Sabtu, 29 Juli 2017

MENCOBA AYAM TOP DUBAI [CHICKING PERTAMA DI INDONESIA]



Kenikmatan menyantap makanan yaitu saat kita tak bisa mengutarakan rasa rempah-rempahnya dalam bentuk kata-kata.
Pekan lalu saya berkunjung ke tempat yang menyajikan fast food dengan cita rasa Timur Tengah bersama dua rombongan yang berbeda. Waktu berkunjung pun hanya selang beberapa hari, kenapa? Karena saya tidak bisa tidur karena kepikiran ingin mencoba menu-menu lain dari store mereka. Kemana sih? Saya ke Ayam Top Dubai yaitu Chicking Indonesia.

Chicking Indonesia?

Chicking adalah jaringan Resto Halal bertaraf Internasional yang berasal dari Dubai, Uni Emirat Arab yang secara historis dikonsepkan di Dubai. 
tampak depan area ChicKing di Royal Plaza Surabaya

Surabaya merupakan kota pertama di Indonesia selain gerai lainnya tersebar di mancanegara, tepatnya di delapan negara dengan lebih dari seratus gerai: diantaranya adalah Dubai (yang merupakan 'asal kelahiran' Chicking), Oman, India, Afghanistan, Maldives, Ivory Coast, Malaysia dan Indonesia.Saat ini Chicking sedang mengurus sertifikasinya, namun sudah diketahui kalau semua bahan-bahan pembuatan di Chicking itu halal.
ada lampu-lampu yang menggantung di sudutnya

Ibu Angelia Merry sebagai Public Relation Chicking Indonesia menjelaskan jika dalam waktu dekat akan membuka cabang Chicking Indonesia di Jakarta; tepatnya di daerah BSD dan Basuki Rahmat yang akan menjadi pusat pengembangan Chicking di Indonesia Barat. 


Pre-Launch Surabaya Snow Cake, Oleh-Oleh Khas Surabaya #Ikisinganyarlhorek

Sedangkan pertama kali pembukaan di Surabaya ini lebih dikarenakan oleh kesiapan tempatnya. 


saat menyantap ayam top Dubai

"Surabaya kota yang sangat penting bagi kami karena ini menjadi pusat untuk mengembangkan bisnis di Indonesia Timur yang sangat potensial."

Hengki Setiawan, President Director-nya PT Ayam Top Dubai yang memegang waralabanya ChicKing Indonesia, berkata  bahwa selain di Royal Plaza ini, mereka juga akan buka gerainya di Delta Plaza. Jakarta juga akan kebagian, dan saat ini mereka lagi mau nyiapin counter mereka di Mall Bazzura dan QBig BSD City Mall (Tangerang). Untuk sementara, restoran cepat saji ChicKing masih jadi eksklusif di seantero makanan enak di Surabaya.

Cita Rasa yang Berbeda

Biasanya saya dan teman-teman hangout dan mencari fast food dan ujung-ujungnya mendarat di fast food dari Amerika. Menariknya, sekarang sudah ada Chicking yang menyediakan cita rasa Timur Tengah yang berbeda dari yang lain. Tempat Chicking pun berada di Royal Plaza yang dikenal sebagai mall sejuta umat, dari kalangan bawah hingga atas sering memadati mall ini, apapun harinya. Hampir setiap hari mall ini tidak pernah sepi. Tepat dan strategis sekali Chicking membuka gerai pertamanya di sini, selain deket sama kost-an saya tentunya*

bumbu ayam sangat meresap sampai ke dalam

Sebelum saya membahas tentang menu-menu yang ada di Chicking Indonesia, perlu diketahui kalau tempat Chicking sangat fotoable karena posisinya yang menghadap ke jalan raya, terdapat lampu-lampu yang berjajar di bagian kirinya dan kursi yang memiliki dua bentuk yakni kursi biasa dan sofa yang akan sangat nyaman jika ditempati secara beramai-ramai.
landscape di ChicKing saat malam hari sangat fotoable

Chicking Indonesia juga menyediakan area cuci tangan dan pengambilan sambal. Bagaimana cara pesannya? Cara pesannya seperti kebanyakan gerai fast food lainnya yaitu dengan memesan di kasir, membayar dan bisa membawa pesanan ke meja yang disukai.

