Minggu, 26 Juli 2020

5 Rekomendasi Kuliner Unik dan Autentik Khas Madura yang Bikin Nagih



Menurut kalian, kuliner khas apa sih yang identik dengan Madura? Pasti jawabannya Sate Madura. Nah, coba kalian perhatikan, di setiap kota maupun daerah di Indonesia pasti terdapat penjual yang menyajikan kuliner khas Madura tersebut.  Eits, namun jangan salah, faktanya selain Sate, Madura juga memiliki kekayaan kuliner yang tentunya bakal menggoyang lidah kamu lho.

Berkunjung ke daerah yang dijuluki Pulau Garam ini, memang kurang lengkap bila tidak mencicipi kulinernya. Bila kalian tertarik untuk mendapatkan sensasi yang berbeda selain Sate Madura, kuliner unik dan autentik khas Madura ini bisa menjadi pegangan yang tepat, dijamin bikin nagih.

1. Rujak  Soto Khas Bangkalan Madura

sumber: tempo.co

Biasa disebut gado-gado, lotek, atau Naruto (nasi rujak soto). Uniknya, rujak bumbu kacang yang kental ini disiram dengan kuah soto khas Madura. Bagi warga Surabaya, menu ini mirip seperti rujak cingur yang berbumbu dasar kacang tanah dan petis. Karena dua perpaduan yang berbeda, kuliner satu ini juga disebut rujak selingkuh.

Tak ketinggalan Rujak Soto biasanya juga dilengkapi dengan lontong sebagai pengganti nasi. Kalian yang doyan pedas juga bisa menambah level pedas sesuai selera.  Udah kebayang kan rasanya gimana? Cita rasanya dijamin beda. Sensasi manis, asin, gurih, dan pedas berbaur jadi satu. So pasti nyumi banget di lidah dan tentu murmer di kantong pelajar.

2. Kaldu Kokot Khas Sumenep

sumber: Fimela.com

Rekomendasi kuliner unik dan autentik khas Madura yang tak kalah adalah Kaldu Kokot. Apa jadinya kalau kokot atau kikil sapi dicampur dengan kacang hijau? Dapatkan rasa yamg berbeda dari perpaduan daging berisi kikil, kaldu kokot yang dimasak dengan bumbu rempah, tambahan lontong, serta perasan jeruk nipis yang pasti semakin menggugah selera.

Apa yang beda? Penyajian kaldu kokot berbeda dengan soto kokot lho sobat. Soto kokot tidak memakai campuran kacang hijau, sedangkan kaldu kokot disantap dengan rebusan kacang hijau. Tak ketinggalan bumbu sambal petis dan kacang ulek. Hmm makin ngiler kan?

3. Kuliner Ekstrem Soto Mata Sapi

sumber: idntimes

Mau coba kuliner soto dengan sensasi yang berbeda? Soto dengan mata sapi beneran lho sobat, mata sapinya juga masih utuh dibalut oleh tulang. Hal unik lainnya, kuah sotonya berwarna merah karena selain menggunakan rempah-rempah juga dominan menggunakan cabe merah yang dihaluskan. Merebus rempahnya juga tidak sebentar, bisa sampai lima jam sehingga tekstur kuah lebih pekat dan kental.

Soto mata sapi disajikan dengan fillet daging sapi, kecambah, dan topak, sejenis lontong namun dibungkus dari daun kelapa. Tak ketinggalan juga diberi perasan jeruk, bawang goreng, juga irisan cabe. Mantul.

4. Topak Ladeh Bangkalan

sumber: Cookpad

Makanan khas satu ini selalu ada saat lebaran, namun cara buatnya tidak segampang perkiraan. Topa’ Ladeh kaya akan bumbu dan cara memasaknya pun cukup sulit. Topa’Ladeh adalah makanan berkuah yang berasal dari jeroan dan telur sapi yang dikukus terlebih dulu sampai empuk dan digoreng.

Hal unik lainnya, terdapat potongan kacang panjang dan sayur pepaya muda sudah dikukus lalu diikat dengan tali janur. Umumnya, Topa’ Ladeh disajikan dengan bubuk jagung serta sambal urap.

5. Soto Sabrang Khas Madura

sumber: masakanlezat.wordpress.com

Apa yang unik dari Soto Sabrang dibanding soto lainnya? Selain babat dan usus sapi, Soto Sabrang ini dicampur di mie soun. Yang bikin unik, di dalam Soto Sabrang terdapat potongan singkong yang sudah dikukus sobat. Jadi rasanya lebih gurih dan nendang pastinya.

Nah, itulah 5 Rekomendasi Kuliner Unik dan Autentik Khas Madura Dijamin Bikin Nagih. Tertarik nyoba kuliner yang mana nih sobat?




0 komentar :

Posting Komentar