Jumat, 15 Maret 2019

Keseruan Ikut Blogger Day 2019 dan Mencoba Wahana Trans Studio Bandung


Berawal dari hobi, kenekatan, dan keinginan silaturahmi. Saya hanya berpikir sangat singkat hingga akhirnya memutuskan untuk mengikuti acara Blogger Day 2019 yang diselenggarakan komunitas tercinta BCC (Blogger Crony Community)

Sebuah hal yang tak pernah direncakan sebelumnya dan belum pernah terpikir kalau saya akan berangkat ke Bandung sebagai 100 blogger terpilih yang beruntung seseruan di Trans Studio Bandung dan bertemu teman-teman blogger Nusantara. Baiklah, begini ceritanya.


Awalnya hobi, nekat, dan keinginan silaturahmi

Saya memang suka menulis, hingga akhirnya terjun ke dunia blogger dengan menulis konten di rumah kedua saya ini. Siapa sangka kalau dari hobi tersebut dapat mempertemukan saya dengan para orang hebat yang memang sangat ingin saya temui. Acara ini termasuk sangat singkat saya ketahui, kalau tidak salah H-4 acara. Saya berpikir hanya beberapa jam dan kemudian jari saya memencet link seleksi pendaftaran Blogger Day 2019. Pengumuman peserta terpilih di-share H-2 acara (seingat saya).

Setelah dinyatakan lolos, saya langsung memesan tiket bersama tiga orang lainnya yang berangkat dari Surabaya. Yup, sangat singkat dan jelas, hehe. Langsung cuss saja tiket dipesan di hari Kamis dan kami akan berangkat di hari Jumat. Sedangkan acara Blogger Day 2019 diadakan 2-3 Maret 2019. Saya menjadwalkan pulang terlambat sehari demi ingin ke Maribaya juga lho. Gimana, seru kan? Eiitss, belum. Masih banyak hal tak terduga yang saya alami.

Oh iya, acara Blogger Day 2019 ini merupakan perayaan ulang tahun komunitas BCC yang ke-4. Bahkan saya cukup terlambat gabung padahal sudah empat tahun nih. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan? Ah, bisa saja saya ini ngeles.

Hari ke-1 Mencoba Wahana Trans Studio Bandung


Setelah duduk di dalam kereta selama 12 jam, akhirnya saya bisa leluasa menggerakkan kaki dan punggung. Tibalah di stasiun Bandung sekitar pukul 05.00 dengan muka bantal. Bandung terlihat lebih gelap dari Surabaya. Meski sudah pukul 07.00 matahari masih malu-malu menampakkan wujudnya. Saya dan tiga blogger asal Surabaya mampir ke Masjid Raya Bandung sekadar berfoto, mandi, dan berganti baju. Tentu saja harus touch-up agar terlihat segar dong.


Sambil menunggu siang hari untuk ke Trans Studio Bandung, kami mencoba Bandros warna hijau dan berkeliling tengah kota dengan kendaraan yang masih awam bagi saya. Nyatanya enak juga berkeliling sambil mendengarkan arahan guide sembari melintasi sekolah Dilan dan Milea serta melewati beberapa jalan yang menjadi simbol kota Bandung.

Siang harinya saya baru pergi ke Trans Studio Bandung yang ada di Jalan Gatot Subroto 289 Bandung. Rombongan blogger dari Jabodetabek sudah datang duluan. Saya mulai bercengkerama dan berkenalan satu per satu. Asyikkk. Di sanalah saya menemukan teman baru atau teman medsos yang bisa kopdaran hari itu juga. Trans Studio Bandung memang seperti bayangan saya, besar dan menakjubkan.

Kami masuk dengan menggunakan selembar tiket yang disensorkan pada sebuah mesin di pintu masuk. Waktu kami untuk mencoba wahana di Trans Studio Bandung yakni sekitar 4 jam. Nah, mulai bingunglah saya mau naik apa duluan. Ah, sok banget dah padahal agak merinding kalau diajak naik yang ekstrem.



