Kamis, 16 Mei 2019

5 Berkah Ramadan yang Saya Dapat Sejak Hari Pertama Puasa

foto di Yello Hotel Jemursari

Alhamdulillah, kita masih diberikan umur panjang sehingga bisa bertemu dengan Ramadan tahun 2019. Biasanya saat Ramadan suka males-malesan, ngantuk, dan mengundur-undur Deadline. Tapi, ada yang berbeda di Ramadan tahun ini. Saya banyak sekali Deadline tapi cukup rajin mengerjakannya. Peningkatan kan yak :D Selain itu, banyak berkah Ramadan yang saya dapat mulai hari pertama puasa lho. Nah, penasaran? Berikut saya rangkum berkah apa saja yang saya dapatkan dan patut disyukuri.


1. Buka Puasa Pertama di Yello Hotel Jemursari

Ini momen Buka Puasa di Hokben Polisi Istimewa

Puasa kali ini saya menjalaninya di perantauan. Bukan memang sengaja tidak mau pulang, tapi memang ada tanggung jawab di perantauan yang belum selesai sehingga membuat saya tidak wira-wiri pulang dulu. Mungkin pertengahan Ramadan baru bisa stay di rumah, batin saya. Awalnya saya mengira Ramadan kali ini bakalan hampa, sepi, sunyi seperti puisi-puisi yang sering saya tulis hehe :D tapi ternyata Allah masih baik pada anak kost seperti saya. 

Salah satu berkah yang dilimpahkan-Nya yakni banyak undangan Buka Bersama (Bukber) di beberapa Hotel di Surabaya. Alhamdulillah sekali lagi. Undangan pertama hadir tepat di hari pertama Ramadan. Saya sangat senang, karena ada teman untuk Buka Puasa di hari pertama menyambut Bulan Suci ini yakni teman-teman Blogger Surabaya. Maklum, di kost saya seorang yang muslim sehingga tidak ada suasana Bukber menyenangkan di dalam kost-an.

Saking semangatnya, saya sudah bersiap sejak pukul 15.00 WIB untuk menuju Yello Hotel Jemursari bersama salah seorang teman. Meskipun covernya saya sedang melakukan liputan, tapi saya sangat senang akhirnya bisa membuka bulan Puasa dengan teman-teman blogger. Meskipun nanti sahur saya akan sendiri lagi, setidaknya cukup berwarna. 

2. Dapat Endorse Produk dengan 'Embel-Embel' Ramadan

Berkah Ramadan yang saya peroleh selanjutnya yakni banyak paket yang dikirim beberapa brand ke alamat kost-an. Beberapa produk tersebut adalah makeup/skincare dan hijab. Dalam bulan Ramadan ini banyak brand yang ingin menggaungkan produknya sehingga saya pun dengan senang hati membantu mempromosikannya. Mengapa tidak jika memang produk tersebut bagus.

Ada yang meminta saya membuat Makeup Bukber Ramadan, memasak resep Ramadan, membuat model hijab Ramadan, dan lain sebagainya. Alhamdulillah, tepat saat skincare sedang habis, makeup menipis, dan hijab pengen ganti buat OOTD. Memang rejeki tidak hanya dalam bentuk uang, tapi bisa berupa hal-hal lain yang memang kita butuhkan.
3. Bisa Membeli Buku untuk Dibagi-bagi


Jika kamu ikut di grup kepenulisan penerbit saya (Pustaka Kata) nama grupnya RUANG PUSTAKA, maka kamu akan menemukan #RuangBagiBuku tiap hari Sabtu. Kemarin saya mendapatkan berkah Ramadan pas ada waktu pas ada diskon buku besar-besaran di Gudang Gramedia yang ada di Jalan Berbek Industri I. Saat itu kebetulan gaji dari nulis artikel keluar dan saya langsung saja mengagendakan untuk segera ke sana.

