Minggu, 19 Februari 2017

Tips Make Up untuk Kulit Wajah Berjerawat




anggi_putri

Hampir semua dari wanita tentunya menyukai yang namanya make-up atau merias diri mereka supaya terlihat semakin cantik, manis dan menarik. Merias diri tidak hanya terbatas pada riasan wajah saja namun secara keseluruhan dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Maka dari itu tidak sedikit pula orang yang malas dalam merias diri mereka secara lebih detil.


Merias diri juga tidak terbatas pada seseorang yang bekerja di dunia hiburan seperti artis atau penyanyi saja, lho. Namun ibu rumah tangga juga tetap harus merias diri untuk tetap tampil menawan di depan sang suami, wanita karier yang seharian bekerja juga tentunya sangat membutuhkan makeup untuk diri mereka. Maka dari itu, saya akan membagikan tips make up harian untuk kulit wajah berjerawat.

Mungkin sebagian besar wanita yang memiliki kulit normal akan sangat mudah merias wajah mereka dengan banyaknya produk kosmetik yang sudah dijual bebas di pasaran. Namun, bagi wanita yang memiliki jenis kulit wajah yang berjerawat akan sedikit mengalami kebingungan cara mengaplikasi make up tersebut pada wajah mereka.

Jika Anda memiliki wajah berjerawat akan sangat baik jika Anda berkonsultasi dengan mereka yang bergelut di dunia makeup tentang produk make up apa saja yang bisa digunakan untuk jenis kulit Anda sehingga Anda tidak ragu dan semakin yakin melakukan perawatan dan mengaplikasikan make up di wajah Anda.

Membersihkan Wajah Sebelum Mengaplikasikan Make Up
Ya, pastinya banyak yang malas melakukan tahap ini. Namun membersihkan wajah dapat menghilangkan debu, minyak, maupun keringat yang menempel di kulit wajah, agar nantinya tidak ada pori-pori yang tersumbat, dan berisiko menimbulkan jerawat baru. Anda dapat menggunakan susu pembersih, maupun facial foam untuk melakukan tahap ini, tetapi yang perlu diperhatikan adalah pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan Pelembap Dan Concealer
Mengaplikasikan pelembab berfungsi untuk menutrisi kulit, agar terjaga kelembapannya. Oleh karena itu, pemakaian pelembap tetap dilakukan meski kulit wajah Anda meradang. Setelah itu, gunakan concealer. Hindari pemakaian foundation, alas bedak maupun BB Cream jika kulit masih terdapat jerawat. Hal ini dikarenakan umumnya jenis make-up tersebut dapat menutup pori-pori, sehingga justru dapat memperparah jerawat yang dialami.

Untuk menyamarkan jerawat, Anda dapat menggunakan concealer khusus perawatan jerawat yang berguna untuk menyembunyikan bekas luka jerawat, maupun jerawat yang masih meradang. Pemakaian concealer tidak perlu diratakan ke seluruh muka, tetapi cukup dengan mengoleskan atau memakainya di bagian jerawat yang ingin disamarkan. Dengan begitu, pori-pori kulit wajah tidak tertutup.

Pemakaian concealer harus disesuaikan dengan kondisi jerawat. Jika jerawat Anda masih meradang, atau berwarna merah, maka sebaiknya gunakan concealer warna hijau untuk menyamarkan warna kemerahan pada wajah, sehingga diperoleh efek warna netral, yang dapat menyembunyikan jerawat.

Oleskan perlahan concealer di bagian kulit yang meradang, lalu jangan lupa baurkan, agar tidak terlihat mencolok dibanding dengan warna kulit Anda. Dengan tersamarkannya bekas jerawat atau jerawat yang terlihat, maka Anda tidak perlu khawatir dan dapat tampil lebih percaya diri.

Aplikasikan Bedak
Kulit berjerawat memang butuh penanganan yang ekstra, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilih jenis dan komposisi bedak yang digunakan. Pemakaian bedak padat sebaiknya hindari kalau Anda mempunyai tipe kulit berminyak, maupun sedang berjerawat. Pengaplikasian bedak padat justru dapat menutup pori-pori kulit, sehingga rentan terjadi penyumbatan yang bisa menjadi jerawat baru.

Pilihlah bedak tabur (loose powder) sebagai solusi make up harian untuk kulit wajah berjerawat. Hal ini dikarenakan bedak yang baik digunakan untuk kulit berjerawat adalah bedak tabur. Komposisinya yang lebih ringan dibanding dengan bedak padat atau two way cake, menjadikan pemakaian bedak tabur “tidak berat” di kulit. Selain dapat membiarkan pori-pori kulit Anda bernafas, bedak tabur juga dapat mengurangi kesan mengkilat pada wajah.