tempat memesan dan mengambil pesanan


Chicking Indonesia menyediakan banyak varian menu yang bisa dinikmati bersama keluarga, teman, pacar maupun gebetan, diantaranya:

1. Flaming Grilled Chicken
Ini merupakan menu unggulan atau best seller Chicking. Menu ini adalah potongan ayam yang di-grill alias dibakar dan diberi rempah-rempah khusus Timur Tengah. Makanan ini sangat pas dan cocok bagi yang sedang menjalani program diet karena rendah minyak dan tentunya lebih sehat dari ayam yang digoreng.

ayam di-grill sehingga lebih sehat


2. Chicking Rice
Awalnya saya sempat mau putus asa saat mangkuk berisi nasi berwarna kuning mendarat di depan saya. Lho, kok hanya nasi kuning? Renung saya dalam hati. Namun perlahan saya korek, kemudian saya lihat bentuk nasinya selanjutnya satu sendok masuk ke dalam mulut saya. Hidangan berupa nasi kuning yang terinspirasi dari masakan Nasi Briyani ini mampu membut saya terkejut. Nasi yang berbentuk panjang-panjang atau beras basmati ini nyatanya memiliki rasa yang ‘tak sekadar nasi kuning’ saya menemukan biji kapulaga (semoga benar) di antara butiran nasi. Tak heran kalau aroma yang dihasilkan khas dan rasanya enak.

pesanan kedatangan kedua saya 

Makanan ini juga tak hanya dapat dinikmati di India, tapi kini bisa kalian cicipi juga di Surabaya. Itulah suatu kenikmatan yang tak terkira.

3. Original Fried Chicken
Menu ini terbuat dari potongan ayam segar dan juicy yang direndam dalam ramuan rahasia beraroma khas. Teksturnya lembut dilapisi tepung dan digoreng hingga berwarna coklat keemasan. Untuk menu ini juga tersedia versi pedasnya.

4. Chicken Strips
Terbuat dari potongan ayam tanpa tulang yang digulung dalam tepung putih berbumbu zesty. Pilihan menu ini juga tersedia dalam dua rasa, original dan pedas.

5. Tandori Burger
Burger ini dibuat dari fillet ayam renyah dan pedas yang dilapisi tepung roti dan ditaburi bumbu tandoori untuk cita rasa khas India. Selain itu masih ditambah selada dan saus mayo serta taburan wijen.

Menariknya, ayam yang ada di dalam burger tidak hambar tapi ada rasa bumbu khas dubai-nya juga.



6. Big Beef Burger 
Menu ini berbentuk burger yang besar dengan isian daging sapi.

7. Royal Crunchy dengan bentuk sandwich Chicking yang lezat, asli dan pedas.

8. Royal Wrap yang mirip kebab, dengan dua strip daging ayam plus roti tortilla panggang dengan ukuran yang cukup besar. Tersedia dalam rasa original dan pedas. Saya pun mencoba yang spicy. Rasa ayam yang ada di dalam tortilla sangat berbeda dengan kebab biasa karena ayam ini seperti dilumuri bumbu dulu sebelum proses penggorengan sehingga bumbu meresap hingga ke dalam daging. Meski saya belah daging ayamnya, warna merah masih terlihat berbaur dengan warna asli si ayam.



9. Tandoori Bites, potongan ayam tanpa tulang yang lembut dan juicy. Salah satu menu lain yang diperkuat dengan bubuk tandoori khas Chicking.

10. Chick Pops yang dibumbui dengan rempah harum dan dibalut tepung roti dan tepung putih dengan bumbu Chicking klasik.

11. Tandoori Fries, lagi-lagi menu dengan ciri khas bumbu tandoori khas Chicking yang hanya ada di Chicking.


12. Dubai Breeze
Ini minuman serupa Mocktail khas Dubai yang segar dan eksotik karena ada daun mint dan lemon.
Ada tiga rasa yaitu:
* Passion Fruit Frizzr (warna kuning)
* Green Apple Frizzr (warna Hijau)
* Blue Lagoon Frizzr (warna biru)


Mocktail ini terbuat dari paduan daun mint dan lemon.

