Kamis, 11 April 2019

Cara Pijat Bayi di Rumah dengan Sentuhan Cinta

Credit: mamapapa.id


Kedekatan ibu dan anak memang banyak dianggap baru dimulai saat bayi sudah beranjak dewasa, terutama bagi orang-orang desa yang begitu mengerti ilmu perkembangan anak. Mereka menganggap berkomunikasi bisa dilakukan setelah anak bisa bicara. Padahal mulai kelahiran bayi, terutama 1000 hari pertamanya merupakan waktu emas untuk menjalin kedekatan ibu dan bayi.


Nah, malah saya sendiri tahunya kalau pijat bayi hanya dilakukan oleh Mbah Tukang Pijat yang ada di desa. Saya dulu pernah menemani bayi yang dipijat. Anehnya, saat bayi menangis, pijatan terus saja dilakukan. Hm, kasihan tuh si dedeknya. Oleh karenanya saya agak takut kalau melihat bayi yang sedang dipijat. Tapi, di acara kemarin saya sudah tidak takut lagi karena proses pemijatan tidak seserem itu.


Saya banyak belajar juga tentang hal ini saat acara Johnson’s dengan tema Sentuhan Cinta kemarin (06/04/2019). Jujur saja, saat ini saya pun juga ingin banyak belajar mengenai hal ini. Bagaimana orang tua bisa lebih dekat dengan anak hanya melalui sentuhan dan komunikasi ringan yang membuat si bayi nyaman serta merasakan bahwa dirinya dicintai. Saya berterima kasih sekali pada The Urban Mama dan JOHNSON'S yang memiliki hal positif untuk disebarkan kepada semua orang tua.

Sentuhan Cinta dengan Pijat Bayi

Apakah Anda pernah melakukan pijat bayi secara mandiri di rumah? Mungkin banyak dari kita yang justru takut melakukan hal ini, beberapa alasannya misal takut salah urat atau justru membuat bayi kesakitan. Hmm, setelah mengikuti kegiatan dari Johnson’s saya pun memahami kalau pijat bayi itu berbeda dengan cara memijat orang dewasa. Pijat bayi tidak perlu ditekan seperti halnya pijatan orang dewasa. Anda cukup mengusap saja, tentunya dengan gerakan yang memang dianjurkan.



Bagaimana kita tahu tekanan yang tidak menyakiti bayi? Anda bisa menekan kelopak mata Anda sendiri, jika Anda merasakan sakit, maka pada tekanan itulah bayi akan merasa kesakitan. Jadi, Anda pasti tahu seberapa besar tekanan yang seharusnya diberikan ke bayi Anda.

Manfaat Pijat Bayi

Sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang. Sejak bayi, mereka sudah memiliki indera yang digunakan untuk merasakan lingkungan sekitarnya. Jika kita melakukan sentuhan kepada bayi maka ia akan merasakan hal yang kita lakukan tersebut. Berikut beberapa manfaat dari pijat bayi yang lainnya.

a. Manfaat Fisik

1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah
3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi / pernafasan
4. Membantu meningkatkan berat badan tumbuh sehat
5. Membantu meningkatkan Sistem immunitas, Bayi makin sehat
6. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur
tidur lebih lelap dan lama perkembangan memori

Mbak Gina saat menjelaskan manfaat pijat bayi

b. Manfaat Emosional

1. Membuat ikatan / bonding dengan ibu / orang tua
2. Lebih mudah bersosialisasi, contohnya:
berupaya menjangkau, tersenyum dan kontak mata
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
4. Menurunkan produksi hormon stresor à bayi riang
5. Mengurangi rewel
6. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi à bayi riang

Kapan Pijat Bayi Dilakukan?

Credit: mamapapa.id

Anda bisa melakukan bonding atau pijat bayi sendiri di rumah. Bonding bisa Anda lakukan sebelum mandi menggunakan Baby Oil dari JOHNSON’S. Namun jika Anda tidak sempat melakukan sebelum mandi, Anda pun bisa melakukannya setelah mandi menggunakan Baby Lotion dari JOHNSON’S. Sebaiknya pijat bayi dihentikan saat bayi menangis atau merasa tidak nyaman. Kemudian Anda bisa melanjutkan step yang terpotong tadi setelah bayi sudah siap menerima pijatan kembali.

