Kamis, 21 November 2019

Kiat-Kiat Ikut Workshop Writerpreneur Accelerate BEKRAF [Surabaya] - PART 1


Menulis bukan hanya sekadar hobi, tapi sudah menjadi kebutuhan

Buat pembaca blog ini, barangkali sudah mengetahui kalau saya suka menulis sejak SD. Awal mulanya memang sekadar hobi yang ditekuni setiap hari, kemudian berubah menjadi kebiasaan hingga kebutuhan. Dalam postingan ini saya akan bercerita saat saya terpilih menjadi salah satu peserta Workshop Writerpreneur Accelerate BEKRAF yang diadakan di Hotel Dafam Surabaya selama kurang lebih 4 hari.

Beberapa orang awam mungkin pernah bertanya kepada saya, mengapa menulis? Menulis dapat apa sih? Menulis hanya membuang-buang waktumu. Saya hanya tersenyum, mungkin sudut pandang mereka berbeda, mungkin mereka belum masuk ke dalam lingkaran yang membiasakan menulis setiap hari. Saya tak pernah mendoktrin kalau pendapat mereka salah. Hanya saja, barangkali mereka belum merasakan nikmat dari menulis.

Ajang WWA BEKRAF ini diadakan setiap tahun, tapi kota tempat pelaksanaan berbeda-beda. Barangkali tahun lalu diadakan di Surabaya, belum tentu tahun ini menggelar kegiatan serupa di kota Pahlawan. Sehingga merupakan kesempatan emas jika ikut tersaring atau menjadi salah satu peserta yang lolos. Saya mendapatkan info dari Mas Ferdi, Founder Malam Puisi Sidoarjo. Setelah saya mendapatkan info tersebut saya pun segera mengirimkan berkas-berkas yang diperlukan untuk kebutuhan seleksi. 

PROSES SELEKSI

Hah, seleksi? Kenapa pakai seleksi segala, Kak?

Iya, karena full difasilitasi BEKRAF, tentu saja mereka nggak mau rugi dong memilih orang-orang yang 'kurang minat'. Nantinya bisa tidak maksimal. Sehingga mereka hanya memilih orang-orang yang benar-benar siap dan niat. Selain itu, karena ada embel-embelnya 'Accelerate' itu artinya bukan diperuntukkan buat penulis pemula. Sehingga dalam CV pun diminta mencantumkan karya-karya yang pernah diterbitkan maupun dimuat. 

Dalam acaranya kita juga harus membawa salah satu buku karya pribadi untuk dibedah dan dikomentari oleh mentor utama Kirana Kejora, seoang penulis novel best seller dan script writer. Pastinya enggak asing dong sama penulis Air Mata Terakhir Bunda ini. 

Proses pendaftaran WW Accelerate BEKRAF ini memerlukan waktu kurang lebih 5-7 hari sebelum diumumkan siapa saja yang terpillih mengikuti Workshop. Saat itu saya tentu saja pasrah, enggak ada pikiran apa-apa, hanya berkata dalam hati, jika memang rejeki maka saya akan terpilih. Alhamdulillah, ada nama saya nyempil di antara puluhan orang lainnya. Bahkan denger-denger pendaftarnya 150-an orang dan yang terpilih enggak ada separuhnya. Sungguh luarrr biasa!

bersama teman-teman WWA Bekraf Surabaya

Setelah itu, kami dimasukkan dalam Grup WhatsApp untuk info lebih lanjut. Kami diberikan rundown acara yang super duper padaaattt! Bahkan istirahat hanya cukup untuk makan dan sholat. Itu hanya ekspektasi, kenyatannya makan pun sambil mengerjakan tugas yang diberikan lho (simak sampai tuntas). 

TIPS SAAT MENDAFTAR

Saat kamu sudah berniat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta WWA Accelerate sebaiknya ada beberapa kiat-kita. Hal ini berdasarkan pengalaman aku ya, jadi semoga bermanfaat.


  • Menulis CV semaksimal mungkin, cantumkan semua karya solo maupun antologi bersama yang pernah kalian tulis

  • Selain itu, cantumkan prestasi di dunia kepenulisan sebagai penunjang (bisa jadi bahan pertimbangan kurator) misal pernah mengisi seminar literasi, menang lomba nulis, dsb.

  • Jangan mengunci semua sosial media yang kamu punya, terutama Instagram ya. Jangan membuat IG menjadi privat. Selain ingin mengenalmu melalui CV, kurator juga akan mengecek sosial media kamu untuk melihat aktivitas kamu di dunia maya. Sehingga hal paling penting: jangan kunci medsos.

APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SETELAH LOLOS SELEKSI?

Oke, jika kamu sudah lolos maka SELAMAT! Selanjutnya kamu harus membaca rundown acara dengan teliti. Jangan sampai lupa membawa barang bawaan yang wajib dibawa atau sebaliknya, kamu membawa barang enggak penting. Berikut hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum berangkat WWA Bekraf.


  • Siapkan kesehatan fisik, hal ini dikarenakan workshop enggak sehari doang. Kamu butuh stamina yang cukup selama 4 hari penuh. Jika memungkinkan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, terlebih bagi kamu yang punya sistem imun lemah. Selain harus bangun pagi, kamu juga harus siap begadang untuk menyelesaikan tugas-tugas selama workshop lo.

  • Siapkan mental dan pikiran, materi yang diberikan selama WWA Bekraf ini sangat banyak dan full sehari. Jadi, kamu harus siap menyerap semua ilmu yang akan diberikan oleh para mentor. Oleh karenanya, penting banget jadi gelas kosong biar pas pulang penuh oleh ilmu-ilmu yang bermanfaat.

  • Siapkan keperluan selama workshop, poin ini terkait dengan semua barang-barang bawaan kamu pribadi. Sebaiknya membawa barang yang cukup tidak perlu berlebihan seperti baju ganti, perlengkapan mandi, perlengkapan sholat, dll. Tentu saja jangan lupa bawa laptop karena salah satu barang yang wajib dibawa yakni laptop.

bersama mentor terkece; Kirana Kejora

Nah, itulah kiat-kiat ikut Workshop Writerpreneur Acelerate BEKRAF guys. Semoga info ini bisa membantu kalian semua. Jika penasaran dengan materi apa saja yang diberikan selama empat hari, maka saya akan share di tulisan Part 2 selanjutnya. Jangan sungkan untuk bertanya maupun menanggapinya di kolom komentar, ya.



Salam Kreatif
SemangArt!

0 komentar :

Posting Komentar