Rabu, 08 Desember 2021

7 Jenis Album KPop Paling Populer, KPopers Wajib Tahu!

7 Jenis Album Kpop

Annyeong KPopers! Jenis album musik KPop pasti menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, album musik membuat KPop terasa semakin spesial. Hal ini karena desain album yang cantik dan berbeda dengan album musik secara umum. Karena di dalam album, KPopers akan mendapatkan CD lagu, poster, photocard, dan photobook. 

Gak heran jika para KPopers (termasuk saya) rela menabung untuk bisa membeli album grup idol kesayangan mereka. Belum lagi jika salah satu bias kesayangan merilis album terbaru. Meski harganya cukup mahal, tapi hal itu gak akan menjadi masalah karena isinya yang unik dan menarik dalam album.

Jenis Album Musik KPop

Ternyata, ada beberapa jenis album yang biasanya dirilis oleh para idol KPop, lho. Hal inilah yang semakin membuat album terasa begitu unik. Namun, masih banyak yang bingung dalam membedakan jenis setiap albumnya. Nah, berikut beberapa jenis album yang biasanya dikeluarkan untuk KPopers.

1. Mini Album

Twice - 8th Mini Album: Feel Special

Salah satu jenis album yang bisa kamu temukan adalah mini album. Bisa dibilang, jenis ini adalah jenis paling umum di kalangan KPopers dan biasanya banyak dirilis oleh idol KPop.

Selain itu, jenis album tersebut biasanya dikeluarkan saat grup idol memulai debut. Namun, bukan berarti grup yang sudah lama debut gak boleh mengeluarkan mini album.

Jenis mini album akan mengambil konsep full dari album sebelumnya. Dalam mini album, biasanya terdapat beberapa lagu di dalamnya. Lagu tersebut kisaran 5-7 dengan berbagai genre musik di dalamnya.

Selain itu, lagu yang terdapat dalam mini album biasanya terdiri dari intro dengan durasi satu menit, lagu ballad, dan versi instrumental dari title track.

Di antara beberapa lagu yang ada dalam mini album, grup idol hanya akan mempromosikan 2 buah lagu saja di berbagai acara musik. Meski namanya mini album, bukan berarti bentuknya kecil. 

Akan tetapi bentuknya gak sebesar Full Album atau jenis Repackaged Album. Selain lagu, mini album juga berisi lirik lagu, photocard, dan kumpulan foto para idol. Jika dilihat dari segi harga, mini album bisa didapatkan di bawah Rp400.000.

2. Full Album


Jenis album musik KPop yang sering ditemukan adalah full album. Biasanya, album ini akan dikeluarkan oleh grup idol yang comeback. Jika dilihat dari segi kualitas, full album terbilang sangat bagus dan keren. Hal ini karena isinya lebih totalitas dibandingkan kehadiran mini album. 

Dalam jenis album ini, kamu bisa menemukan 10-16 lagu di mana hanya mempromosikan 2 lagu saja di acara musik. Minimal lagu yang terdapat di dalam album ini adalah 8.

3rd Full Album GOT7 "PRESENT: YOU" 

Setelah comeback full album, biasanya grup idol akan melakukan tur konser setelah masa promosi berakhir. Namun, ada juga yang melakukannya di sela-sela promosi masih berlangsung. 

Jenis album ini dibuat dengan bentuk fisik yang lebih spesial. Bahkan, untuk foto idol pun terasa lebih lengkap dan variatif. Dalam full album, kamu bisa menemukan sebuah photocard dari salah satu anggota grup. 

Akan tetapi, ada juga agensi KPop yang melakukan produksi dengan memberikan banyak photocard. Selain itu, ada juga voucher streaming di Genie yang bisa dimanfaatkan oleh KPopers seumur hidup.

3. Repackaged Album

3rd Album Repackage NCT127 "Favorite"

Repackaged album adalah salah satu jenis album musik KPop yang sering diincar oleh para KPopers. Pasalnya, jenis album tersebut mempunyai banyak sekali lagu di dalamnya. Repackaged album seringkali disamakan dengan full album. Padahal, keduanya mempunyai konsep yang berbeda.

Bisa dibilang, repackaged album hanya pelengkap dari jenis full album saja. Semua lagu yang terdapat dalam repackaged bisa ditemukan dalam full album.

Namun, yang membuat repackaged album berbeda karena ada tambahan 1-3 lagu di dalamnya. Tentunya, lagu tersebut gak bisa ditemukan pada full album.

