Tuesday, 4 December 2018

Kebiasaan yang Tak Disadari Ini Bikin Kamu Berjerawat

Ganti dengan “

Setiap wanita pasti pernah berjerawat. Membasmi jerawat memang tidak mudah, terlebih jika kulit kamu adalah tipe kulit berminyak. Produk skincare mahal saja tidak cukup, jika kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari justru menjadi penyebab munculnya si jerawat ini.
Nggak hanya kamu kok yang pusing dengan jerawat, kebetulan kulitku juga tipe berminyak kombinasi. Udah langganan kalau tiap haid datang si jerawat ini. Mulanya dulu nggak paham kalau hal-hal kecil bisa loh bikin jerawat muncul, tambah banyak, bahkan tambah parah.

Nah, apa saja sih kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kulit kita berjerawat? Yuk, langsung aja aku bahas satu per satu.

1. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor


Penyebab jerawat yang satu ini memang tidak pernah kita sadari. Tangan yang dikira bersih, ternyata masih banyak kuman jika terkontaminasi dengan kulit wajah, maka akan menimbulkan jerawat. Kotoran tersebut mulanya akan menyumbat pori-pori sehingga minyak di bawah kulit tidak bisa keluar sehingga mengalami peradangan yang biasa disebut jerawat. Nah, kalau udah tahu kayak gini, mulai cuci tangan dulu sebelum membelai wajah ya, beauties.

2. Lupa Mencuci Makeup Tools


Tidak hanya tangan yang kotor, peralatan tempur (makeup) kamu juga harus bersih. Brush atau sponge makeup yang jarang dicuci akan menjadi sarang bakteri dan kotoran. Jika dipakai berulang-ulang, maka kotoran tersebut justru menyumbat kulit sehingga kulit rentan terhadap jerawat. Nah, pernah suatu ketika aku mengikuti beauty class. Tentu saja makeup tools yang dipakai acara ini sudah pernah dipakai di acara sebelumnya dan sebelumnya lagi.

Artinya sudah dipakai berulang kali. Awalnya aku sudah khawatir karena wajahku yang sensitif tidak akan baik-baik saja setelah menerima seperangkat alat tempur yang kotor tersebut. Dan benar saja, sepulang dari makeup class kulit wajahku gatal dan keesokan harinya sudah terjadi gundukan di kening dan dagu. Nah, efeknya sangat cepat, kan? Jadi, kebersihan alat makeup itu sangat penting.

3. Cepat Menyerah dengan Obat Jerawat

Pernah nggak sih kamu frustasi dengan obat jerawat? Mulanya memakai obat A selama dua hingga tiga hari tapi tak ada hasil kemudian ganti lagi dang anti berulang-ulang. Nah, jangan putus asa, guys. Obat jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya memberikan hasil yang memuaskan. Perubahannya tidak mungkin drastis tiba-tiba jerawat langsung hilang.

Ya, mungkin jika jerawat kamu tidak besar semacam bruntusan, mungkin dua hari bisa hilang (obat tertentu). So, jangan ganti-ganti obat jerawat dulu jika belum ada efeknya. Percayalah, penanganan jerawat itu membutuhkan kesabaran. Jika kamu sabar pasti sembuh kok. Oh iya, dan juga telaten, artinya jangan telat mengoleskan obat jerawatnya.

4. Terlalu Sering Cuci Muka


Alih-alih ingin wajah tetap bersih, kamu mencuci muka sangat sering. Hmm, apa bener seperti itu? Meski untuk terbebas dari jerawat harus membuat kulit wajah senantiasa bersih, namun bukan dengan begini caranya. Cuci muka sangat sering dapat membuat kulit wajah kamu kering, iritasi, dan semakin sensitive. Sehingga justru menjadi rentan terhadap jerawat.

Kulit menghasilkan minyak yang membantu melembabkan, jika terkikis terus menerus maka kulit semakin kering. Sabun pembersih kamu juga bisa menyebabkan acne detergicans, yakni kondisi jerawat yang muncul akibat zat yang terkandung dalam sabun pembersih muka. Bahan kimia dalam sabun bisa membunuh bakteri baik yang seharusnya ada di kulit wajah.

5. Cara Cuci Muka Kurang Tepat

Sudah memakai facial foam sejuta umat tapi masih saja timbul jerawat? Nah, ini bukan salah dari sabun yang digunakan, bisa saja cara mencuci muka kamu yang kurang tepat. Pastikan cuci tangan dulu sebelum mencuci muka. Nggak hanya itu, rambut juga harus diikat agar tidak menghalangi saat proses mencuci muka.

