Wednesday, 23 May 2018

5 Hal untuk Mengatasi Writer's Block

Ganti dengan “

Halah, writer's block itu cuma penyakit penulis, nanti juga sembuh sendiri
Maklumlah, pasti semua pernah writer's blockDuh, susah banget ya kali terkena writer's block

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait writer's block. Nah, apa sih writer's block itu? Writer's block yaitu sebuah keadaan yang dialami baik penulis pemula maupun penulis berpengalaman. Saat terkena writer's block, pikiran penulis seakan-akan buntu, tidak bisa berpikir, tidak fokus dengan ide yang akan digarap, bahkan tidak punya ide sama sekali. Terkadang sama sekali tidak tahu sesuatu yang akan ditulis, meskipun sudah siap di depan naskah yang digarap.

Jangka seseorang mengalami writer's block berbeda-beda. Boleh jadi saya lebih lama mengalami writer's block dibandingkan teman-teman pembaca. Ada juga yang mengalaminya beberapa jam saja, setelah itu kembali menemukan titik nyaman dalam menulis. Tapi, ada juga yang lama hingga menemukan kembali ide dalam menulis. Bagaimana mengatasi writer's block ini? Setiap penulis punya cara masing-masing dalam mengatasi hal ini. Namun, inilah cara mengatasi writer's block yang umum dilakukan oleh teman-teman penulis.

       1.      Melakukan hobi
Saat kebuntuan dalam menggali ide bahkan menulis kalimat untuk sebuah karya, lebih baik tinggalkan saja jangan diteruskan. Memaksakan diri untuk terus menulis tidak akan ada gunanya. Sebaiknya beralih ke kegiatan lain. Alternatifnya yaitu tekuni kembali hobi yang tertunda karena kegiatan menulis kita. Apapun kegiatan itu asal tidak ada hubungan dengan kegiatan tulis-menulis. Di situlah akan muncul ide baru dan kita akan rindu dengan kegiatan menulis. Setelah itu, kita bisa kembali menulis dengan lancar. Yeeey!!

      2.      Mendengarkan musik yang lembut
Penelitian menunjukkan, musik memang bisa memengaruhi jiwa seseorang. Musik yang lembut dapat membantu pikiran menjadi tenang dan rileks. Setelah pikiran rileks, maka kita bisa kembali berpikir dengan baik sehingga ide baru yang tadinya sempat tersimpan dalam alam sadar bisa muncul ke permukaan.


      3.      Pergi ke tempat yang "tidak biasa"
Nah, misal kita biasa pergi ke mal untuk refreshing, sudah saatnya mencoba mengunjungi tempat yang belum pernah kita kunjungi sama sekali. Karena hal ini dapat memberikan suasana baru dan sensasi baru. Terkadang ide baru akan muncul di tempat yang baru.

     4.      Silahturahmi
Tidak ada salahnya mengunjungi teman, kerabat, atau tetangga saat writer's block menyerang. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, mengunjungi teman/keluarga juga dapat menambah wawasan atau ide dari cerita-cerita mereka. Curhat ke penulis? Kau akan jadi idenya! Hal demikian pernah disampaikan salah seorang teman saya di bangku perkuliahan. Memang, dari cerita hidupnya bisa menjadi ide saya dalam menulis cerpen. Dan benar saja, dia masuk daftar cerpen dalam buku Siluet Jingga yang saya terbitkan tahun 2016.

      5.      Tidur saja
Cara ini terbilang dianggap kurang efektif. Namun tahukah bahwa sebenarnya tidur merupakan hal paling efektif dan gampang untuk mengatasi writer's block? Satu diantara penyebab writer's block adalah kelelahan fisik yang membuat otak kita tidak mampu lagi berpikir. Jika tidak ingin keluar rumah untuk mengikuti tips pada nomor satu hingga empat, mungkin cara ini cocok untuk kalian. Tidur dapat mengembalikan kembali kekuatan tubuh kita yang lelah. Tidur membuat tubuh menjadi segar sehingga kita dapat berpikir dengan jernih. Tapi, jangan terlalu lama tidur ya temen-temen. Karena tubuh akan lemas dan mengantuk terus menerus.

       6.      Membaca
Ada tipe penulis yang suka membaca saat buntu ide dan tidak melanjutkan tulisannya. Memang membaca adalah karib menulis. Dari membaca akan muncul ide baru loh.

Nah, kalian lebih cocok melakukan hal yang mana untuk mengatasi writer's block? Kalau saya lebih suka tidur atau silaturahmi ke teman lama untuk kembali menggali ide yang sempat tertunda atau tidak muncul ke permukaan.

Writer's block ini memang sering jadi momok bagi penulis. Takutnya saat ada event, lomba atau sebuah sayembara dengan deadline mepet sedang kita diserang kemalasan dalam menulis. Sehingga tidak ada salahnya jika kita persiapkan cara mengatasi writer's block sejak sekarang. Tetap semangat menulis!


 "Penulis yang baik yaitu penulis yang tidak gampang menyerah dalam menyelesaikan karyanya.”

1 comment :

  1. pas banget aku lagi buntu ide menulis. enam tipsnya akan aku coba. semoga setelah itu bisa fresh lagi pikiran.

    ReplyDelete