Selain itu, jenis album ini terasa lebih spesial karena bentuknya yang lebih menarik. Sering kali KPopers menyebut repackaged album sebagai special album.

Jenis album ini pun kemunculannya hanya di waktu tertentu saja. Grup idol hanya akan mempromosikan title track di acara musim.

4. Kihno Album Version

Kihno Album NCT 2020 "RESONANCE"

Jenis album musik KPop yang wajib diketahui oleh para KPopers adalah kihno album version. Jenis album ini adalah album khusus dari salah satu versi mini atau full album. Namun, gak sedikit yang salah menyebut kihno album sebagai reguler album. 

Padahal, reguler album adalah album versi yang biasanya dijual oleh grup idol dan isinya sama seperti album umumnya. Sementara isi dari album kihno adalah kihno atau muz kit, PC, dan kertas petunjuk cara pemakaian muz kit. Uniknya, dalam album tersebut gak ada CD. Sebagai gantinya, tersedia secara digital.

Hal ini karena kihno kit mempunyai fungsi untuk menyimpan semua lagu yang ada dalam album. Selain itu, kihno kit juga berisikan semua PC dalam bentuk digital.

KPopers harus mengunduh aplikasi Kihno Player untuk bisa mengoperasikan kihno kit. Jika sudah, tinggal mencolokkan kihno kit ke smartphone untuk bisa mendengarkan lagu atau melihat foto.

Album ini mempunyai masa expired selama satu tahun dan biasanya para KPopers membelinya sebagai pelengkap koleksi album idol kesayangan.

Salah satu keuntungannya adalah bisa dibawa ke mana-mana dan tinggal dicolok ke smartphone saja. Bisa dibilang, jenis album ini baru dilakukan oleh para musisi KPop saja.

5. Single Album

Lisa First Single Album "LALISA"

Banyak KPopers yang menyamakan single album dengan mini album. Padahal, kedua jenis album musik KPop ini jelas berbeda. Biasanya, single album berisikan gak lebih dari 4 lagu. Tentunya lebih sedikit jika dibandingkan dengan mini album. Paling sering hanya berisikan satu atau dua lagu saja. 

Bentuk album satu ini biasanya lebih kecil dibandingkan dengan full album. Biasanya, single album yang mengeluarkannya adalah soloist atau salah satu anggota grup KPop yang menjadi soloist. Bentuknya pun fisik dan bisa diperjualbelikan di pasaran.

6. Solo Album

Baekhyun Solo Album

Salah satu jenis album musik KPop yang banyak diminati oleh KPopers adalah solo album. Jenis album ini menjadi opsi bagi member grup KPop untuk menunjukkan kemampuan dalam bermusik. Selain itu, tentunya idol akan lebih bebas dalam mengekspresikan warna musik dan karakternya.

Jenis album ini juga terkadang menjadi persembahan idol kepada para penggemar yang sudah mendukung mereka. Namun, ada juga yang idol yang memberikan karyanya sebagai hadiah perpisahan.

Salah satu contohnya adalah idol pria yang akan menjalankan wajib militer. Biasanya, mereka akan merilis solo album sebagai hadiah perpisahan untuk KPopers.

7. Digital Single Album

Digital Single Album IU "BBIBBI"

Digital single album adalah jenis album musik KPop yang hanya berisikan satu buah lagu saja. Jenis album ini tersedia dalam bentuk digital dan gak dirilis di pasaran dengan bentuk fisik. Biasanya, grup idol atau artis yang berasal dari agensi kurang terkenal akan merilis album ini.

Alhasil, digital single album menjadi persembahan para artis idol saat akan debut atau comeback. Dengan kata lain lagu mereka bisa ditemukan di streaming.

Selain digital single album, ada jenis digital album. Digital album biasanya akan berisikan 2 buah lagu saja dengan maksimal 4 lagu. 

Sebenarnya masih banyak jenis album musik KPop yang bisa diketahui. Namun, jenis tersebut sangat jarang sekali dirilis oleh grup idol. Sementara di atas adalah jenis album yang sering dirilis dan populer di kalangan KPopers. Kalau kamu sendiri lebih suka album mana nih?



1 komentar :

  1. Album kpop juga ada jenisnya ternyata, baru paham, Setahuku beli satu album ini bisa nguras kantong selama satu bulan :)

    BalasHapus