Senin, 02 Januari 2017

Menghabiskan Weekend di Candi Tikus Trowulan, Mojokerto


anggi_putri

Holla Sobat Traveler! Sudah pernah mendengar bahkan berkunjung ke Candi Tikus? Yup, kedengarannya memang geli kalau berhubungan dengan binatang kotor yang satu ini. Namun jangan membayangkan hal yang tidak-tidak karena Wisata Candi Tikus di Mojokerto ini sangat unik dan menarik. Bolehlah sekali-kali ngedate sama pacar ke tempat bersejarah. Selain refreshing bisa juga sebagai menambah wawasan sebagai generasi muda yang intelegent, hehe.

Nah, kali ini saya akan mereview sekaligus menceritakan pengalaman saya saat Menghabiskan Weekend di Candi Tikus Trowulan Mojokerto.

Baca juga: 

Berkunjung ke Maha Vihara Mojokerto, Indonesia juga Punya Patung Budha Tidur


Dimana Letaknya?

    Candi Tikus merupakan sebuah situs peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Simpelnya, dari perempatan Trowulan, bila sobat traveler dari arah Jombang ambil arah belok ke kanan. Tetapi bila dari arah Surabaya bisa ambil arah belok kiri. Lurus terus sekitar 3 kilometer, lalu ada plakat arah Candi Tikus sebelum ke Pendopo Agung belok kiri. Sebelum tiba ke lokasi Candi Tikus kita juga akan melewati objek Kolam Segaran, Museum Trowulan dan Candi Bajang Ratu.


Kenapa Dijuluki Candi Tikus?


Dinamakan Candi Tikus karena pada saat dilakukan penggalian di situs ini, ternyata lokasi ini merupakan sarang tikus yang jumlahnya luar biasa banyak. Menurut kebanyakan sejarawan, Candi Tikus dulu berfungsi sebagai tempat pemandian keluarga Raja. Akan tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa Candi Tikus adalah tempat pemujaan kepada Tuhan melihat dari bentuk candi yang menyerupai puncak Mahameru. Bentuknya sendiri lebih seperti kolam dan ditengahnya terdapat bangunan candi.

kehujanan tapi tetap selfie ^^

TIKET MASUK

>Tiket masuk Candi Tikus gratis namun biasanya saat mengisi form pengunjung dimintai biaya administrasi sebesar Rp 3000,- untuk weekend.
>Parkir Rp 2000/motor.
Pos pembayaran tiket masuk


Taman di lokasi Candi Tikus bisa dikatakan lebih indah dari taman di lokasi candi-candi lainnya. Bisa sobat traveler lihat dari beberapa foto saya saat berkunjung ke Candi Tikus. Mulai dari bunga yang dibentuk seperti gapura sampai taman-taman yang dibentuk dari beberapa macam bunga. Candi-candi di Trowulan khususnya candi tikus bisa menjadi tempat wisata alternatif yang dekat dan murah untuk dikunjungi apalagi yang rumahnya Mojokerto dan sekitarnya.

tampak pemandangan gunung

Pinggiran Candi adalah kolam dengan banyak ikan-ikan hias beraneka warna. Bagian candi yang turun atau masuk ke dalam tanah menyerupai ruang bawah tanah membuat para pengunjung tertarik datang ke tempat ini. Jangan khawatir, area Candi Tikus ini juga menyediakan Toilet yang berada tepat di sebelah pos pintu masuk.
arah menuju Toilet


Pada akhir pekan Candi Tikus selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik kalangan remaja ataupun dewasa. Mereka datang lengkap dengan seperangkat alat selfi mereka masing-masing. Banyak spot-spot bagus di candi tikus, dengan ditambah taman yang indah maka pas buat sobat traveler yang hobi foto-foto. Banyak kursi duduk yang disediakan di pinggir taman, tentunya yang teduh karena berada di bawah pohon. Sehingga kita bisa bersantai dan berlama-lama di lokasi Candi Tikus ini.  Selain menikmati pemandangan candi juga terdapat para penjual pentol di pinggir jalan sehingga kita sambil makan-makan di tempat ini. Tentunya dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.


     Demikian ulasan (review) dari kami tentang Candi Tikus, semoga bisa menjadi referensi sobat traveler yang ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk pertanyaan dan tambahan bisa dituliskan di kolom komentar.



Xoxo,^^

18 komentar :

  1. berapa ongkos kira2 dari jakarta ya mbak naik kereta ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin 200-an mas kalau naik ekonomi

      Hapus
  2. wah cocok nih kalo lagi liburan ke Mojokerto :)

    BalasHapus
  3. wah kayaknya keren nih candi tikus, peninggalan majapahit. Tapi cukup jauh juga le Mojokerto

    BalasHapus
  4. mantap mbk, buat referensi liburan sambil belajar

    BalasHapus
  5. Wah ternyata di mojokerto ya, pernah denger dulu soalnya. Pernah mau kesini sama keluarga tapi jadinya ke parangtiritis di jogja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh banget Mojokerto-Jogja. Oke semoga bisa kesampean kemari :)

      Hapus
  6. Aku dari jaman SMP kalo belajar sejarah pasti denger nama Candi Tikus ini. Tapi kayaknya baru sekarang deh tau kalo memang di Candi ini sempet banyak tikusnya.. Asik nih jadi pengen wisata sejarah juga.. :")

    BalasHapus
  7. Pernah denger candi tikus ini malah belum pernah kesana...dulu juga bayangin geli banyak tikus jadi ngeri mau kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu cuma sejarahnya saja kok Mbak. Sekarang ya nggak ada tikusnya yang banyak ikan hias di kolam

      Hapus
  8. Aku dan keluarga paling seneng kalo diajak jalan2 melihat tempat 2 bersejarah seperti candi Lo mbak Anggi.Pengin banget kesini.deh kapan waktu

    BalasHapus
  9. Wah banyak candi di Indo ya, tp candi tikus baru kkudengar

    BalasHapus