Baby Oil untuk pijat bayi

Step by step dalam memijat bayi pun tidak sembarangan. Beruntungnya, gerakan yang disarankan oleh JOHNSON’S ini sudah diteliti dan terbukti aman diaplikasikan ke bayi Anda. Gerakan-gerakan pijatnya pun dibagi dari tangan hingga kaki. Anda bisa melakukannya sendiri dengan panduan berikut.

Pilihan Produk JOHNSON'S untuk pijat bayi


Pijatan Wajah
·         Carres Love
·         Relax
·         Circle Down
·         Smile
·         Cute

Pijatan Dada
·         Butterfly
·         Cross

Pijatan Perut
·         Mengayuh
·         Bulan Matahari
·         I Love U
·         Walking Finger
·         Relax

Pijatan Tangan
·         Milkingà Milking India dan Milking Swedia
·         Rolling
·         Squeezing
·         Thumb After Thumb
·         Spiral
·         Finger Shake
·         Relax (Tangan Disilangkan, Diagonal tangan-kaki)

Pijatan Kaki
·         Squeezing
·         Thumb After Thumb
·         Spiral
·         Finger Shake
·         Relax (Tangan Disilangkan, Diagonal tangan-kaki)

Tips Memijat Bayi

  1. Pilihlah waktu yang tepat, yakni saat bayi tidak sedang tidur, tidak terlalu lapar maupun terlalu kenyang.
  2. Siapkan dulu perlengkapan untuk memijat misal waslap, baby oil/lotion, popok, serta pakaian bersih baby Anda
  3. Pilih tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan pijatan. Pastikan bayi Anda nyaman. Gunakan ruang yang hangat dan memiliki pencahayaan yang cukup.
  4. Cuci tangan dan lepaskan semua perhiasan, terutama cincin.
  5. Gunakan produk baby oil maupun lotion yang memiliki formula tepat dalam jumlah sedikit. Kemudian oleskan ke tangan Anda baru sentuh kulit bayi.

 Perjalanan Edukasi Sentuhan Cinta



JOHNSON’S ternyata telah mengedukasi para Ibu di Indonesia untuk mendukung kegiatan Sentuhan Cinta demi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya pada 1000 hari pertama atau disebut sebagai periode emas. Hal ini dilakukan guna membantu tumbuh kembang anak berjalan lebih optimal.

Perjalanan JOHNSON’S Sentuhan Cinta sudah sejak 2017. Mereka memiliki Tim Edukasi Profesional yang tersertifikasi untuk pijat bayi di Indonesia. Hanya ada 22 orang di Indonesia, Mbak Gina salah satunya. Mereka melakukan edukasi yang berkala, yakni dilakukan di 14 kota.

Menurut Mbak Wynne, orang yang tinggal di kota cenderung tidak menyukai pijat. Sehingga Johnson’s selama ini gencar menggaungkan edukasi ini pada masyarakat. Tahun 2017 Johnsons membuat acara sama bidan sekitar 500an memecahkan Guiness World. Tahun 2018 edukasi pijat bayi memecahkan rekor MURI dengan peserta pijat bayi terbanyak di Jakarta.

Selain itu, Johnsons juga melakukan perjalanan ke tiga kota yang masih terisolasi bahkan sulit bisa akses informasi, untuk menuju ke area itu harus melalui pakai sampan dulu. Johnsons dan tim telah mengunjungi Tapanuli Utara, Sumba dan Maluku.





Yuk, Kampanyekan Sentuhan Cinta Ini!

Nah, JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang peduli terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program “Sentuhan Cinta”. Program ini bertujuan untuk mengajak para ibu di Indonesia untuk turut serta dalam melakukan sentuhan cinta demi perkembangan bayi mereka.



Tidak sendirian, JOHNSON® bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak  (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Oleh karenanya, kita juga harus ikut berpartisipasi dalam program ini. Tak lupa juga dalam acaranya, kami menuliskan dukungan kami dan menempelnya seperti gambar di bawah ini.

