Jumat, 17 Mei 2019

Jalan-Jalan Saat Puasa Tanpa Menguras Tenaga? Bisa Kok!


Sudah hari ke berapa nih puasanya? Enggak terasa hampir setengah bulan Ramadan saja. Mungkin banyak orang yang menganggap kalau puasa itu bikin badan lemes, sehingga akan mengurangi aktivitas, lebih banyak tiduran, nonton YouTube, nonton TV, mager, atau nunda nyuci baju dengan alasan biar tenaga enggak habis. Hmm, gimana kalau kita ingin jalan-jalan saat puasa? Mau ditunda juga?


Baiklah, memang bulan Ramadan kali ini agak berbeda, Saya banyak berintrospeksi diri dari tahun sebelumnya. Terlebih soal aktivitas. Jika di tahun kemarin saya banyak mager, di tahun ini banyak peningkatan karena juga banyak agenda kegiatan sehingga mau tak mau saya harus keluar rumah. Tak hanya itu, saya juga sering ingin jalan-jalan di sore hari. Nah, bagaimana agar puasa tapi tetap bisa jalan-jalan? Atau jalan-jalan tapi tetap fit menjalani puasa? Oke, berikut sedikit tips yang mungkin bisa membantu temen-temen.

1. Ngabuburit, Jalan-Jalan Saat Puasa yang Paling Praktis

Ramai-ramai lebih seru
Mungkin sudah enggak asing dengan istilah ngabuburit ya. Jalan-jalan enggak harus pergi jauh kan ya. Menunggu bedug dengan jalan-jalan memang sangat menyenangkan. Agar tidak terasa lelah, caranya kamu ajak beberapa teman untuk ngabuburit. Keramaian akan mendatangkan energi positif sekaligus suasana ceria, kamu bisa ketawa-ketiwi tanpa terasa kalau sedang berpuasa. Selain itu, pilih lokasi ngabuburit yang tidak terlalu jauh dari rumah (jika kamu jalan kaki). 

Kamu bisa mencari takjil bersama sahabatmu di alun-alun kota misalnya, atau pergi ke bazar ramadan yang ada di gang-gang desa. Pokoknya, kalau ramai pasti akan menyenangkan dan lelah kamu tidak akan terasa.

2. Bawa Barang Seperlunya Saja

Nah, jika kamu ingin jalan-jalan agak jauh, misal ke luar kota. Sebaiknya jangan membawa barang-barang yang tidak penting. Bawalah barang yang sekiranya mau kamu gunakan atau memang kamu tak bisa beraktivitas tanpa benda tersebut. Membawa tas ransel saya kira cukup untuk bepergian jarak dekat. Hal ini selain mengurangi kerepotan juga buat menghemat tenaga saat membawanya. 

3. Jangan Lupakan Istirahat

Energi kita saat puasa didapat hanya saat sahur. Makanan yang kita makan itulah diserap tubuh dan menjadi cadangan energi hingga saat berbuka. Singkatnya seperti itu. Saat jalan-jalan saat puasa dengan jarak cukup jauh, tentunya hal itu akan melelahkan. Tenaga akan banyak terkuras, apalagi kalau kamu naik transportasi umum. Oleh karenanya, jangan lupakan istirahat. Sayang sekali hanya karena tidak istirahat kamu membatalkan puasa. Jangan sampai ya, temen-temen.

4. Bekal Makanan dan Minuman untuk Berbuka di Tengah Jalan

Bawa roti, buah, atau apapun pengganjal perut

Jika perjalananmu sangat lama sehingga memungkinkan untuk buka di tengah jalan, sebaiknya bawalah roti dan air mineral untuk berbuka. Apalagi jika jalan yang dilewati seperti Surabaya atau kota besar lainnya yang rawan macet. Sehingga tidak ada salahnya membawa bekal untuk membatalkan puasa saat adzan berkumandang sedang posisi masih di jalan.

5. Perjalanan Bisnis, Jangan Lupakan Sahur Kaya Gizi

Minum yang cukup 

Nah, ini berdasarkan dengan pengalaman saya saat puasa tapi harus mengisi acara di luar kota. Tentunya, jika menjadi pemateri suara prima sangat dibutuhkan. Selain itu lelahnya perjalanan sudah pasti menguras tenaga. Capeknya dobel-dobel, dong hehe :D 

Jangan khawatir, tetap puasa kok. Caranya dengan tidak melalaikan sahur. Terlebih perbanyak asupan cairan saat sahur. Jangan sampai dehidrasi saat perjalanan atau setelah ngomong berjam-jam. Pokoknya sahur wajib kalau memang mau aktivitas full sepanjang hari dan puasanya tidak goyah.Hal ini berlaku juga buat temen-temen yang melakukan perjalanan bisnis maupun ke luar kota untuk suatu urusan tertentu. 

Puasa bukan sebuah alasan untuk tidak bisa ini, tidak bisa itu. Justru puasa bisa menjadi penyemangat kita untuk menantang diri siap hadapi hari meski banyak halang-rintang berduri. Semoga sedikit tips di atas bisa bermanfaat buat temen-temen yang ingin tetap fit jalan-jalan saat puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa dan jangan lupa bahagia!


Xoxo,

0 komentar :

Posting Komentar