahmu. Ibarat anak, apakah kamu tega menitipkan anakmu di orang yang salah. Lalu, apa yang terjadi jika anakmu dikotori pikirannya. Hmm, pasti kamu tidak akan rela. Begitu pula dengan buku yang akan kamu terbitkan. Telusuri dulu penerbit yang akan menangani naskahmu, meskipun itu penerbit indie.

Wah, Kak aku jadi bingung mau menerbitkan dimana...

Penerbit indie terbaik yang akan aku rekomendasikan adalah AE Publishing, sebuah self publishing yang beralamat di Jalan Banurejo 17 Kepanjen, Malang. Ada beberapa hal yang saya ketahui tentang penerbit ini.


Kenali Owner Dulu

Owner yang berpengalaman dan punya prestasi di dunia literasi punya nilai lebih.

Anisa Ae, bertempat tinggal di Kota Kepanjen, Malang. Ibu dari dua orang anak ini pernah menjadi reporter dari Kepanjen Media dan InfoKepanjen.com. Tertarik pada dunia sastra sejak kelas 4 SD. Owner AE Publishing ini telah mempunyai beberapa buku antologi, karyanya lainnya pernah dimuat di majalah Potret, dan profil bisnisnya pernah dimuat di majalah Inspirasi Bisnis, Malang Pos, dan Radar Malang. Saat ini juga aktif pada GPMB Kab. Malang dan mengelola blog pribadinya anisae.com.



Sepak Terjang yang Sudah Lama

AE Publishing sudah aktif melahirkan karya penulis-penulis di berbagai kota sejak tahun 2012. AEP juga dikenal sebagai penerbit indie untuk guru karena menerbitkan banyak buku pendidikan. Saya mengenal ownernya sejak 2013, artinya ketika saya kenal penerbitan itu sudah berjalan satu tahun. Banyak lho penerbit indie yang tidak bisa konsisten hingga tetap stabil layaknya AE. Latar belakang gulung tikarnya pun bervariasi mulai dari ownernya pindah profesi, kekurangan SDM, atau yang parahnya lagi karena tindak penipuan (baik tidak dikirimnya buku, pelarian naskah, pelarian uang, hingga penyalahgunaan naskah lomba) Hemm, mungkin dari kalian pernah tahu beberapa penerbit yang menghilang tiba-tiba tanpa pertanggungjawaban, Bukan?

Nah, memang KONSISTEN itu sulit. Namun AE Publishing bisa tetap tegak berdiri hingga saat ini merupakan suatu hal yang istimewa.

Akun Social Media yang Resmi dan Aktif

Oke, yang perlu kalian telusuri adalah akun Media sosial si penerbit itu. Seberapa banyak akun yang digunakan dan yang paling penting keaktifan sosmed tersebut dalam update informasi mengenai penerbitan. Semakin aktif semakin baik. Itu artinya ada aktivitas dalam sistem mereka. AE Publishing sendiri sangat aktif di Facebook, instagram, twitter dan juga website. Hal ini menandakan ‘keniatan’ sebuah penerbit dalam menjalankan bisnis.

Bukan Sekadar Bisnis Penerbitan

Mengapa saya mengatakan kalau AE Publishing bukan sekadar penerbit, karena AE sejak tahun 2013 (kalau tidak salah) sudah aktif berbagi ilmu seputar literasi dengan membuat Grup Fecbook Antologi Es Campur atau teman-teman penulis sering menyebutnya ECA. Di sana ada jadwal rutin grup dalam berbagi tiap genre tulisan dan juga ada lomba menulis serta kuis yang tentunya sangat bermanfaat bagi penulis pemula. Sehingga AE Publishing bukanlah semata bisnis yang hanya menghitung untung-rugi tetapi wadah penulis dan calon penulis untuk mengapresiasi diri.

Sistem dan Marketing yang Terorganisir

Sebuah penerbit pastinya memiliki aturan dan strategi marketing yang berbeda-beda. Namun AE Publishing sudah cukup terstruktur sistem dan marketingnya. Misalnya sekarang sudah menjual buku terbitan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee (selain via medsos).

Sistem pembagian hasil dengan penulis juga sudah jelas dengan adanya MOU atau kontrak. Jadi, baca dulu kontrak tersebut sebelum menerbitkan buku ya...

"Memberikan yang terbaik untuk penulis dan calon penulis."

Sebuah tekad tersebut juga tercantum dalam website AE Publishing. Menurut saya, tekad tersebut sudah sangat sinkron dengan adanya paket penerbitan yang beraneka ragam. Sehingga penulis bisa memilih sesuai kapasitas (baca: materi dan skill) mereka. Adanya diskon penebitan dan bonus dalam paket membuat penulis dipermudah namun tetap safety, karena dalam pengerjaannya naskah kalian akan di-editing tidak dalam satu tahapan tetapi dalam beberapa kali tahapan sehingga menghasilkan naskah dengan EBI yang mumpuni. Hal ini yang saya apresiasi sekali karena kesalahan susunan kata dan typo adalah hal yang sangat mengganggu mata saat kita membaca buku.

Fasilitas yang demikian bisa membuat kualitas buku yang ditulis bisa meningkat meskipun terbit secara self publishing. Nah, yang paling penting ini adalah AE Publishing sudah punya CV sendiri dan terdaftar di perpustakaan nasional. Sehingga ISBN buku kalian akan terjamin keabsahannya.

Meski penerbit abal-abal menjamur dimana-mana, seharusnya tidak akan menggoyahkan kita dalam memilih penerbit indie terbaik untuk naskah kita. Karena saya sudah memberikan rekomendasi satu penerbit yaitu AE Publishing untuk menerbitkan naskahmu.
Saya kenal ownernya dengan baik, setidaknya saya juga pernah ke kantornya. Nah ini juga kelebihannya meski bukan mayor AE Publishing memiliki kantor. Jelas tidak akan membuat ragu dalam menerbitkan buku.

Lalu, kenapa kamu masih termangu tanpa menulis sesuatu?
Yuk, segera terbitkan bukumu!

Alamat       : Jln. Banurejo B no.17 Kepanjen
HP / WA      : 085103414877
Email          : publishing.ae@gmail.com
WEB           : http://aepublishing.id
Fanspage   : AE Publishing
Twitter        : @publishingae


2 comments :

  1. Buku-buku yang diterbitkan AE Publishing memang bagus-bagus.Dan juga sudah memiliki CV sendiri jadi memang tidak diragukan lagi ....

    ReplyDelete