Jika kamu pakai makeup full coverage, sebaiknya terapkan double cleansing, bersihkan muka dengan susu pembersih baru memakai sabun. Karena sabun nggak bisa membersihkan muka saat makeup masih menempel. Nah, lalu apalagi? Pastikan menggunakan handuk atau waslap yang bersih untuk mengeringkan muka. Makanya aku jarang banget pakai handuk karena takut ada bakteri yang masih di sana. Sehingga aku sering pakai kapas atau pakai tissue untuk mengeringkan muka. Ya, meski nggak bagus buat lingkungan sebenernya, banyak sampah hiks.

6. Sering Mengorek atau Memencet Jerawat


Hmm, pasti kalau punya jerawat suka gemeessshh pengen pencet. Sebenernya hal ini justru bikin luka yang lebih parah di kulit kamu, jerawat semakin lama sembuh. Efeknya, bekas jerawatnya yang pasti sulit buat dihilangkan. Menurut dermatologis yang pernah aku baca, memencet jerawat juga bisa bikin kulit rentan robek lho. Makanya aku sendiri prefer membiarkannya, mau segede apa pun jerawat yang penting waktu sembuh nggak menimbulkan bekas. Karena bekas akan sulit dihapus *ea*

7. Hobi Makan Gorengan


Aha! Siapa yang nggak suka gorengan kan ya. Pasti pas mager apalagi suasana mendung syahdu enak banget buat ngemil gorengan tuh. Eitts, tapi makanan ini ternyata bisa membuat kulit rentan terhadap jerawat. Makanan berminyak seperti kentang goreng, keripik, pisang goreng bisa membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak lebih banyak. Asam lemak dalam makanan yang mengandung minyak dapat meningkatkan peradangan, membuat jerawat makin parah. Makan gorengan boleh sih asal jangan banyak-banyak, bagi-bagi sama aku *hihi*

Memang susah susah gampang untuk menyingkirkan penyebab jerawat gitu aja. Tapi, kamu harus semangat buat terbebas dari si jerawat ini. Emang jerawat sering kali bikin kita nggak pede saat jalan, acara, apalagi pas nge-date sama doi. Hmm, gimana nih wajah aku jerawatan! Wajar kok jerawat itu, guys. Asal bukan yang banyak dan lama nggak hilang-hilang. Jika jerawat menahun, kamu bisa periksa ke dokter kecantikan untuk melakukan perawatan khusus.


Semoga tulisan ini bermanfaat!

22 comments :

  1. Replies
    1. iya aku juga tuh dulu, sekarang agak menjaga huhu

      Delete
  2. huhu paling susah tuh menghindari mencetin jerawat. rasanya tangan gatel gituuu. kadang komedo pun dikorekin. bukannya komedo hilang malah jadi jerawat huhuhu #cry

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang gatel ya beb, tapi kalau dipencet emang jadi makin gradakan muka

      Delete
  3. Wkkw gorengan emng susah dihindari, serasa dipanggil2 gitu kalo ada didepan mata 😅

    ReplyDelete
  4. waduh gorengan adalah menu wajib orang endonesia gimana dong hahaha😂

    ReplyDelete
  5. Hobi makan gorengan adalah diriku🤣 serutin2nya skincarean kalo rajin jajan gorengan mah sama aja yahh bebs

    ReplyDelete
  6. Ya ni betul banget,aq tu suka garuk2 wajah karena gatel ntr gara2 gigit nyamuk atau apa gitu alhasil muka jadi mudah jerawatan trus pas cuci muka malah perih 😥, thks infonya beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beb bener banget, kalau sel kulit ada yang rusak atau kebuka pasti cuci muka atau saat menggunakan skincare contohnya toner itu perih sangat

      Delete
  7. aku sering nyentuh wajah tanpa sadar haha

    ReplyDelete
  8. Gorengan sudah kukurangi kok hehehe... Gak nyerahin sama obat jerawat. Pokoknya pake terus sampai habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyapps betul, salut deh ya sama cewek yang rajin merawat muka

      Delete
  9. Kebanyakan hal yang sering aku lakuin, dan emang jadi susah hilang jerawatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat beb, emang susah gampang ya kalau omong soal jerawat

      Delete
  10. Infonya penting bgt sih kak terutama mukaku lg bo parah 😭

    ReplyDelete
  11. Nah.. Kebiasaan aku banget nih beberapa tahun lalu sebelum insaf. Wkkwkwkw

    ReplyDelete