Monday, 15 October 2018

Yuk, Buat Martabak Manis yang Kenyal dan Bersarang

Ganti dengan “

Holla, kembali di dapur Anggi, hihi. Sudah cukup lama saya tidak membagikan resep untuk kamu semua. Nah, kali ini saya akan membagikan resep camilan yang enak dan cara membuatnya sangat mudah. Jika kamu mengeksekusi sama dengan saya, maka kemungkinam akan berhasil. Jadi, silakan mencoba dulu sampai masakanmu berhasil. Berikut cara membuat martabak manis ala Anggi.


Bahan-bahan:

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Tepung tapioka 30 gram Gula pasir 2 sdm (30 gram)
  • Vanili Bubuk 1/2 sdt
  • Air putih 300 ml
  • Ragi instan 1 sdt (boleh merek apa saja)
  • Susu bubuk 2 sdm (optional) Telur 1 butir
  • Garam (sejumput)


Cara Pembuatan

Cara pembuatan ini akan saya bagi menjadi 2 part agar tidak bingung. Part pertama yaitu cara mengaktifkan ragi dan cara kedua mencampur ragi dengan adonan martabak manis.

Part 1 - Aktifkan Ragi

Cara mengaktifkan ragi yaitu dengan gula dan air hangat (ingat hangat bukan panas). Ragi tidak akan aktif di suhu yang terlalu panas. Nah, apa tanda kalau ragi kamu aktif? Tandanya yaitu keluar buih setelah didiamkan beberapa menit (10 menit). Jadi, campur ragi, satu sendok gula pasir dan air hangat. Kemudian biarkan hingga muncul gelembung. Sementara menunggu ragi aktif, kita campur adonan terlebih dulu.

Part 2 -Membuat Adonan Martabak Manis

  • Pertama siapkan wadah berukuran sedang, mixer atau balon pengaduk. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, vanili, susu bubuk (jika pakai), dan gula. Setelah itu masukkan air 300 ml ke dalam adonan sambil diaduk. Jadi, sementara tangan yang satunya mengaduk adonan tangan satunya menuangkan air sedikit demi sedikit.
  • Setelah itu aduk pakai mixer atau pakai balon pengaduk (whish) hingga adonan cukup kental dan halus. Kemudian ganti aduk lagi dengan whish dengan agak lambat hingga tidak ada tepung yang menggumpal.
  • Masukkan telur ke dalam adonan dan aduk rata kembali. Jika sudah rata, masukkan biang (ragi yang sudah aktif) ke dalam adonan kemudian aduk rata lagi. Pastikan tidak ada udara dalam adonan. Setelah itu tutup adonan yang telah jadi tersebut menggunakan server selama 1-2 jam.
  • Setelah 2 jam adonan akan mengembang. Aduk adonan menggunakan centong agar gas dalam adonan hilang. Siapkan teflon anti lengket pada api sangat kecil. Kamu tidak perlu menunggu hingga teflon panas (karena tidak memakai soda kue) sehingga kita bisa langsung mencetak adonan.
  • Tuang 2-3 centong (opsional) jika ingin tebal maka tuang lebih banyak adonan. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung. Setelah itu taburi gula dan tutup teflon hingga martabak manis dirasa sudah matang.
  • Buka tutup teflon dan tiriskan martabak manis di talenan ukuran besar (ukurannya muat untuk meletakkan martabak).
  • Beri toping sesuai selera (kalau saya meises dan susu kental manis). Kemudian lipat jadi dua dan potong sesuai selera. Martabak manis bersarang sudah siap disantap.



Hayoo, siapa yang sudah ingin mencicipi martabak manisnya? Boleh, silakan buat di rumah. Saya kira bahan di atas sangat mudah didapat di toko dekat rumah. Hanya dengan 250 gram adonan bisa jadi sepiring penuh (4 martabak dengan bentuk tipis) kalau ingin tebal jadikan 2 martabak. Nah, kalau beli berapa? Enak bikin sendiri, bukan? Selain enak juga seru menikmati proses memasaknya. Oke, segini dulu cara membuat martabak manis kenyal dan bersarang ala saya. Semoga dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat. 


Xoxo

0 comments :

Post a Comment