Jumat, 20 September 2019

Bawa Inovasi Fashion Terbaru, Chathaulos Buka Gerai Pertama di Surabaya

Chathaulos
Chathaulos


“Kain tenun itu mahal!”

Kalimat itulah yang pertama saya dengar dari teman-teman. Saya tidak menampiknya, memang semua hand made akan cenderung mahal karena proses pembuatannya yang tentu saja tidak mudah. Terlebih kain yang ditenun memiliki daya jual tinggi karena selain lama, membuatnya harus di tangan ahli. Hari kemarin saya kagum dengan kain ulos asal Batak yang sudah dikreasikan menjadi nama Chathaulos.

Jika sebelumnya kita sudah mengenal Batik, maka Ulos ini hampir sama. Keduanya merupakan budaya leluhur yang semestinya dilestarikan. Keberadaannya menjadi penting agar generasi seterusnya tahu warisan budaya berupa kain ini. Eiiits, enggak hanya orang Batak saja yang suka mengenakan dan kagum dengan keindahan motif Ulos, saya sendiri juga mulai suka.

Nah, sebelum kita membahas soal Chathaulos, mari sejenak belajar bareng soal Ulos, kain tenun yang berasal dari Batak ini. Mungkin sebagian dari temen-temen kurang tahu atau pertama kali baca Ulos di blog saya. Oke, kita belajar bareng.

Filosofi yang Jadi Inspirasi Chathaulos

“Ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot holong.”
Owner Chathaulos
Bu Martha, Owner Chathaulos
Arti dari pepatah ini adalah, “Jika ijuk adalah pengikat pelepah dan batangnya, maka Ulos adalah pengikat kasih sayang antara sesama.”

Dari pepatah ini kemudian, secara filosofis, Ulos merupakan simbol dan lambang dari persatuan, kasih sayang dan restu. Oleh karenanya, Ibu Martha Simanjuntak selaku Owner Chathaulos pun terinspirasi dari kalimat ini untuk berinovasi bidang fashion dengan kain Ulos.

Jenis Kain Chathaulos

Fashion Chathaulos

Kain Ulos Sadum Angkola atau Kain Ulos Godang
Diantara semua jenis ulos, ulos satu ini bisa dikatakan sebagai ulos yang memiliki warna dan corak yang paling bagus dan indah. Oleh karena itu, tidak heran apabila harga ulos satu ini mahal. Lebar ulos ini sendiri pun terbilang cukup lebar apabila dibandingkan dengan ulos lainnya.


Ulos Sadum inilah yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan fashion item di Chathaulos. Kamu bisa lihat semua warna-warna yang cerah dari baju Chathaulos adalah ciri Sadum.

Kain Ulos Ragi Hotang

Selain Ulos Sadum, kain Ulos Ragi Hotang ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan Chathaulos. Secara pembuatan, memang ulos ini tidak sesulit pembuatan Ulos Ragidup. Akan tetapi, Ulos Ragi Hotang termasuk salah satu Ulos yang mahal dan berkelas tinggi. Sebab, Ulos ini memang ulos yang terbaik dan terindah.



Kain Ulos Mangiring

Ulos satu ini biasanya digunakan menggendong anak. Dulu, ulos satu ini biasanya dihadiahkan kepada pasangan muda atau sepasang kekasih. Seringkali, ulos ini diberikan kepada pasangan pengantin. Cara pakainya adalah dengan dijadikan selendang. Nah, kamu juga bisa menemukan Ulos di di gerai Chathaulos Surabaya.

Gerai Pertama Chathaulos di Surabaya

Launching Gerai Chathaulos Surabaya

Chataulos merupakan nama yang sudah dipikirkan secara matang oleh Bu Martha. Sebenarnya, Cha (Charles) & Tha (Martha) adalah gabungan nama Pemilik Chathaulos dan sang suami. Gerai atau bisnis ini merupakan hadiah Universary mereka yang ke-20.

“Saya mengambil nama saya dan suami agar bisa memperlakukan bisnis ini layaknya mengelola rumah tangga,” jelas Atha Martha Borujuntak.

Bisnis ini dimulai sejak Desember 2018. Bu Martha belajar mengenai minat pasar terutama di bidang fashion dan akhirnya memilih Kota Surabaya untuk membuka gerai pertamanya. Alasannya karena pelanggannya banyak berasal dari Kota Pahlawan. Selain itu, Surabaya tidak semacet Jakarta sehingga akan lebih bagus.

Harapannya, baju Ulos bisa menjadi seperti batik, dipakai semua orang. Selain menjual di gerai, sebelumnya Bu Martha telah memasarkan Chathaulos melalui online. Jadi, buat kalian yang jauh dari Surabaya maupun Jakarta, kalian bisa pesan dan barang akan dikirim menggunakan ekspedisi pengiriman.

Model Baju Chathaulos

Model Baju Chathaulos

Baju-baju di Chathaulos ini selain memadukan beberapa jenis kain dengan Ulos, juga ada dijual lembaran kain Ulos. Beberapa jenis lainnya, seperti:
  1. Kemeja Cowok Ulos
  2. Baju Couple Ulos
  3. Long Outer
  4. Outer Wear
  5. Blezer
  6. Overall, dll

Harga Chathaulos


Kamu bisa mendapatkan baju Chathaulos ini mulai harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga tersebut juga berdasar jenis Ulos yang digunakan dan biaya jahit. Tidak semua penjahit bisa menjahit Ulos tanpa menghilangkan nilai estetika dari motif-motifnya. Seiring berjalannya waktu, menurut Bu Martha, Chathaulos akan mengedukasi pengrajin agar mampu menghasilkan Ulos dengan hasil sama namun memiliki harga yang lebih terjangkau.

Step by Step Order Chathaulos

1. Order baju Ulos ready to wear/custom melalui nomor official Chathaulos
2. Isi format pemesanan seperti nama, alamat lengkap, Nomor HP, Produk yang akan dibeli, dan ukuran (di Chathaulos ada M, L, XL)
3. Bayar DP 50%, produk akan dibuat setelah DP sudah ditransfer
4. Ulos pesanan akan diproses, barang selesai 3 hari kerja dan di luar durasi pengiriman. Harga yang tertera belum termasuk ongkos kirim ya gaes.

Nah, gimana sudah pengen mampir ke gerai pertama Chathaulos di Surabaya? Yuk cintai keunikan kain ulos yang dipadukan dengan semangat modern melalui tangan-tangan terampil pengrajin kain ulos yang ditenun sepenuh hati. Buat kamu pencinta fashion, suka model Ulos yang mana? Kalau aku suka long cardi dengan warna cerah.

----
Alamat Gerai Chathaulos:
Area Business Center, Apartemen Taman Melati
Mulyorejo Utara – Surabaya

Instagram: @chatha_ulos

#Ulos
#Chathaulos
#AthaMarthaBorujuntak
#BajuUlos

3 komentar :

  1. Aduuhhh lihat warna/i ulosnya daku jadi mupeengggg
    Nabung nabuuungg ah, siapa tau suatu hari nanti bs punya koleksi ulos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nabung buat beli Ulos yang cantek-cantek

      Hapus
  2. Warnanya cerah-cerah, aku pgn outternya.

    Semangat cari receh, nabung beli ulos 😍

    BalasHapus