Senin, 11 Maret 2019

Cara Menyiapkan Dana Darurat yang Tepat



pinjam uang online
Credit: infosurabaya


Pinjam uang online saat ini sudah lekat dengan dana yang digunakan untuk kebutuhan darurat saja. Padahal tidak demikian lho. Kamu tetap bisa menggunakannya dengan cara yang lebih produktif.


Contohnya digunakan untuk modal usaha, renovasi rumah, hingga biaya pendidikan. Benar, dana tunai seperti ini sebaiknya tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif mengingat bunganya yang tinggi.

Tetapi, asal penggunaannya terkontrol dan bisa dipertanggung jawabkan dengan baik tidak ada larangan pula jika digunakan untuk liburan.

Hal lain yang juga mesti dipertimbangkan adalah penerapan bunga yang tinggi oleh beberapa lembaga multifinansial berbasis online.

Umumnya beberapa lembaga keuangan konvensional hanya menerapkan bunga antara 1% hingga 3% saja per bulan.

Sayangnya beberapa fintech di Indonesia dikenal menerapkan suku bunga tinggi hingga 1% per hari. Faktanya tidak semua demikian kok. Satu-satunya fintech yang menerapkan bunga rendah adalah Kredivo.

Suku bunga Kredivo hanya 2,95% saja per bulan. Malahan jika dibandingkan dengan perusahaan non bank lainnya, bunga Kredivo jauh lebih rendah 50% dibandingkan dengan yang lainnya.

Tenor cicilannya pun paling fleksibel. Mulai dari 30 hari, 3 bulan dan maksimal 6 bulan.
Apa saja syarat yang diperlukan untuk bisa daftar akun Kredivo?
  1. Pendaftar merupakan WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.


Proses pendaftarannya sederhana kok. Semua bisa dilakukan dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Kredivo di Google Play Store ataupun di App Store.

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang memiliki lisensi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ada beberapa persyaratan administrasi yang harus kamu siapkan dalam proses pendaftaran.

Dokumen tersebut di antaranya seperti KTP, bukti penghasilan berupa rekening koran dan slip gaji serta bukti domisili dengan melampirkan Kartu Keluarga dan STNK kendaraan bermotor.

Nah, buat para pekerja paruh waktu yang tidak memiliki slip gaji, tidak usah risau. Karena masih ada opsi untuk bisa mendaftar akun Kredivo dengan menyambungkan akun internet banking dan satu akun digital seperti akun Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Yang penting akun yang disambungkan sudah pernah digunakan untuk belanja secara online.

Proses pendaftarannya tidak terlalu lama kok. Rata-rata kurang dari 24 jam. Notifikasi persetujuan pun langsung dikirim secara instan lewat dashboard di aplikasi Kredivo atau melalui email yang didaftarkan.

Setelah mendapatkan persetujuan, kamu akan mendapatkan keterangan kredit limit yang diberikan. Secara otomatis akan ada alokasi tertentu yang bisa digunakan untuk belanja digital ataupun mengajukan pencairan dana tunai secara instan.

Inilah kelebihan Kredivo dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Pasalnya kredit limit yang diberikan pun paling besar di antara yang lain hingga Rp 30 juta.

Jika sudah punya akun cicilan, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman tunai. Terdapat dua fitur untuk produk pinjam uang online ini.

Untuk pinjaman mulai dari Rp 500 ribu dengan pengembalian dalam tempo 30 hari disebut dengan pinjaman mini. Sebaliknya pinjaman jumbo bisa diajukan mulai dari Rp 1 juta dengan pilihan tenor 3 dan 6 bulan. Keduanya sama-sama menerapkan bunga rendah hanya 2,95% saja per bulan.

Jangan salah lho. Kredivo tidak hanya bisa untuk ajukan dana tunai, tapi juga bisa digunakan untuk berbagai fasilitas seperti membayar berbagai tagihan dalam satu aplikasi.

Kamu bisa membayar sekaligus cicilan telepon, handphone, tagihan listrik, air, BPJS, hingga pembelian token listrik atau pulsa hape dengan cara yang amat mudah.

Proses pengajuan dana tunai pun transparan dan langsung dikirim atau ditransfer ke rekening yang didaftarkan. Untuk pinjam uang online di bawah Rp 200 ribu tidak memerlukan kode OTP. Sebaliknya di atas itu memerlukan kode OTP.

Jadi, jika berniat pinjam uang online dari Kredivo tidak sebatas hanya untuk kebutuhan darurat seperti berobat saja kok. Penggunaannya sangat fleksibel tergantung kebutuhan saja.  
  


5 komentar :

  1. Wah bener banget nih tipsnya. Terima kasih tipsnya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Sekarang memang banyak ya penyedia layanan dana secara online

    BalasHapus
  3. Penyedia layanan secara online memang banyak tetapu harus tetap hati-hati nih

    BalasHapus
  4. Tipsnya bener banget nih. Boleh ditiru nih wkwk

    BalasHapus
  5. Wah betul nih. Sekarang memang tidak usah ribet-ribet lagi ya kalau mau pinjam dana

    BalasHapus