Friday, 3 August 2018

Waspada Investasi Bodong, Ketahui Hal ini Sebelum Berinvestasi

Ganti dengan “


Banyak orang beranggapan ngapain sih investasi? Kan saya masih ada uang simpanan. Hemm, sama kok saya juga berpikir demikian awalnya. Pada masa produktif seperti sekarang ini justru masih jauh pikiran saya untuk berinvestasi. Alasannya pun beragam, masih bisa dipikir nanti, nggak ngerti konsep investasi dan takut salah masuk di investasi bodong.


Sejak kecil, saya hanya diajari untuk menabung. Tak heran, setiap ada model celengan baru pasti saya selalu memilikinya. Mulai dari yang bentuknya ayam, kelinci, hingga yang ada gemboknya. Namun, hasilnya nihil. Setiap kali butuh sesuatu, celengan itu selalu saya korek bahkan dipecahkan. Itu artinya, menabung di celengan juga bukan solusi untuk membuat uang kita tetap awet.

Pada zaman masuk kuliah, akhirnya saya membuka rekening bank dan sudah berniat menabung. Karena zaman makin canggih dan mata tidak bisa tertutup kalau ada barang bagus di online shop akhirnya transfer sana transfer sini seenaknya. Alhasil, saldo terkuras tak berjejak. Dan memang benar, menabung di Bank hanya melindungi nilai uang kita dari inflasi. Uang yang ada di tabungan pun terpotong biaya administrasi.



Akhirnya saya berpikir lagi, apakah ini faktor boros saya atau faktor lainnya. Saya pun memutuskan ingin berinvestasi. Minggu lalu saya ikut acara Kopdar Investarian. Tentunya sangat senang karena memang ingin mengenal lebih lagi dengan Reksa Dana. Dan mulailah berkenalan dengan Reksa Dana.

Apa sih Reksa Dana?

Reksa Dana merupakan program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi).



Lalu, apa itu Manajer Investasi?

Awalnya saya mengira bahwa Manajer Investasi adalah orang, padahal bukan. Manajer Investasi yaitu sebuah perusahaan. Manajer Investasi tepatnya suatu perusahaan yang berfungsi untuk mengelola berbagai jenis investasi yang ada. Biasanya, badan usaha ini memiliki nama seperti Investment Management, Asset Management, Manajemen Investasi, dan lain-lain.

Salah satunya Manajer Investasi adalah Manulife Asset Management Indonesia atau biasa disebut dengan MAMI. Manajer Investasi inilah yang nantinya mengelola investasi Reksa Dana di pasar uang, saham atau surat utang. Mereka juga yang menentukan komposisi saham apa yang dibeli.

PT Manulife Asset Manajemen Indonesia ini sudah 19 tahun beroperasi di Indonesia, dan memiliki tim investasi yang berpengalaman, rata-rata 12 tahun. TOP 3 Manajer Investasi terbesar di Indonesia, juga memiliki produk investasi syariah.

Macam-Macam Reksa Dana

Reksa Dana Pasar Uang : reksadana yang paling tepat untuk pemula, jangka waktu yang disarankan adalah  kurang dari satu tahun. Potensi hasil dan fluktuasi cenderung stabil. Bisa dibeli mulai dari 10.000 dan dapat dicairkan kapan saja.

Reksa Dana Pendapatan Tetap yang minimal 80% obligasi. Potensi hasil dan fluktuasi rendah.

Reksa Dana Campuran, yaitu porsi obligasi dan saham lebih seimbang. Potensi hasil dan fluktuasi sedang.

Reksa Dana Saham, jenis ini potensi hasil dan fluktuasi tinggi. Jika sudah paham benar investasi bisa menggunakan jenis ini.

Dari banyak macam Reksa Dana, saat ini kita bahas Reksa Dana pasar uang yang cocok untuk pemula. Jika baru pertama kali berinvestasi seperti saya, investasilah sedikit dulu, pantau pergerakan investasi. Lambat laun akan paham dan bisa berinvestasi di instrumen lainnya. Saat berinvestasi di Reksa Dana, dana kita akan dibelikan “unit” Reksa Dana.


Selanjutnya, nilai investasi kita akan naik turun seiring dengan harga unit Reksa Dana. Satu unit bisa ditukar dengan unit lainnya dan kita bisa jual. Kita juga bisa mencairkan, saat nilai unit kita berkembang cukup banyak, boleh dicairkan. Beli unit menggunakan harga sekarang, dan saat pencairan, menggunakan harga saat pencairan.

Asiknya Reksa Dana Manulife

Edukasi

Seluruh interaksi yang dilakukan dengan investor dan calon investor didasarkan pada edukasi.

Hemat Biaya

Reksa Dana Manulife ini tidak membebankan biaya pembelian. Maka, 100% dana investor menjadi modal investasi, tida ada potongan.

Lebih Nyaman Ada LANI

LANI merupakan layanan Investasi MAMI yang siap membantu kita setiap hari. Jam operasional LANI dari pukul 08.00-22.00 WIB, baik melalui telepon, email, bahkan live chat. Hal ini juga yang sangat saya suka. Pertama saya daftar saya salah mengisi alamat tinggal, beberapa menit kemudian LANI menelepon saya dan memberitahu apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Sungguh memuaskan pelayanan semacam ini.

Online aja lho!

Investor dapat melakukan proses transaksi dan memonitor pertumbuhan investasinya kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan online di klikMAMI.com




Facebook: Reksa Dana Manulife
Instagram: @reksa.dana.manulife

Twitter: @ManulifeRD

4 comments :

  1. Yang paling menarik adalah bisa lewat online saja, cocok banget buat yang gak punya banyak waktu mikirin dan ngurus investasinya :)

    ReplyDelete
  2. kita memang harus cerdas memilih investasi ya mbak... jangan sampai terjadi hal-hal yang nggak diinginkan

    ReplyDelete