Jumat, 02 Juni 2017

TUTORIAL KIRIM KARYA KE MEDIA




Holla, kali ini saya akan berbagi langkah-langkah kirim karya ke media. Mungkin beberapa orang masih sering bertanya. Puisi yang dikirim harus berapa, perlu tidak surat pengantar, atau pertanyaan urutannya apa saja sih? Agar tidak lagi muncul pertanyaan demikian maka saya menuliskannya di sini.



Sebelum mengirim naskah ke media massa tentu hal utama dan pertama-tama kalian siapkan yaitu naskah terlebih dahulu secara matang—minimal mengedit ejaan. Setelah siap, silakan ikuti tutorial berikut:

1. MENYIAPKAN NASKAH

SAJAK-SAJAK: NAMA PENULIS

JUDUL 1
JUDUL 2
JUDUL 3
JUDUL 4
JUDUL 5
BIODATA SINGKAT PENULIS NARATIF *)

Kak kok saya pernah baca kakak kirim 10 puisi ke media?
Iya, minimal 5 puisi bisa lebih. Saya kirim 10 biasanya ke media nasional/ media besar saja, alasannya agar tim kurator memiliki banyak pilihan puisi untuk dimuat. Itu saja. Jadi misal kalian kirim 6 atau 7 atau 8 juga bisa. Ini berdasarkan pengalaman ya.

Untuk pengiriman sajak/puisi, biasanya media menyarankan kepada para penulis untuk mengirim minimal 5 judul sekaligus. Dari lima judul tersebut biasanya akan diseleksi ulang sebelum diterbitkan. Bisa jadi hanya beberapa judul saja yang diterbitkan setelah melewati proses tersebut.


Begitu pula dengan naskah cerpen, esai, atau karya-karya lainnya.
*) Jangan lupa melampirkan nomor telepon, NPWP (jika sudah punya), dan Nomor Rekening.

2. MENULIS KATA PENGANTAR EMAIL

Setelah naskah dijadikan dalam satu file MS. Word, silakan tulis pengantar ini di badan email—bukan di bagian lampiran.

Kepada Yth.
Dewan Redaksi (Kurator)
di Tempat

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Salam Sejahtera.
Dengan ini saya bermaksud mengirimkan karya saya kepada pihak Bapak/Ibu Redaktur (Kurator) untuk ditindaklanjuti, dikoreksi, dan dipublikasikan. Besar harapan saya untuk bisa dimuat atau dipublikasikan pada rubrik yang Bapak/Ibu kelola.

Demikian surat ini saya kirimkan. Ada kurang lebihnya, atau segala sesuatu yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih.


Salam.
NAMA PENULIS
ALAMAT PENULIS

3. KIRIM KE MEDIA MASSA

Setelah isi naskah disusun secara rapi, diedit, dan siap kirim ke media, silakan menentukan ke mana naskah tersebut ingin dikirimkan. Adapun alamat media massa bisa dibaca di sini: ALAMAT EMAIL MEDIA YANGMENERIMA KARYA

Selamat mencoba! Semoga berhasil.


5 komentar :

  1. Woaaa tfa Mba sangat bermanfaat sekali, salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Holla, sama-sama.Salam kenal ya... enjoy in my blog

      Hapus
  2. yang biasanya nerima karya cerpen remaja itu media majalah mana ya kak?? btw salam kenal ya ...

    BalasHapus
  3. Salam kenal kak.. Maaf mau tanya. Untuk kelima puisi itu dijadikan dalam satu file word apa per file ya kak? Terima kasih..

    BalasHapus