Sabtu, 26 Januari 2019

Pemula Harus Tahu! Apa Sih Perbedaan Concealer dan Foundation?

Ganti dengan “
source: ohayo.co.id


Apabila Kamu seorang pemula yang masih dalam tahap belajar makeup dan menginginkan hasil makeup Kamu sempurna, Kamu bisa mulai mengawalinya dengan mengenali satu per satu alat makeup yang umum digunakan. Terutama makeup yang terlihat hampir sama namun memiliki fungsi berbeda. Berikut perbedaan concealer dan foundation yang perlu kamu tahu.

1. Perbedaan Fungsi

Foundation dan concealer memang terlihat hampir sama, secara umum pun fungsinya sama yaitu untuk menyamakan warna kulit wajah. Namun apabila Kamu mengenalinya lebih dalam, sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Foundation digunakan untuk menyeragamkan dan meratakan warna kulit dan menyamarkan kekurangan pada wajah.


Foundation juga dikenal sebagai alas bedak, karena kosmetik ini dijadikan dasar aplikasi makeup. Sedangkan concealer digunakan untuk menutupi lingkaran di bawah mata, bintik-bintik hitam akibat usia, pori besar, dan kekurangan lain pada wajah.
source: liputan6.com

Concealer juga ada beberapa jenis, seperti concealer kuning yang digunakan untuk menyamarkan lingkaran gelap dan bintik-bintik hitam, concealer hijau atau biru untuk menyamarkan bintik merah dan bekas jerawat, serta jika Kamu memiliki kulit yang pucat dan ingin kulit Kamu terlihat lebih cerah Kamu bisa mengaplikasikan concealer ungu ke wajah Kamu.

2. Letak Pengaplikasian

Source: ohayo.co.id

Kedua kosmetik ini sudah sangat berbeda saat dilihat dari letak pengaplikasiannya. Untuk Concealer hanya dipakai di bagian-bagian wajah yang diperlukan saja, misal hanya untuk bagian bawah mata dan beberapa bagian yang ada bintik hitam atau kekurangan lain. Sedangkan untuk foundation digunakan untuk seluruh wajah.

3. Warna

Apabila Kamu adalah pemula yang belum mengetahui perbedaan concealer dan foundation dari segi tampilan, Kamu bisa membedakan keduanya hanya dari warnanya saja. Sebagian besar orang lebih mengenal foundation dibandingkan concealer. Hal ini karena foundation hanya tersedia dalam satu warna saja, yaitu warna kulit. Lain halnya dengan concealer.

source: Avoskin Beauty

Concealer memiliki lebih banyak jenis warna, seperti warna kulit, kuning, hijau, biru, dan ungu. Beberapa warna tersebut itu pun memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berbeda warna maka akan berbeda pula kegunaannya pada wajah. Misalnya saja antara concealer kuning yang bisa menyamarkan lingkaran gelap bawah mata berbeda dengan fungsi concealer ungu.

4. Waktu Penggunaannya

Banyak orang yang menggunakan concealer dan foundation secara bersamaan, biasanya concealer diaplikasikan terlebih dahulu untuk menutup kekurangan pada wajah agar tak mengganggu makeup selanjutnya, setelah itu baru pengaplikasian foundation pada seluruh wajah.


Namun, jika kulit Kamu sudah bagus, tanpa lingkaran hitam atau bintik akibat bekas jerawat, Kamu bisa langsung memakai foundation tanpa mengaplikasikan concealer terlebih dahulu. Jadi, concealer hanya digunakan saat dibutuhkan, namun foundation bisa Kamu gunakan selalu sebagai alas bedak.

Seorang wanita tentu ingin tampil sempurna dengan makeup yang tanpa kekurangan sedikit pun. Dengan mengenal perbedaan concealer dan foundation, kini Kamu bisa tampil lebih percaya diri karena makeup Kamu tepat dan tanpa kesalahan.


7 komentar :

  1. Aku jarang banget pakai concealer, lebih sering foundation hee
    TFS yah mbak utk pencerahannnya

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh kak, memang terkadang banyak yang salah pengertian ya

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. AKu baru tahu nih kalau ternyata concealer itu ada banyak warna, maklum jarang pakai make up :D

    BalasHapus
  5. Saya pakai concealer lebih ke buat menyamarkan kantung mata yang lumayan nih. Berarti cocoknya pakai yang warna kuning ya. baru punya tiga macam concealer.

    BalasHapus