Sunday, 18 November 2018

Stik Kentang Keju, Camilan Musim Hujan yang Nagih

Ganti dengan “

Holla, tulisan ini terbit karena keisengan kemarin. Seperti biasa, saya selalu iseng membuat makanan yang ‘nyeleneh’ kadang juga jadinya bagus. Tiap jadinya bagus alias eksperimen berhasil saya selalu share di media social seperti facebook atau instagram. Karena dari postingan saya kemarin banyak tanggapan positif dari teman-teman, untuk itu saya berniat menyematkan resep Stik Kentang Keju ala saya di blog ini.


Mulanya, di rumah ada kentang sehingga membuat saya berpikir untuk diolah menjadi apa. Selai itu, kentang juga merupakan bahan yang sangat mudah didapatkan, bahkan di toko kelontong dekat rumah. Baiklah saya akhirnya membuat stik kentang keju sebagai camilan musim hujan yang kresss.

Bahan:

  • 500 gram kentang
  • 100 gram keju (opsional jumlahnya)
  • 100 gram tepung maizena (10 sendok makan)
  • Garam dan lada secukupnya
  • 1 batang seledri cincang halus (saya menyuruh adik saya beli 500 rupiah ternyata banyak sekali)
  • Minyak goreng secukupnya




Cara Membuat

  1. Pertama, kamu bisa kukus atau rebus kentang terlebih dulu. Kebetulan saya lebih suka mengupas kentang kemudian direbus hingga mendidih dan angkat.
  2. Kedua, haluskan kentang menggunakan garpu atau sendok hingga halus.
  3. Ketiga, masukkan parutan keju, tepung maizena, garam, lada, dan seledri yang sudah dicincang kemudian aduk hingga rata.
  4. Keempat, kamu bisa menggunakan talenan yang cukup lebar sebagai alas, atau jika tidak punya bisa menggunakan plastik lebar, atau meja kayu yang bersih. Pipihkan adonan kentang dengan roll pin atau bisa pakai tangan saja atau pakai botol, yang penting bisa pipih sekitar ketebalan 1 cm.
  5. Kelima, iris sesuai selera, saya suka mengirisnya memanjang sehingga menamainya stik karena bentuknya panjang. Jika ingin lebih cantik bisa memotongnya menggunakan irisan acar yang bergerigi, sehingga bentuknya nggak hanya lurus memanjang tapi ada geriginya.
  6. Keenam, kamu panaskan minyak untuk menggoreng. Jumlah minyaknya tidak ada ukuran yang penting semua stik kentang tenggelam dengan baik.
  7. Ketujuh, jika sudah berwarna kuning keemasan, angkat. Sajikan dengan saus sambal dan mayonnaise.

NB: Camilan ini sangat cocok dimakan saat panas karena lebih kriukk.




Baiklah, itulah resep Stik Kentang Keju yang bisa menemani musim hujanmu. Camilan ini juga biasa saya gunakan teman ngedit atau nulis. Sebaiknya kamu meniriskan beberapa saat ketika mengangkatnya dari penggorengan. Jika perlu gunakan tisu penyerap minyak kalau tidak mau banyak minyak di stik kentang kejunya. Terima kasih, semoga resep ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Xoxo

2 comments :