Rabu, 07 Agustus 2019

Inilah Kumpulan Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

mengerjakan tes psikotes

Pada saat kamu akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan, biasanya perusahaan tersebut akan melakukan interview maupun test psikotes pada setiap orang yang akan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.   Tentunya hal ini akan banyak menguras pikiran kamu untuk berpikir serta meluangkan waktu sebentar guna menghadapi Psikotes. Oleh karena itu, bagi kamu yang akan melakukan atau menghadapi Psikotes, maka sebaiknya jika kamu berlatih terlebih dahulu sebanyak mungkin dengan mengerjakan beberapa contoh soal Psikotes.
Sehingga dengan demikian kamu menjadi lebih siap dan terbiasa untuk menghadapi berbagai macam bentuk soal Psikotes, yang akhirnya kamu bisa mengerjakan soal Psikotes dengan sangat mudah dan cepat. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang beberapa kumpulan soal Psikotes beserta kunci jawabannya.

Jenis Tes Psikotes yang Biasa Diujikan

1. Test Kraepelin atau Pauli maupun Test Koran


Test Kraepelin ini merupakan sebuah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Adapun tujuan dari tes ini adalah sikap terhadap tekanan, ketahanan, kemampuan daya, penyesuaian diri, ketelitian, konsisten, dan kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan. Dimana tes ini terdiri dari angka 1-9 yang tersusun secara membujur dari atas ke bawah dalam bentuk lajur. Adapun cara menjawabnya adalah kamu harus menjumlahkan 2 angka yang berdekatan di setiap kolom serta menuliskan jawaban yang ada di sampingnya dalam waktu yang sudah ditentukan. 

Apabila hasi dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari 2 digit angka, maka kamu cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja. Sedangkan tips untuk mengerjakan soal ini adalah usahakan jumlah angka yang kamu jumlahkan tersebut benar dan stabil di masing-masing kolom. Tentunya hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan kamu memaksakan diri di awal tes akan tetapi justru menurun di pertengahan serta akhir tes.

2. Tes Logika Penalaran


Dalam tes ini kamu akan disuruh untuk membuat prediksi dari pola-pola/kecenderungan tertentu dalam bentuk gambar seperti pada tes IQ. Sebagai tips, untuk mengerjakan tes ini kamu harus berkosentrasi, hati-hati dan teliti. Hal ini dikarenakan pola-pola yang ditawarkan hampir mirip walaupun sebenarnya berbeda. Apabila kamu belum bisa mengerjakan salah satu soal, maka segera beralih ke soal berikutnya atau ke soal yang dianggap jauh lebih mudah, karena kamu akan kehabisan waktu.

3. Contoh Soal Psikotes

Seminar : Sarjana
Akademi : Taruna
Rumah Sakit : Pasien
Ruang Pengadilan : Saksi
Konservator : Seniman
Perpustakaan : Seniman
Fiktif : Fakta
Rencana : Projeksi
Data : Estimasi
Dugaan : Rekaan
Dongeng : Peristiwa
Dagelan : Sandiwara
Mata : Telinga
Perut : Dada
Lutut : Siku
Kaki : Paha
Lidah : Hidung
Jari : Tangan
Uang : Pundi-Pundi
Hubungan : Jambangan
Gelas : Nampan
Air : Tempayan
Buku : Percetakan
Rokok : Asbak
Pohon : Buah
Domba : Daging
Setam : Sampit
Jentik : Nyamuk
Telur : Ayam
Sapi : Susu
Senapan : Berburu
Perang : Mengasah
Kapal : Berlabuh
Kereta : Langsir
Pancing : Ikan
Perangkap : Menangkap
Bata : Tanah Liat
Kertas : Buku
Beton : Semen
Bunga : Buah
Tembikar : Keramik
Batu : Pasir

Semoga dengan beberapa contoh soal psikotes di atas serta jawabannya bisa bermanfaat bagi kamu yang akan mengukuti tes psikotes. Sehingga nantinya diharapkan kamu bisa mengerjakan soal-soal psikotes dengan lebih mudah dan cepat.


3 komentar :

  1. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya buat yang mau melamar pekerjaan hihi

    BalasHapus
  2. Wah banyak banget nih ya Mbak soal psikotes yang biasanya diujikan ini hihi

    BalasHapus
  3. Saya dulu juga pernah nih Mbak hampir saja mau ikutan test pauli :D

    BalasHapus