Wahana di Trans Studio Bandung ini ternyata terdiri dari 3 zona, yaitu Zona Studio Central yang temanya gemerlap dunia layar lebar, wahana yang ada di dalamnya banyak yang menguji adrenalin seperti Pemburu Badai, Vertigo, Giant Swing, dan Racing Coaster. Kemudian zona kedua yakni Zona Lost City yang lebih ke petualangan hutan amazon dan di dalamnya terdapat wahana Jelajah (ini pengen naik tapi takut basah semua) dan Sky Pirates. Ketiga, Zona Magic Corner yang di dalamnya ada wahana Dunia Lain, Bajak Laut, dan Softplay Captain Black Heart Ship.



Jumlah keseluruhan wahana di sini ada 23 wahana. Tapi, tentu saja tidak bisa mencobanya satu per satu. Selain agak merinding, juga sudah bisa dibayangkan peningnya kepala setelah naik wahana ekstrem tersebut. Akhirnya saya dan teman blogger Surabaya hanya mencoba 3 wahana saja yakni Pirate Ship yang menyerupai balon udara tapi mengudara mengitari area Trans Studio, Negeri Raksasa yang cukup ekstrem, dan Super Hero 4D.

Pengalaman yang masih terngiang di kepala yaitu saat naik wahana Negeri Raksasa. Kami duduk melingkar di sebuah tiang besar kemudian naik setinggi 20 meter dan turun dengan kecepatan yang tidak konstan. Awalnya naik pelan-pelan kemudian dijatuhkan dengan sangat tiba-tiba. Selain kaget, jantung rasanya mau copot saja. Saat berada di atas, diputarkan film raksasa dan ada seeokor laba-laba besar tepat di samping kiri saya. Bukannya takut dengan si laba-laba atau filmnya, justru saya lebih baik menyiapkan diri jika kami akan diturunkan dengan kecepatan ekstrem. Memang di menit awal rasanya biasa saja, tapi setelah diturunkan dan dinaikkan dengan cepat saya rasanya ingin menyudahi dan turun.

Setelah mencoba wahana, kita bisa membeli makan maupun minum di area Trans Studio Bandung. Makanan juga cukup lengkap, jadi enggak perlu khawatir kalau lapar setelah menguji adrenalin.


Nah, beruntungnya kami saat di sana yaitu tepat akan ada parade. Akhirnya pengunjung menepi untuk memberikan jalan parade. Banyak lampion-lampion dengan bentuk gajah, hiu, kupu-kupu, dan kereta kencana lengkap dengan peri-peri dan beberapa tokoh animasi lainnya. Enggak ketinggalan ada si Bolang yang menari sangat lucu. Selain itu, juga ada manusia egrang yang sangat tinggi. Saya sampai takut bagaimana kalau egrang tersebut terlepas. Tapi, pastinya mereka sudah profesional.

Harga Tiket Masuk Trans Studio Bandung
Senin – Kamis Rp180 ribu
Jumat: Rp200 ribu
Sabtu, Minggu dan Hari libur Nasional: Rp280 ribu

Harga tersebut sudah termasuk bermain di semua wahana dan menyaksikan pertunjukan (jika ada). Jadi kita hanya membayar satu kali di pintu masuk tanpa harus mengeluarkan uang untuk setiap wahana. Wah, asyik!

Hari Ke-2 Menggali Ilmu di Crowne Plaza Bandung


Acara Blogger Day 2019 masih berlanjut dong pada hari ke-2. Kali ini acaranya bertempat di hotel bintang 5 Crowne Plaza Bandung. Awalnya saya enggak percaya, hotelnya sangat luas dengan interior yang megah. Pantas saja saya betah, kebersihannya sangat terjaga dan saya langsung takjub tak bisa berkata apa-apa.