Namun pertama kali menjajal sesuatu yang asing yakni Chicking Indonesia di Surabaya sendiri juga merupakan sesuatu yang bisa dikatakan berani; karena Surabaya tentu berbeda dengan Jakarta yang lebih adaptif dengan sesuatu yang baru. Namun melihat secara langsung respons masyarakat yang baik terhadap 'cita rasa timur tengah' di Royal Plaza ini, sepertinya mengindikasikan bahwa 'eksperimen' ini berhasil.


Ayam Gepruk Suroboyo, Pedas Sesungguhnya Saat Berbuka


Saya dari dulu penggemar beras Briyani yang terkenal rendah gula, namun saya sendiri kurang familiar terhadap bumbu rempah Timur Tengah; tetapi sepertinya ada rasa yang saya suka dan kenal saat menyantap Chicking Rice ini yakni adanya rasa kapulaga.

Harganya berapa? mahal nggak? Wah, pasti mahal nih. 
Pasti pertanyaan itu yang akan Anda tanyakan, saya pun punya pemikiran yang sama saat datang ke Chicking Indonesia i Royal Plaza ini. Namun mata melek karena tahu harganya yang tidk terlalu mahal, Chicking Rice-nya satu bowl hanya 10k dan ayam bisa dipesan dalam hitungan  potong, maau beli 2 potong, 6 potong maupun banyak juga bisa.

daftar harga Chicking Indonesia

Oh iya, ada menu minuman yang akan hadir juga dengan kehangatannya, Saya sudah mencobanya dan memang benar, badan terasa enak setelah seruputan pertama. Minuman yang saya cicipi yaitu Latte yang di dalamnya juga ada kapulaga dan rempah khas Timur Tengah. Pas juga bisa ngopi bersama keluarga, makan ayam filming grill dan menikmati obrolan nostalgia sambil menatap ke luar jendela Chicking, wah ... pasti asyik.




Baik, kita tunggu inovasi-inovasi lain dari Chicking Indonesia, saran saya hanya mungkin akan lebih baik menyediakan sendok dan garpu yang lebih kuat untuk makan ayam grill karena pengalaman saya, sendok hampir patah dan akibatnya harus makan pakai tangan walaupun makan pakai tangan lebih nikmat sih (jare simbah). Selain itu ditunggu menu lain seperti spagetti yang sama dengan Chicking di Dubai. Mungkin memang butuh persiapan dan penataan agar Chicking Indonesia lebih bagus lagi. Semoga segera deh. Buat yang belum kesini cepat kesini deh biar tidak ‘ngiler’ lihat postingan saya.

20 komentar :

  1. Kalo ke Royal wajib mampir ke Chicking, penasaran sama grilled chickennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak mampir cobain, menurutku sih ayamnya enak

      Hapus
  2. Hhhmmm...jadi pengen.lagi dan lagi deh kalo kesini itu..nagihhhh

    thejourneyfrida.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesitu lagi mbakkk coba menu lainnya. Aku sudah 2x kesitu hehe

      Hapus
  3. Ya Allah bikin laper.. jadi pingin k royal lagi...

    BalasHapus
  4. Waah... Bikin ngiler mbak menu menunya. Apalagi bacanya pas bangun tidur dan perut luapar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... emang ini ayamnya enak mbak gambar aja bikin laper apalagi aslinya loh

      Hapus
  5. Pengiiin bangettt ke sini
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  6. waah mesti sabar dulu nunggu buka di Jakarta baru bisa icip-icip..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak sabar sedikit habis ini dibuka di Jakarta

      Hapus
  7. enakkkk bisa jadi alternatif pilihan untuk menyantap ayam goreng.. beberapa kali coba yang dari AS. penasaran sama rasanya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Surabaya bisa banget mampir kesini Mas

      Hapus
  8. Enak banget kyknya chicking ini, kalau pas di Surabaya ke sana ah TFS info kulinernya mbak :D

    BalasHapus
  9. wah ... enak ya kayaknya burgernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ayam dalam burgernya rasanya beda sama junkfood lain, nagihin

      Hapus
  10. Hmmmm wajib dicoba nih, akhir taun ini rencana mau ke surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. ke surabaya. mampir kesini mbak di Royal Plaza

      Hapus