Tuesday, 20 March 2018

Tips Teknik Fotografi Flat Lay Ala Chelsheaflo

Ganti dengan “


Dalam era digital seperti saat ini kita dituntut bisa mengambil gambar baik dengan kamera professional maupun kamera dari smartphone masing-masing. Apalagi, untuk seorang blogger, selebgram maupun orang-orang yang bergerak di bidang media sosial hal ini tergolong cukup penting. Karena selain bisa menambah engagement juga agar terlihat menarik saat orang lain membuka media sosial kita.

Kamu pernah dengar istilah teknik fotografi flat lay? Sebenarnya, kamu pasti sering mempraktikkan teknik fotografi ini, apalagi kalau sedang motret hidangan makanan atau suatu produk. Sejak Instagram makin berkembang, teknik fotografi ini juga ikutan jadi tren.

Menurut Discover Digital Photography, Flat Lay adalah gaya fotografi dengan cara membidik beberapa objek, baik makanan, produk, dan lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Objeknya itu sendiri diletakkan di permukaan datar (flat) di permukaan yang menghadap ke kamera. Biasanya teknik fotografi ini dipakai untuk memperindah feed Instagram.

Namun banyak yang tidak tahu teknik flat lay yang akan dilakukannya. Nah, kebetulan sekali minggu lalu saat acara Soiree 5 Surabaya Beauty Blogger, satu diantara member berbagi tips flat lay yang telah didapatnya di bangku perkuliahan. Siapa yang berbagi tips ini? Yup, Chelsheaflo akan mengupas satu per satu tips flat lay. Dan berikut sudah aku rangkum sedemikian rupa untuk pembaca semua. Tips fotografi flat lay yang harus diperhatikan adalah:

     1.      Proporsi

Dalam teknik fotografi Flat Lay, kamu nggak bisa meletakkan objek foto begitu aja, kamu harus mengatur objek tersebut sedemikian rupa biar teratur dan menunjukan keindahan. Objek boleh ditata rapih ataupun berantakan, asal dengan proporsi yang tepat. Memang sedikit repot, tapi hal ini bisa menghasilkan hal yang indah.

Objek bidikan kamu bisa berada di tengah frame atau bahkan memenuhi frame, atau bahkan condong ke suatu sisi, semuanya bisa dikreasikan sesuai keinginan kamu, yang terpenting memperhatikan proporsinya. Teknik emphasizing adalah cara untuk menonjolkan beberapa objek yang akan kamu tonjolkan. Namun saran dari Chelshea adalah lebih baik untuk pemula objek diletakkan di tengah sebagai titik fokus. Jika kamu ingin produk-produk lain sebagai pendamping boleh saja, asal satu objek saja yang kamu tonjolkan, sedang yang lain sebagai background (terlihat sebagian saja).

     2.      Natural Light

Pencahayaan menjadi hal yang penting saat motret. Namun untuk hasil yang bagus gunakan natural light yaitu sinar matahari. Paparan cahaya yang alami adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan yang alami pula. Kamu bisa mengambil gambar mulai pukul 7 pagi hingga sebelum matahari terbenam. Manfaatkan arah datangnya cahaya misalnya jendela. Ambil foto sesuai arah datangnya cahaya, jangan sebaliknya.

Hindari memotret Flat Lay pada lokasi yang terlalu gelap. Sinar lampu di suatu tempat bisa digunakan, tapi tergantung pada kualitas kamera biar nggak menghasilkan noise. Kamu juga jangan menggunakan cahaya lampu berwarna kuning, gunakan cahaya yang putih untuk hasil yang bagus.

     3.      Bermain Bentuk

Bermainlah dengan bentuk objek. Terutama bentuk-bentuk yang terekspos dari atas karena hal ini akan mempengaruhi komposisi dari foto flat lay. Jadi meskipun dengan alas sederhana, misal hanya dengan meja tapi kamu bisa mencari bentuk yang unik yang bisa ditangkap. Misalnya dengan memanfaatkan bagian ujung meja sehingga tersisa space yang memberi bentuk. Simpel, bukan?



      4.      Packaging

Nah, kalau untuk foto produk makeup pastinya ada packaging box-nya, box tersebut bisa kamu manfaatkan untuk bahan foto. Sehingga hanya dengan box dan produknya saja cukup tanpa harus mencari property lain yang jauh lebih menyulitkan, meribetkanmu deh pokoknya.

    5.      Flash Kamera/Senter/Lampu

Ini adalah alternative terakhir guys, jika pencahayaan redup atau saat malam hari. Misalnya sudah kejar Deadline dan memang super diharuskan foto, maka alternatifnya adalah dengan pencahayaan tambahan dari lampu, flash hp maupun senter. Namun penggunaannya bukan dengan mengarahkan sumber cahaya itu dekat dengan produk ya, karena justru akan membuat cahaya tidak merata. Bagaimana agar merata? Caranya dengan meletakkan sumber cahaya sejajar dengan alat yang kamu gunakan memotret (Hp/kamera). Dengan demikian cahaya akan tersebar dan foto kamu bisa seimbang antar bagian yang mendapatkan cahaya.

Oh, iya ada tips lain dari Ce Chelshea yaitu hindari penggunaan property bunga palsu yang sangat jelas seperti palsu.


Oke, itulah Tips Teknik Fotografi Flat Lay ala Chelsheaflo yang semoga bisa membantu kita saat membuat foto flat lay ya. Semoga bermanfaat. 

0 comments :

Post a Comment