Tepatnya saat Hari Buruh Internasional, sepulang liputan saya segera bergegas ke Berbek pukul 15.00 WIB padahal Gudang Buku akan ditutup pukul 17.00 WIB. Saya hanya punya waktu beberapa jam saja. Ya, maklum pencinta buku kalau milih buku suka lama. Kadang sampai yang nganter kapok karena nunggu lama. Tepat saya ke sana ada flash sale komik harga 1000 rupiah saja. Iyaps, betul sekali seribu perak. Bayangin seharga pentol ya kan... 

Tanpa ba-bi-bu saya langsung memasukkan komik one shot ke keranjang sebanyak 60 komik. Dalam pikiran saya pun tak tahu apakah semua komik akan saya baca atau tidak yang penting saya beli dulu. Selain itu saya juga beli novel yang harganya mulai 10 ribuan dan buku anak juga 10 ribuan. Berkah lain terus muncul dengan beberapa teman japri dan jastip beberapa buku ke saya. "Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui"

Singkat cerita, akhirnya buku-buku tersebut saya bagi-bagi untuk pencinta buku lainnya di grup Penerbitan. Selain itu kalau di kost-an bisa dipakai bahan bacaan buat temen-temen yang mau baca. Katanya, kamar kost-an saya lama-lama bisa jadi gunung buku, hihihi...

4. Hobi Kedua Menjadi Bisnis 


Kue Semprit Mawar buatan saya
Kebetulan selain suka menulis, saya juga suka memasak. Sejak SMP saya selalu menang Lomba Memasak tingkat sekolah maupun Kabupaten. Saya suka bereksperimen memadukan bahan A dan bahan C sampai Z. Tapi, belakangan ini saya suka baking. Satu per satu alatnya bisa kebeli dengan cara menabung. Akhirnya saya punya oven, mixer, cetakan berbagai bentuk, dan 'tetek bengeknya'.

Saya pun coba-coba bikin nastar, kastengel, kue bentuk buah-buahan, semprit, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tetangga mengintip dapur dan mencicipi beberapa kue yang saya buat. Akhirnya pesan untuk lebaran. Saya pun menerima orderan kue lebaran hingga sekarang. Berkah Ramadan yang tak pernah saya sangka. Hobi yang menyenangkan menjadi sangat menyenangkan sekarang.

5. Bisa Bikin Giveaway dari Kebanyakan Produk Tak Terpakai


Calon Hadiah Giveaway. sumber foto: Kenanga Photograph

Jika dibilang banyak sekali produk yang hinggap di kamar saya, juga tidak. Masih jauh banyak produknya 'mbak-mbak Selebgram kondang'. Saya mah apa atuh. Tapi, lumayanlah. Biasanya juga saya pakai makeupin orang. Tapi, sisanya yang tidak terpakai sering saya berikan ke teman-teman dekat (daripada expired, mubazir kan?). 

Tapi, kali ini saya bersama 3 blogger lainnya berkolaborasi untuk membuat Giveaway yang hadiahnya adalah sumbangsih berempat isinya kosmetik dekoratif dan skincare dengan total jutaan rupiah. Harapannya, biar barang-barang tersebut bisa lebih bermanfaat buat orang lain. Berbagi apa yang kami punya. Itu saja. 

InsyaAllah, Giveaway ini akan segera diumumkan start untuk mengikutinya. Jadi, silakan ikuti saja Instagram saya untuk tidak ketinggalan pengumumannya. Siapa tahu beruntung kan yaa.. yaa..

Kiranya, itulah rangkuman berkah Ramadan yang saya dapatkan di tahun 2019. Sebenarnya, masih banyak tapi saya hanya tulis yang agak besar. Sedangkan yang kecil-kecil masih buanyak. Tuhan memang tidak pelit, pasti ada rejekinya masing-masing. Tinggal kita saja mau menjemput lewat mana *ehem*. Semoga tulisan saya kali ini bisa menginspirasi dan menjadikan semangat untuk menjalani puasa hingga akhir nanti. Kalau temen-temen dapat berkah apa saja nih di bulan Ramadan? Sharing, yuk!



Xoxo,

0 komentar :

Posting Komentar