Sunday, 25 November 2018

Festival Millennials Berkarya, Living Life with A Purpose | Siapkan Tujuanmu!

Ganti dengan “

“Yang muda yang berkarya”

Sepatutnya slogan itu dibuat menjadi gelora semangat untuk kaum muda, para content creator maupun yang baru terjun di dunia digital (macam saya). Perkembangan zaman yang didominasi dengan adanya digital membuat kaum muda bingung menentukan tujuannya.  Benarkah begitu? Hm, mungkin kita harus sedikit merenung lagi.


Hadirnya kegiatan bergengsi khusus anak muda atau yang sering disebut kaum milenial membuat kancah pemuda lebih bersemangat, terutama saya. Festival Millennials Berkarya (23/11/18) di Wisma A. Yani Gresik mendongkrak kesadaran serta tingkat kepedulian para muda.

suasana sebelum mulai

Festival ini dibagi dua tempat, pertama untuk panggung utama dan mini class dengan ruang lebih kecil. Di sini peserta sunnah untuk mengikuti mini class. Kelas-kelas kecil ini diisi oleh para content creator masa kini, di antaranya ada Aini Hanifa (Founder Surabaya Youth), Agoes Sam (Owner Coffee Talk Surabaya), Nuri Fauziah (Psikolog Trainer & Founder Komunitas Jomlo Beriman), dan Aditya Abdurrahman (Founder Better Youth Foundation, Founder Main ke Masjid dan Pembina Punk Muslim)

Kegiatan yang padat merayap dari pukul 13.00 hingga 22.00 WIB ini mampu terlaksana dengan baik dan mampu memberikan ‘sesuatu’ yang memang seharusnya diperoleh kaum milenial. Era digital tidaklah harus menjadikan kita bingung menentukan tujuan. Terbukti dengan isi materi ketiga pembicara yang sangat menginspirasi berikut.

Fico Fachriza (Komika)


Sebelum menjadi public figure, Fico adalah pecandu narkoba. Singkat cerita, setelah melihat Raditya Dika stand up comedy, ia terinspirasi. Setelah melakukan rehabilitasi, ia memutuskan untuk ikut ajang SUCI. Dari sanalah akhirnya ia ditawari main film dan menjadi dekat dengan beberapa artis.

“Saya menjalani apa yang saya bisa, hal yang saya sukai, dan melakukannya dengan maksimal.”

Vikra Ijaz (Co-Founder kitabisa.com)

“Gue nggak perlu kaya dulu baru nyumbang. Tapi, sambil berkarya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Kadang kita berpikir, siapa sih gue, gue masih kuliah. Ini yang salah. Ayo berpikir dengan cara yang asyik.”

Founder kitabisa.com yang pernah bersekolah di Skotlandia ini sangat menginspirasi saya. Tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi berpikir bagaimana bisa bermanfaat bagi orang lain. Ia membuat sebuah website untuk donasi dan membantu banyak orang. Website ini bervisi untuk menjadi agen perubahan di era milenial.

Kevin Hendrawan (TV Host, Youtuber)

Kevin Hendrawan
Koko Kevin

Kak Kevin adalah salah satu Youtuber favorit saya, senang rasanya bisa berjumpa di saat yang tiba-tiba. Dulunya ia sangat gemar berenang, kemudian saat ekonomi keluarganya jatuh tepat usianya masih 19 tahun. Sungguh, jika kamu yang ada di posisi itu apa yang diperbuat? Bingung!

Tapi, seorang Kevin justru membuka usaha Laundry dan Martabak. Ia kuliah sambil mengembangkan kedua bisnis yang bermodal awal 200 ribu. Hah? Benar, dari modal segitu akhirnya ia bisa bangkit dan memindahkan semua keluarganya ke Bali, membeli rumah, lalu merantau ke Jakarta. Singkatnya, ia menjadi presenter yang ditugaskan ke Jerman (impiannya yang sempat pupus), dan Kutub Utara.

Noore Sport Hijab, Hadir di Mall Tunjungan Plaza Surabaya


Setelah itu ia terkenal pula di ranah pertelevisian nasional. Sejak saat itu ia juga membuat Youtube dan memilih menjadi content creator. “Sebuah masa depan dari televisi,” katanya.
Semua tidak ada yang instan!

Ketekunan, konsisten, kerja keras, dan tentu saja dukungan keluarga yang menjadikan semuanya berjalan beriringan.

Lalu Apa Sebenarnya Millennials Berkarya?

Festival Millennials Berkarya

Millennials Berkarya merupakan komunitas volunteer di bawah naungan Semen Indonesia Group. Volunteer ini sudah ada sejak 2017.  Ssssst, kabarnya Januari 2019 akan dibuka perekrutan volunteer lagi.  