Anda bisa memilih bedak tabur yang mengandung senyawa atau zat seperti asam salisil atau sulfur, serta benzoil peroksida, dan zat pelawan bakteri penyebab jerawat lainnya, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Bedak lainnya yang menjadi solusi salah satu make up harian untuk kulit wajah berjerawat adalah bedak bayi. Bedak bayi juga dapat menjadi alternatif jika Anda tidak memiliki bedak tabur.

Hindari Pemakaian Blush On Dan Shimmer
Riasan muka yang merona, memang terlihat cantik dan bisa membuat kesan sehat, tetapi apakah Anda mau memperoleh itu dengan mengorbankan kondisi wajah yang bertambah parah? Oleh karena itu, sebaiknya jenis makeup ini sebaiknya tidak digunakan, terlebih jika jerawat yang Anda alami terletak di pipi. Aplikasi blush on dan shimmer di pipi, justru akan semakin menonjolkan jerawat Anda.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Kulit wajah berjerawat bukanlah halangan untuk dapat tampil dengan riasan yang memikat. Tips tampil menawan meski sedang berjerawat adalah Anda dapat mengalihkan fokus riasan di bagian mata atau bibir, sehingga pandangan orang tidak tertuju pada masalah kulit yang Anda alami.

Penggunaan Warna Eyeshadow Dan Lipstik
Eyeshadow dan lipstik yang mencolok, sebagai fokus utama riasan, dapat mengalihkan perhatian pandangan orang lain dari jerawat yang ada pada wajah Anda. Pilih eye shadow atau lipstik yang berwarna terang, sehingga secara otomatis, orang akan fokus terhadap riasan tersebut.
contoh aplikasi eyeshadow

Namun, sebaiknya pilih salah satu riasan mana yang ingin Anda tonjolkan. Riasan yang terang di bagian mata, dan bibir justru dapat menghilangkan kesan natural, dan menjadikan Anda terlihat menor atau riasan menjadi tidak sesuai dengan event yang akan Anda lakukan.

Lengkapi Riasan Anda Dengan Menyemprotkan Spray Secara Merata Pada Wajah
Tahap akhir ini dapat membantu riasan Anda untuk tetap menempel, ketika Anda sedang beraktivitas. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering untuk merias kembali (touch up) guna mempertahankan tampilan yang menarik.

Selain menjaga keawetan riasan, penyemprotan juga berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah. Oleh karena itu, jangan sampai lupa melakukan langkah ini. Tentu Anda tidak ingin jerawat yang sudah susah payah disembunyikan, menjadi terlihat karena riasan yang digunakan luntur.

Gunakan Blotting Paper
Jika Anda tidak sempat merias ulang (touch up), sedangkan wajah mulai terlihat mengkilap, maka Anda bisa menggunakan blotting paper untuk menyeka minyak berlebih bagian – bagian wajah, seperti daerah T (antara dahi dan hidung). Tips ini baik dilakukan untuk menjaga agar produksi minyak di wajah tidak berlebih, sehingga bisa mengurangi keindahan riasan maupun berpotensi menyebabkan bibit jerawat baru.


Cara pengaplikasiannya adalah Anda cukup dengan menepuk-nepuk blotting paper, dan jangan menyeka apalagi menggesekkan blotting paper karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dan merusak riasan wajah. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat, maupun mempunyai jenis kulit berminyak untuk selalu menyimpan blotting paper di tas Anda.

Dengan menggunakan make up harian tentunya Anda akan tampil semakin memukau dan menarik di depan orang-orang atau teman-teman Anda semua. Sekian informasi dari kami seputar tips make up harian untuk kulit wajah berjerawat. Terima kasih sudah membaca.


8 komentar :

  1. Nggi, boleh request untuk yang kulit sensitif?

    BalasHapus
  2. Kalau untuk pria gimana? Apakah sama? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas, hanya beda beberapa itemnya tak sekompleks perempuan

      Hapus
  3. Pakai bedak tabur bener banged deh. Soalnya aku pas lagi jerawatan pakai bedak tabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak memang lebih bagus pakai bedak tabur

      Hapus
  4. tipsnya bermanfaat banget ini buat aku yang lagi jerawatan :3
    tp utk bedak sih aku prefer yang bedak padat drpada bedak tabur, nggak suka pake bedak tabur sih aku, kalo yg ini spertinya ngga bisa dihindari -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya thanks. beberapa tips bisa menyesuaikan tak harus dilaksanakan semua

      Hapus