Rabu, 29 Mei 2019

5 Alasan Mengikuti 12 Day Blog Challenge


Sebuah tantangan memang selalu menegangkan. Dulu, saya pernah mengikuti tantangan menulis fiksi, cukup mudah. Kemudian pernah juga 30 Nonstop Menulis Puisi alhamdulillah kelar juga. Dan di bulan Ramadan kali ini saya memberanikan diri untuk ikutan 12 Day Blog Challenge. Selama 12 hari nonstop menulis Blog sesuai dengan tema yang ditentukan. Gimana? Ya, menurut saya sangat seru. Apalagi tema yang digunakan di-share H-1. Salah satu alasan mengikuti 12 Day Blog Challenge yakni cukup menantang sehingga harus berpikir apa yang akan ditulis.

Saat hari pertama menulis tantangan ini saya cukup mudah. Gejolak merasa berat dan mulai mepet DL terjadi di hari ke-7. Sebenarnya saya tidak niat untuk menulis mepet Deadline. Masalahnya, ada beberapa project dan juga blogpost yang memang harus saya posting juga. Mungkin hal ini bisa dinilai kurangnya manajemen waktu. Hikss, sedih sekali. Tapi, akhirnya bisa di penghujung challenge ini dengan semangat membara.

Nah, mengapa saya ingin mengikuti `12 Day Blog Challenge? Berikut akan saya paparkan beberapa alasan mendasar sehingga saya ingin mencoba terjun dan menerima tantangan berbagai tema selama 12 hari.

1. Agar Lebih Rajin Nulis Blog

Jika ditanya tiap hari nulis atau tidak, tentu saja tak ada hariku tanpa nulis, kecuali saat sakit tak berdaya. Tapi, untuk menulis blog saya nggak bisa 1 day 1 blog. Entah, manajemen waktu yang masih berantakan. Oleh karenanya, saya sangat senang ketika ada 12 Day Blog Challenge. Pertama, jumlah harinya tidak terlalu panjang. Kalau 30 hari mungkin saya tidak bisa ikut. Kenapa? Karena jika seluruh Ramadan saya menulis untuk challenge bingung juga menempatkan sponsor post.

2. Memperbanyak Original Post

Yups, alasan paling kuat adalah agar blog saya tidak seperti etalase berjalan. Agak risih sendiri memang kalau dalam blog pribadi isinya hanya sponsor post. Setidaknya bisa diimbangi dengan original post agar bernyawa (duh, bahasanya). Intinya biar tidak kaku dan tidak hanya itu-itu saja. Dalam 12 Day Blog Challenge ini saya belajar membuat original post dalam waktu yang singkat dan rutin. Harapannya kebiasaan ini bisa terus ada meski Challenge berakir.

3. Mengabadikan Ramadan 2019

Ramadan memang datang hanya sekali dalam setahun. Oleh karenanya kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Saya mungkin akan lupa apa saja yang saya suka saat Ramadan, hal apa saja yang harus ada di Ramadan. Oleh karenanya, blog challenge ini juga berguna sebagai perekam memori. Sehingga tulisan tentang Ramadan ini akan abadi.

4. Keseimbangan Fiksi dan Nonfiksi



Selain sebagai blogger, saya juga menulis fiksi. Nah, adanya challenge ini juga berguna untuk menyeimbangkan agar tidak timpang antara fiksi dan nonfiksi. Biar saya enggak hanya nulis puisi dan cerpen, tapi juga menulis artikel. Keduanya jika seimbang maka akan menjadi mudah.

5. Menantang Diri Sendiri


Alasan ikutt 12 Day Blog Challenge salah satunya yakni memberi tantangan untuk diri sendiri. Bisa dibilang sebuah tes, apakah saya bisa melengkapi tantangan ini atau tidak. Hal ini juga menjadi semangat tersendiri sehingga saya harus menulis blog. Jika tidak ditulis rasanya ada hutang yang harus dibayar. 

Nah, agak sedih emang saat tahu-tahu 12 Day Blog Challenge sudah berakhir. Hari ini merupakan hari ke-12 tantangan menulis blog. Semoga meski tanpa adanya Challenge tetap bisa menjaga semangat yang luar biasa. Itulah alasan mengikuti 12 Blog Challenge yang memicu saya menulis hingga akhir.

0 komentar :

Posting Komentar