JOHNSON’S® mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut:

·         Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000,-
·         Setiap pembelian JOHNSON’S® oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

Jika Anda masih penasaran maupun belum mengerti tentang kampanye Sentuhan Cinta ini maka silakan kunjungi akun Instagram resmi JOHNSON’S® @JohnsonsBaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia

22 komentar :

  1. Alhamdulillah nambah ilmu pijat pijat bayi ya Nggi... Kereeen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biar pinter kalau sudah jadi Mom

      Hapus
  2. AAAhh jadi ingat melakukan pijat bayi sekitar 4 tahun yang lalu hampir tiap malam karena anakku kolik :)

    BalasHapus
  3. Dulu saya ngertinya bayi perlu dipijat kalau keseleo saja. Ternyata pijat bayi banyak sekali manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga dulu mikirnya begitu, eh ternyata hal ini banyak manfaat

      Hapus
  4. untuk pijat bayi apakah ada batas umurnya mb? terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1000 hari pertama itu adalah waktu yang dianjurkan mbak

      Hapus
  5. Anak pertama dan kedua masih rutin pijat bayi sendiri. Anak ketiga malah gak sempat ... Makasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah menerapkan pijat bayi di rumah ya mbak keren..

      Hapus
  6. wah telat tahu nih soal pijat bayi, anaknya keburu gede hihihi
    tapi bisa nih kalo nanti ada anak kedua. jadi bisa pijat sendiri kalo tau cara dan manfaatnya yang ternyata sangat banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga segera ada yang kedua, ketiga dan seterusnya *eh* banyak anak banyak rejeki, Amiiin

      Hapus
  7. Dulu saya rutin memijatkan bayi pada perawat, karena saya takut salah pijat. Setelah baca ini sebenarnya jadi tahu teknik dan jadi berani ... hehe sayangnya udah nggak punya bayi, heheh

    BalasHapus
  8. keren banget acaranya cocok banget untuk yang punya bayi atau sedang hamil nih, eh tapi juga cocok untuk saya yang sedang menanti kehamilan hehe. Bermanfaat banget tulisannya mba, keren. makasih ya.

    BalasHapus
  9. Anak saya dari bayi sampe SMA umur 16 tahun ini masih suka minta pijet lho mba. N bounding kita mmg erat bgt :)

    BalasHapus
  10. Acaranya sangat bermanfaat banget mbak nambah wawasan tentang bonding sama anak. Aku yang calon ibu ini jadi tau deh. Makasi mbak buat informasinya

    BalasHapus
  11. Aku suka dengana program jhonson yang super keren ini. Karena seperti di desaku pijat bayi pasti sama tukang pijat khusus. Padahal harusnya oleh orang tua si anak untuk membangun bonding.

    BalasHapus
  12. Wah menarik sekali,Mbak acara pijat memijat..hehe. Dulu saya juga belajar memijat bayi dari johnsons pas beli produknya. Selama ini nggak pernah pijitin bayi ke tukang urut, pasti dipijat sendiri aja udah cukup...hehe

    BalasHapus
  13. Pijatan wajah smile, cute dan circle down itu yang sepertia apa, ya mbak?

    BalasHapus
  14. noted mbak. adik sy juga ada yg bayi. Suka betul mijitinnya

    BalasHapus
  15. Ini nih salah satu acara kece untuk mommy milenial ya mbak, coba kalau dekat sudah pasti saya juga ikutan. Alhamdulillahnya saya juga dapat pencerahan cara memijat bayi sehabis melahirkan dan dapat bookletnya juga. Bergunaaaa banget buat pijat tiap hari karena emang banyak manfaatnya. Berguna banget ya pokoknya :)

    BalasHapus
  16. Seingat sy, sy mijat bayi itu pas anak ke3 aja kali y..y Allah
    Padal dr jhonson2 dot CD pijat lho, tp gak dilihat. Malah taunya dr tmn. Pijat bayi mmng diperlukan ya, next klo punya baby lagi bisa diterapkan nih. Hihi

    BalasHapus