Senin, 27 Mei 2019

Apa Makanan Favorit Berbuka Kamu? Kalau Saya Sederhana


Setelah seharian puasa, pasti banyak yang mempersiapkan sajian istimewa untuk menu buka. Tapi,  tidak semua lho. Kalau saya di rumah, tentu saja Mama saya masak Apa sampai Z. Tapi,  kalau saya sedang di kost ya makan apa saja boleh. Entah saya ini sedang berpikir sebenarnya makanan favorit berbuka puasa apa. Belum menemukan jawaban. 

Mungkin banyak yang suka makanan manis untuk mengawali berbuka, ada yang suka minum ketimbang makan (seperti saya). Jujur, saya lebih tidak bisa menahan minum daripada makan. Kebutuhan air saya cukup banyak semenjak belajar hidup sehat *ettsdah*


Baiklah,  mungkin ini beberapa makanan yang cukup saya sukai saat berbuka. Mungkin salah satunya kamu juga suka. 

1. Buah Semangka


Rasanya saya tak bisa lepas dari buah yang mengandung banyak air ini. Tentu saja alasannya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selain vitamin dan mineral di dalamnya. Jika kamu berteman dengan salah satu media sosial saya, mungkin kamu akan bosan melihat saya posting semangka. 

Buah yang satu ini biasanya langsung saya makan atau bisa juga dijus (kalau saya malas mengunyah). Tiap buka pasti saya makan buah ini. Meski 1 buah besar, saya bisa kok ngabisin sendiri. Nggak rela bagi-bagi hihihi. 

2. Salad Buah


Selain semangka,  yang jadi makanan favorit berbuka saya tidak pilih kasih dengan aneka buah lainnya. Saya tetap mencintai mereka. Oleh karenanya biasanya saya buat menjadi salad buah. Ringkasnya, bisa praktis banyak vitamin dalam satu mangkuk. Apakah kamu juga suka makan salad buah? Toss, dulu dong sama saya. 

3. Kolak 

Mungkin saat ini sudah langka yang menjual kolak di bazar Ramadan. Kebanyakan penjual saat ini sudah move on dan menjual aneka es seperti es campur, es oyen, es cendol, dan dunia es lainnya. Sedih kan ya sulit menemukan kolak. Nah, maka dari itu jalan satu-satunya yang harus ditempuh adalah membuat sendiri. 


Enggak harus bikin satu kuali besar kayak punya hajatan, cukup beli bahan sedikit aja kalau lagi pengen kolak. Biasanya saya suka kolak kacang hijau yang campur pisang atau kalau ada Ubi ungu boleh juga tuh dimasukin sekalian. Kalau temen-temen suka kolak apa? Share di kolom komentar dong. 

4. Soto Ayam


Kalau makanan yang satu ini, nggak peduli mau puasa apa enggak pokoknya udah cinta mati. Disuruh move on bakal nggak bisa deh. Nah, dulu itu mama saya sampai kesel gegara saya minta dibuatin soto yang rasanya harus sama persis kayak soto di tempat kondangan "Soto Bowo/Soto Manten" Begitu saya menyebutnya. 

"Sudah dilengkapin itu tadi bumbunya lho,  Kak. "
"Tapi nggak sama kayak Soto Bowo, Ma. "
"Yaudah nunggu ada kondangan yang bikin soto ajah *melipir*"

Ah,  saya tepok jidat deh. Entah ya permintaan saya aneh-aneh. Pokoknya menurut saya rasa soto yang ayamnya masih utuh sama ayamnya dipisah itu beda lho. Saya suka yang seperti soto Lamongan. Siapa yang orang Lamongan, cung! Bikinin saya soto dong, hehe. 

5. Siomay Bandung



Habis dari Lamongan mari pindah ke Bandung. Makanan yang satu ini memang enak dibikin untuk buka puasa. Saking pengennya, saat di kost saya jadinya pakai GrabFood buat pesen (nggak diendors). Selain pas lagi males bikin, juga alat di kost kurang lengkap. 

Kalau di rumah,  pasti saya uprek di dapur buat bikin sendiri. Selain jadinya banyak juga rasanya sesuai selera kita. Bisa diatur kalau kurang asin atau kurang manis (lihat saya saja yak). Hm, pokoknya makanan ini weeenakkk disantap saat berbuka. 

Oke, kiranya itu saja makanan favorit berbuka puasa versi saya. Mungkin makanan kesukaan kamu beda lagi,  boleh dong sambil cerita di kolom komentar. 

0 komentar :

Posting Komentar