Wednesday, 11 July 2018

HONEST REVIEW SSC SOFT SPONGE CAKE – SURABAYA SNOWCAKE

Ganti dengan “


Setiap kota pasti memiliki kuliner yang dibanggakan dan bisa digunakan sebagai oleh-oleh. Begitu juga Surabaya yang punya banyak kuliner, dari rujak cingur, lontong balap, hingga jajanan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Satu di antaranya yaitu Surabaya Snow Cake. Kue kekinian milik Kak Zaskia Sungkar kini turut andil dalam perkulineran di Surabaya lho.


Saya sebagai pencinta cake juga ikut excited dan tertantang buat explore cobain satu per satu. Sejak awal pembukaan tokonya, saya juga ikut hadir pada Launching Surabaya Snow Cake di Jalan Flores 15 Surabaya. Dan tidak menyangka kalau kue kekinian yang satu ini selalu membuat inovasi-inovasi baik dalam varian rasa, packaging hingga bentuk kue itu sendiri.



Kebetulan sekali saya sedang ngidam yang manis-manis wkwk, akhirnya saya membeli Surabaya Snow Cake.

"Eh Snowcake ada varian baru, udah coba belum?" kata salah seorang teman saya.
 "Ah, masa kemarin baru ngeluarin varian baru sekarang udah ada yang baru lagi?" ungkap saya dengan rasa penasaran.
"Iya kok, coba aja ntar incip yak."
"Ah, maunyaaaa..."

Percakapan saya dengan salah seorang teman itu sudah beberapa hari lalu. Akhirnya daripada kepikiran terus, belilah saya varian baru itu. Dan ketiga varian itu disingkat SSC atau Soft Sponge Cake. Sudah jelas dari namanya kalau cake yang satu ini beneran soft banget saat pertama pegang. Soft Sponge Cake ini ada tiga varian dengan size lebih kecil dari semua varian Snowcake.

Perbedaan lainnya terlihat dari packaging baru yang jauh beda dengan packaging lama. Karena packaging baru kini bentuknya persegi menyesuaikan bentuk kue. Kalau yang lama semuanya persegi panjang.

 Kesan pertama kali membuka, woooahh... topingnya banyak dengan pinggiran chrunchy (saya tidak tahu apa nama pinggirannya itu, yang tahu boleh komen dong).

Varian Choco Chrunchy


Varian ini yang pertama saya buka. Topingnya pakai mesis coklat dan base cake-nya brownies yang terdiri dari dua lapisan dan disekat oleh krim cokelat. Lumer banget di mulut. Selain itu brownies-nya coklat banget, tapi nggak enek karena rasa coklat kentara (agak pahit) berarti pakai coklat dengan kualitas bagus.

Varian Pandan Kaya


Varian ini yang banyak dibicarakan temen-temen saya karena instagramable kalau difoto. Yup, saat saya membukanya betul kata mereka, bentuknya lebih besar dari yang choco chrunchy dengan selai srikaya di atasnya. Cara penataan selai srikaya dibuat seperi jaring zig zag sehingga tampak elegan. Base cake terbuat dari adonan pandan, oleh sebab itu nama variannya Pandan Kaya. Sama saja kuenya lembut. Namun karena saya kurang suka dengan selai srikaya jadinya saya hanya makan base cake nya saja. Bagi temen-temen yang fine saja dengan selai srikaya pasti suka dengan varian yang satu ini. Karena temen saya yang suka selai srikaya bilang selainya enak.

Varian Cheese


Keju memang tidak bisa terpisahkan sebagai toping makanan apa aja, termasuk kue. Snowcake tidak mau kalah dengan tetap ada rasa cheese. Base cake yang dipakai adalah bolu original dengan toping parutan keju yang royal banget. Kejunya benar banyak! Base cake-nya tidak terlalu manis jadi bisa balance sama rasa kejunya. Kejunya juga nggak kering. Ini yang saya suka.

Ketiga varian ini dilengkapi tanggal kadaluwarsa di packaging-nya. Dan perlu diketahui expired date sangat singkat sekitar 5 hari. Bagusnya berarti tanpa bahan pengawet. Tapi agak riskan kalo dikirim yang butuh waktu lama, bisa kue sampai dalam keadaan tidak baik. Mungkin ekspedisi khusus atau nitip temen atau saudara yang ke Surabaya.



Ternyata dengan mengeluarkan varian baru yang sudah tidak lagi memakai pastry seperti varian Surabaya Snowcake sebelumnya, tetap membuat kue kak Zaskia eksis lho, buktinya sekarang sudah buka outlet cabang di Jalan gubeng 53 Surabaya. Namun saya juga pernah tahu mereka juga jual di Royal Plaza Surabaya. Jadi, sudah mudah buat beli cake ini.


SSC yang saya paling suka adalah varian CHEESE. Pokoknya keju sangat sangat istimewa buat saya. Hehee... Nah, buat kalian pencinta cake wajib cobain tiga varian atau varian favorit kalian dari SSC ini. Buat tahu varian lainnya kalian bisa ikuti akun instagram @ssccake. Sekian review dari saya, semoga membantu.

4 comments :