Saat ini untuk wilayah Gresik sendiri masih memiliki anggota sedikit. Sedangkan pergerakan volunteer di sini mencakup seluruh Indonesia. Setiap kota memiliki keanggotaan masing-masing. Keakraban dan diskusi kerjasama dilakukan dalam sebuah grup khusus di social media. Divisi yang ada di dalam Millennials Berkarya di antaranya divisi seni budaya, internal, eksternal, art, dsb.

Begini Akibatnya Kalau Terlalu Cinta K-Pop


Awal terbentuk Millennials Berkarya ini dari kaum millennials yang ada di Semen Indonesia Group. Lama kelamaan semakin meluas dan berkontribusi positif demi kemajuan zaman. Festival Millennials Berkarya ini menjadi satu kegiatan perdana yang dilakukan. Meski begitu, kegiatan ini terbukti sukses mengajak kaum muda untuk turut hadir di dalam kelas-kelas kecil yang diadakan. Selain mengundang beberapa tokoh millenials inspiratif seperti Vico, Kevin Hendrawan dan Vikra yang sudah saya sebut, festival ini juga memberikan pandangan positif untuk generasi muda dengan mini classs dengan tema-tema unik.

aneka stan di Festival Millennials Berkarya

Kegiatan para volunteer Millennials Berkarya ini sangat beragam, mulai pembelajaran anak difabel, pengembangan literasi, dan masih banyak lagi.

Beberapa kegiatan anak muda juga sudah didanai oleh Semen Indonesia lho, di antaranya ada Sekolah Apung di Belitung. Tahun lalu ada 380 proposal yang submit. Alur pengajuan proposal kegiatan yaitu submit di web mereka (berupa video) dan akan dipilih 20 besar lalu dilakukan coaching, presentasi, dan ditentukan juara. Seleksi pengajuan proposal project social ini sekitar dua bulan. Pembangunan secara fisik akan diberikan produk Semen Indonesia Group. Sedangkan jika tidak berupa bangunan akan diberikan uang.

Intinya, saya harap kegiatan ini menjadi rutin tiap tahun. Sebuah kegiatan yang asyik dan unik ini patut dikembangkan dan digaungkan agar semua anak millennials mengerti kegunaan digital dalam sisi positif.
--


Instagram: @millennialsberkarya

23 comments :

  1. Seru banget yah kak acaranya, smg generasi muda Indonesia smkin banyak yang bisa menghasilkan karya yang positif dan bermanfaat yess

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget, jadi bener-bener merasa kaum muda pokoknya. Dan tersentuh kembali, banyak hal yang kurang dikerjakan secara maksimal terlebih untuk orang lain

      Delete
  2. Ini festivalnya seruuuu pake banget!! Semoga abis gini, mereka bikin d Sby juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Amiiin kalau di Surabaya aku nonton sampai bubar deh

      Delete
  3. acaranya keren banget ini, apalagi yang agak tua gini bisa cuci mata lihat generasi-generasi muda yang luar biasa kreatifnya

    ReplyDelete
  4. Emang saat ini sudah Saatnya para milenial muda berkarya dan berkontribusi positif pada negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip betulll banget Mbak. Harus terus bergerak jika ingin maju

      Delete
  5. Keren ya semen indonesia mewadahi karya generasi muda kekinian :) guest starnya juga inspiratif

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. acara seru, sampai emak2 milenial juga bisa menikmati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya semua kalangan bisa menikmati ya meski temanya anak muda

      Delete
  8. Acara ini kaya gizi buat kepala banget ya. Yang pas miniclass itu juga bagus-bagus lho isinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggak sempet ikutan mini class-nya sampai selesai. Mungkin kayaknya jeda antar mini class lebih ada biar peserta ngga bingung ikut mini class yang mana sih mba

      Delete
  9. Akhirnya aku ketemu Vikra Ijaz... Hehe. Ayo semangat Nggi jadi youtuber.

    www.dindahnurma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee yang ngefans Mas Vikra, huhu. Sampai ngga berani foto takut meleleh. Iya, doakan ya biar lancar bikin videoku hehe

      Delete
  10. Bukan zamannya lagi millenials model gaya-gayaan ga jelas. Sudah saatnya ambil peran positif kayak tiga tokoh muda ini. Inspiratif banget, mau niru ah. Thanx Mbak Anggi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, jenengan pun keren kok. Hehe. Semangat!

      Delete
  11. Cieee...mengidolakan kak Kevin yang ganteng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww ketahuan deh. Saya menikmati youtube-nya dari dia awal ngeyoutube ehem

      Delete
  12. Asik juga acaranya ya. Mana pembicaranya juga bagus semua, Vikra Ijas sang cofounder Kitabisa.

    ReplyDelete