Ada Chef Jonet lagi bikin Pizza Rendang

Hotel ini letaknya sangat strategis, dekat dengan Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Lokasinya pun tepat di pinggir jalan dan tentunya dari kejuhan sudah terlihat gedung pencakar langit yang megah bertuliskan Crowne Plaza Bandung. Selama acara berlangsung, kami dimanjakan dengan jajanan khas Bandung yang beberapa saya tidak tahu namanya hehe. Hal yang membuat saya terkejut berikutnya yaitu saat makan siang. Menu yang disajikan Mosaic Restaurant Crowne Plaza Bandung berupa nasi liwet yang digelar seperti bancaan. Semua itu lengkap dengan lauk-pauk khas Sunda, bahkan juga ada karedok lho di hadapan saya.


Acara Blogger Day hari kedua dibuka oleh MC Raja Lubis. Kemudian dilanjutkan sambutan dari founder komunitas Blogger Crony Community (BCC) yaitu Mbak Wawa Raji. Seorang wanita keren yang sangat inspiratif. Acara Blogger Day 2019 semakin seru dengan adanya penghargaan untuk teman-teman bloger yang sudah melakukan pencapaian terbaik selama satu tahun.


Beberapa peserta berhak mendapatkan hadiah menarik karena telah berhasil memenangkan lomba seperti lomba Video Post Terbaik (Best Videogram), lomba Blog Terbaik kategori blog dengan postingan organik terbanyak (Most Wanted Blog Award), Best Sosmed Post dan lain sebagainya.

para pemenang Videogram

Manajemen Stres Bersama dr. David dari Lineation


Sesi yang membuat saya sangat antusias yakni manajemen stress yang dipandu oleh dr. David. Ya iyalah saya sudah bisa menebak kalau tingkat stress saya sudah menjadi.  dr. David merupakan pemilik Lineation Centre yaitu sebuah klinik kecantikan yang berlokasi di Jalan Leumah Neundeut (dekat Jl. Pasteur). Sebelumnya Lineation Centre dikenal sebagai DF Clinic (berdiri sejak 2008). Pada tahun 2017 DF Clinic bertransformasi menjadi Lineation Centre.



Dengan mengambil konsep One Stop Aesthetic & Health Care bernuansa Korea, Lineation Centre hadir menjawab berbagai macam kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan mulai dari kesehatan gigi, apotek, layanan Fisioteraphy, akupunktur hingga layanan kecantikan ( skin care) serta layanan salon seperti make up & hair treatment (Lineation salon).

Menariknya lagi, Lineation Centre ini juga memberikan layanan di bidang kesehatan mental (mental care). Dalam acara Blogger Day 2019 ini para blogger berkesempatan mendapatkan materi untuk manajemen stress untuk diri sendiri. Tentunya tidak mudah lho guys, kamu harus bisa ikhlas, harus bisa move on, dan sabar. Hmm,  move on itu... semacam mengunyah permen karet, enggak ada habisnya, hehe.

"Kalau kamu tidak memiliki kasih yang cukup dalam hatimu, apa yang akan kamu tulis? Belajar Ikhlas dan tidak pernah membuat ekspektasi terhadap suatu masalah," ucap dr. David.

Di sini diberikan Terapi BARS dan diberikan totok 32 titik untuk melepaskan stres. Wah, unik ya. Ini karena saya saja yang belum pernah tahu terapi seperti ini jadinya lumayan agak ndeso karena tahu kalau melepas stres bisa dengan totok di beberapa titik tubuh.

Belajar Copywriting dan Storytelling Bersama Anwari Natari


Sesi berikutnya dalam acara Blogger Crony sangat bermanfaat sekali bagi saya, tentunya juga bagi semua peserta. Kami belajar menulis copywriting dan strorytelling bersama Kang Away (Anwari Natari).

Kang Away menjelaskan kalau Storytelling alias gaya mendongeng adalah salah satu teknik menulis yang disukai oleh banyak orang. Karena cara penyampaiannya yang lebih mirip bertutur dan lebih mudah untuk diingat oleh orang lain. Sedangkan Copywriting lebih mengarah kepada bentuk tulisan yang mempromosikan sebuah produk atau brand tertentu.

