Wednesday, 8 August 2018

Begini Akibatnya Kalau Terlalu Cinta K-Pop

Ganti dengan “

Korean pop atau yang biasa disingkat K-Pop sudah menjamur dan masuk ke Indonesia. Genre musik ini sudah digemari remaja hingga dewasa. Alunan melodinya yang enak saat masuk telinga membuat fans genre musik ini semakin bertambah. Tak heran juga jika kini banyak remaja yang belajar dance cover K-Pop. Bahkan sudah banyak muncul komunitas-komunitas pencinta K-pop di Indonesia.


Hal ini membuat saya juga sebagai pencinta K-pop senang. Istimewanya lagi, kini muncul banyak lomba dance and sing cover K-Pop di berbagai daerah, termasuk Surabaya. Beberapa pekan lalu saya sengaja mengunjungi perlombaan dance cover yang diadakan oleh Yello Hotel Jemursari. Lomba ini diadakan di drop off lobby area. Nama perlombaan ini sangat khas korea yaitu Saranghae K-Pop Dance and Sing Cover Competition.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 250 orang yang terdiri dari 26 tim. Saya melihat totalitas mereka selain dari gerakan yang powerfull juga dari kostum yang dikenakan. Misalnya saja grup Ivory yang melakukan dance cover Blackpink. Grup asal Sidoarjo ini memilih kostum yang mirip dengan personel asli Blackpink. Uniknya, pemeran Lisa juga memakai booth pink. Sungguh totalitas.

Pemenang Sing Cover

Kegiatan ini menjadi wadah bagi kaum muda untuk mengekspresikan dirinya, terutama para pencinta Korean pop yang tak jarang mendapat diskriminasi oleh lingkungan sekitar. Hadiah untuk perlombaan ini cukup fantastis yaitu 8 juta rupiah dengan biaya pendaftaran seratus ribu rupiah untuk dance cover dan lima puluh ribu untuk sing cover.

 "Banyak sisi positif yang dapat kita petik dari kegiatan ini, salah satunya akulturasi budaya. Mempelajari budaya negara lain tanpa menghilangkan budaya asli kita Indonesia. Kaula muda bisa belajar menguasai bahasa Korea sehingga menambah wawasan dan ilmu," ujar Aris Luhur, Event Coordinator YELLO Hotel Jemursari.

Kegiatan ini berlangsung sangat seru dimulai pukul empat sore hingga malam hari. YELLO Hotel Jemursari merupakan tempat yang unik dan selalu mendukung adanya kegiatan kaum muda. Sehingga tak heran jika selalu ada kegiatan tiap minggunya.

Tentunya hal ini dapat menjadi semangat positif kaum muda untuk terus berkarya dan melakukan hal positif. Jika kalian juga pencinta K-Pop, justru kalian harus mencari celah untuk mengubah hobi tersebut menjadi sebuah prestasi.

the best dance cover


Hobi para peserta dance and sing cover ini telah dibuktikan melalui ajang kompetisi profesional. Sehingga inilah akibat yang positif dari mencintai kebudayaan dan seluk beluk Korea. Apakah kamu salah satunya? Hmm, cobalah gali hobi agar menjadi sesuatu yang menarik.


Saya pun sudah menuliskan profil salah satu peserta yaitu Grup Ivory yang beberapa minggu lalu dimuat Koran Surya edisi 1 Agustus 2018. Atau kalian bisa baca link di sini.


9 comments :

  1. Selain jadi kegemaran bisa juga jadi prestasi ya :)

    ReplyDelete
  2. Selain mengembangkan bakat bisa dapat hadiah juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, perlu dicontoh kerja keras mereka

      Delete
  3. Prestasi juga tuh, soalnya kan banyak banget yang ngejelek-jelekin fans Kpop, padahal dengan jadi fans kpop juga ada manfaatnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nggak usah denger orang yang penting yakin sama diri sendiri aja. Buktiin kalau yang kita perbuat bermanfaat, gitu ajaa

      Delete
  4. Itu yang menang the best dance cover, ngecoverin lagu apa mbak?

    ReplyDelete
  5. Tuh ada manfaatnya juga kan jadi fans kpop, kadang banyak banget yang ngehujat para fans kpop:) padahal bisa berprestasi juga :)

    ReplyDelete