Kamis, 29 Juni 2017

KASTENGEL NO OVEN NO MIXER, BISAAA!



Saya pernah ditanya salah seorang teman tentang memasak. Apa masak itu harus sama persis? Apa masak kastengel harus dioven? Apa bisa jadi tuh kue kering kalau kita tambah atau kurangi bahannya? Dan masih banyak pertanyaan apakah … apakah …


Nah, memasak itu sesuai kebutuhan dan suka-suka menurut saya. Kita buat enjoy saja. Kita juga bisa berkreasi dalam mengganti bahan seperti mengurangi yang tidak kita sukai atau menambah bahan sebagai pemanis. Jadi, saat memasak kita bisa senang dengan yang kita jalani.

Baiklah kali ini saya akan berbagi resep kastengel no oven no mixer! Terus kalau tidak dioven diapakan? Kita akan menggunakan Teflon dalam membuatnya. Penasaran jadi atau tidak? Simak resepnya ya.

setelah dicetak disusun di teflon

Bahan-bahan:
    1.       Tepung terigu 200 gram
    2.       2 butir telur
    3.       1 butir kuning telur (untuk olesan)
    4.       Keju parut secukupnya
    5.       Mentega 5 sendok makan
    6.       Susu UHT 1 gelas
    7.       Bubuk vanili/vanilla 1 scht

Cara Membuat:
1.      Campurkan mentega dan telur hingga tercampur rata
2.      Masukkan keju parut, vanili, dan tepung sedikit demi sedikit hingga  tercampur
3.     Tambahkan susu UHT secukupnya hingga adonan kalis dan bisa dibentuk
4.     Ambil adonan yang sudah kalis kemudian pipihkan menggunakan botol atau juga   bisa langsung ditekan-tekan menggunakan jari
5.     Cetak dengan menggunakan cetakan kastengel yang ada di toko kue atau pasar.   Bentuk cetakannya persegi denga nada gagang pegangan untuk menekan cetakan ke dalam adonan kue
6.  Olesi adonan yang sudah dicetak menggunakan kuning telur dan taburi dengan keju parut di atasnya
7.   Siapkan Teflon anti lengket, jika masih takut akan lengket bisa diolesi mentega terlebih dahulu
8.       Susun potongan-potongan kue yang telah dicetak di atas Teflon
9.       Panggang hingga matang dan tutup Teflon selama proses memanggang
10.   Angkat kastengel dan siap disajikan


NB: Karena tanpa menggunakan pengawet, kastengel homemade ini expired 2 minggu di suhu ruangan, bisa lebih lama jika di dalam kulkas.
Baca juga

Cara Mudah Membuat Seblak Rumahan


Bagaimana, mudah bukan membuat kue kastengel no oven no mixer atau kastengel Teflon ini? Jadi tak ada alasan untuk tidak membuat kue saat lebaran karena tak punya mixer atau oven. Semoga resep ini membantu dan bermanfaat. Jangan lupa bagikan resep ini pada teman-teman yang mau membuat kue kastengel no oven no mixer.

10 komentar :

  1. Kastengel ini kesukaan suamiku. Tapi aku kurang doyan karena rasa asinnya itu. Kalo kue kering sukanya yang manis2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku malah suka yang asin-asin pas lebaran, hihi

      Hapus
  2. Waaah bookmarked! Bisa nih kapan-kapan coba bikin di rumah. Makasih sharingnya yaa

    BalasHapus
  3. Kok nggak susah ya bikinnya, jadi pengin bikin, hehe

    BalasHapus
  4. Waaaa mau nyobain aaaah
    makasih mb resepnyaaa

    BalasHapus
  5. Tengkyu resepnya mbak. AKu lebaran ini sepi kastengel, cuma makan bbrp biji di rumah org hehehe. Ntr praktek ah TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aku juga nggak stok banyak kuker lebaran tahun ini, tapi kemarin nyempetin buat beberapa kuker karena saudara dateng ke rumah

      Hapus