Kang Away pun mengajak semua peserta untuk praktik menulis dengan gaya Storytelling dan juga gaya Copywriting melalui teknik Fastwriting (menulis cepat) yaitu menulis dengan waktu terbatas. Latihan pertama kami menulis dengan waktu 2 menit. Wah, bayangkan saja apa yang bisa dihasilkan dengan waktu 2 menit? Ah, namanya juga bloger setiap hari menulis. Jadilah 2-3 paragraf yang epik. Hampir semua tulisan temen-temen bloger bagus apalagi dengan waktu yang sangat singkat. Kami berhasil menerima tantangan Kang Away. Yeyyy!

Kejutan terakhir datang saat acara sudah ditutup. Kami mendapatkan oleh-oleh khas Bandung lho, yaitu Bolu Susu Lembang sebanyak 2 kotak. Horayyy! Saya mendapatkan rasa Original dan Cokelat. Hmm, karena tidak sabar menanti, singkat cerita saya mencicipinya di hotel tempat menginap. Satu kotak saya serbu dengan teman bloger Surabaya langsung ludes. Rasa susunya terasa dan tentu saja saya suka :D



Bingung deh mau berkata apalagi, intinya saya sangat seneng banget dan enggak sia-sia perjalanan naik kereta 12 jam itu. Selain mengobati stres karena ketemu banyak temen, juga mendapat banyak ilmu, pengalaman, serta keluarga baru.

Harapannya semoga Blogger Crony Community semakin menjadi komunitas yang solid dan semakin menjadi kecintaan para blogger. Semoga juga acara Blogger Day tahun depan bisa semakin semarak, barangkali bisa di Lombok atau Bali *Upsss* Terima kasih atas sambutannya juga teman-teman yang ada di Bandung, sempat jalan bareng ke Braga pas malam hari.

Rombongan Bloger Jatim

Sebuah pengalaman bukan hanya guru terbaik, tetapi kenangan terbaik yang akan mempertemukan kita lagi di waktu lain

*Blogger Day 2019 di Bandung 2-3 maret 2019 didukung oleh Bolu Susu Lembang. Raka fm, Sonora fm, Ahra Reflexology by Nest, Bloggerpreneur, Blogger Crony Community, Blogger Bandung, Endeus TV, dan tentu saja BCC Squad bersama para pengurus komunitas Blogger Crony Network (BCN) dan BCN Executive (pengurus harian BCC). 




11 komentar :

  1. Wah jadi pengen jalan-jalan hehehehe... Tiap kali ke Bandung belum ada kesempatan ke sini semoga deh di lain kesempatan akhirnya bisa ke sini

    BalasHapus
  2. Wah seru banget acaranya dan banyak banget ilmunya ya mbak..
    Jadi pengen ikutan juga, cuma karena saya masih pemula, jd gak ngerti ada acara macam gitu. Padahal sama-sama di Bandung lho, saya kudet yak, wkwkwkwkkk...
    Semoga acara blogger next time saya bisa ikutan menimba ilmu juga... Makasih informasinya mbak Anggi Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya acara ini ada tiap tahun, nanti pas tahun depan bisa ikutan juga. Saya juga masih newbie dalam ikutan Blogger Day ini. Tapi seneng banget dapat ilmu buanyak

      Hapus
  3. Kalo udah ngumpul tu ya pasti seru. Apalagi kalo ngumpulnya sesama blogger yang insyaallah pasti seru sekaligus berilmu. Turut senang dengan acaranya mba. ^^

    BalasHapus
  4. huwwwaaaaa.. keren mbak. eventnya tiap tahun ya?

    BalasHapus
  5. Kerreen acaranya👍👍. Banyak manfaatnya. Mupeng deh Mbak.. Semoga suatu hari nanti bisa ikutan kopdar komunitas blogger seperti ini🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya amiiin, manfaatnya pasti banyak banget kalau udah kumpul sesama blogger bisa saling sharing pengalaman

      Hapus
  6. Memang asyik ketemu banyak temen, bisa mendapat banyak ilmu, pengalaman, serta keluarga baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget, seperti punya tambahan keluarga

      Hapus