Friday, 9 February 2018

Serat Budoyo, Batik Kekinian yang Mengerti Fashion Anak Muda



Batik kini tak hanya menjadi pakaian untuk acara formal seperti rapat, sekolah, atau acara resmi pejabat lainnya. Kenapa? Karena batik sekarang lebih fleksibel dan lebih menarik bahkan di kalangan kaum muda. Dengan kreasi dan inovasi Herma Prabayanti, batik disulap menjadi fashion yang santai tapi edgy saat dikenakan. Batik yang diberi nama Serat Budoyo ini menjadi pilihan terbaik ketika kamu bingung dengan model fashion batik yang itu-itu saja.

Brand ini menjadi wujud cinta Herma terhadap budaya nusantara. Sejumlah model memeragakan koleksi Serat Budoyo dalam sebuah private gathering di One Icon Residence & Apartment di kawasan megablok Tunjungan Plaza (TP) 6 Surabaya. Sejumlah sosialita kota pahlawan turut hadir dalam acara ini. Para perempuan pengusaha yang super strong bersama-sama menunjukkan rasa cinta pada koleksi budaya nusantara.



Serat budoyo juga menggelar acara "Indonesian Heritage" agar megenal lebih dekat nih dengan Serat budoyo, ada juga rekanan dari Serat budoyo, yang masih dalam satu bidang, yaitu mengangkat potensi Indonesia, Alkhair dan Kalyana.

Bermain dengan batik motif Solo dan Yogya menghasilkan busana yang bisa bertutur mengenai proses pembuatan batik tersebut. Serat Budoyo, batik rancangan Herma Prabayanti ini diharap bisa mengedukasi pemakainya agar lebih paham seni batik. Serat Budoyo menampilkan batik yang casual, cutting menarik, dan bisa dipakai dalam segala occassion. Batik kreasi Herma tidak bermotif konvensional, dengan gambar bunga atau kawung.

“Lewat batik dari Solo dan Yogya ini saya ingin sampaikan bahwa orang Jawa dulu ketika membuat batik pasti punya makna, ada cerita di setiap goresan yang dibuat,” kata Mbak Herma yang hingga kini masih aktif sebagai jurnalis di sebuah media televisi ini.

Ada dua model busana yang disajikan di awal tahun 2018 ini. yang pertama adalah kombinasi kebaya untuk atasan dan bawahan batik bertutur tersebut. “Atasnya memang pakai kebaya modern agar nyaman dipakai anak muda. Sedang bawahannya kolaborasi batik,” tandas Mbak Herma. Model lainnya adalah kombinasi kain tenun dan brokat menjadi satu kesatuan.

Fashion show yang menampilkan koleksi Serat budoyo, ditampilkan dengan sangat cantik dan fresh, kalau dulu batik terkesan kuno dan formal, Serat budoyo memberikan sentuhan yang fresh dengan warna yang lembut, cocok untuk anak muda yang cenderung memilih style yang simple, fresh, unik dan tetap tampil modis. bisa banget nih kalau nge-mall pakai koleksi dari Serat budoyo.

Acara ini juga dihadiri juga oleh Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, mencoba belajar membatik, ternyata susah - susah gampang, karena pegang cantingnya ada tekniknya sendiri agar malam yang sudah dilelehkan tidak meluber kemana-mana, seru nih kegiatan membatik. outifit yang dipakai oleh Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 ini juga dari koleksi Serat budoyo.

Selain dimajakan dengan koleksi dari Serat budoyo, dalam acara gathering ini juga disajikan menu khas Indonesia, mulai dari lontong mie, bakso hingga sate yang khas banget rasanya. Menariknya, tidak menggunakan cake ala acara resmi, namun berupa gunungan kue-kue tradisional yang bahkan sudah jarang ditemui.


Untuk teman - teman yang ingin membeli koleksi dari Serat budoyo, bisa kok langsung meluncur ke IG @seratbudoyo dan bisa dikirim ke tempatmu. 

2 comments :

  1. Aku juga pingin nih beli batik. Apalagi modelnya sekarang udah kekinian yaa.

    ReplyDelete
  2. Koleksi batikku lumayan... Dan rasanya pengen nambah terus

    ReplyDelete