Selasa, 20 Agustus 2019

Pengalaman Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bareng Veteran



Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI tidak hanya dengan perlombaan, tapi juga dengan mengenang jasa pahlawan. Pagi yang sangat cerah saya berangkat ke Taman Makam Pahlawan yang ada di Jalan Meyjen Sungkono Surabaya bersama para veteran.


Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Novotel Samator Surabaya Timur melakukan serangkaian kegiatan baik di dalam maupun di luar lingkungan hotel, salah satu kegiatan tersebut adalah Bakti sosial & ziarah ke Taman Makam Pahlawan bersama Para Veteran Surabaya (15/08/2019).

Acara ini juga didukung oleh Komando Rayon Militer (Koramil) dan Polisi Sektor (Polsek) Rungkut. Hadir juga Chairuddin Langkat selaku General Manager Novotel Samator Surabaya Timur, Mayor Chb Suprianto selaku Danramil Rungkut, KOMPOL I Gede Suartika SH, MH selaku Kapolsek Rungkut, Para Veteran beserta istri, dan Jajaran anggota Koramil serta Polsek Rungkut.


Acara dimulai pukul 08.00 WIB berkumpul di Outdoor Lobby Lounge “de Deck” Novotel Samator Surabaya Timur, diawali dengan penyambutan kedatangan Para Veteran oleh Pak Langkat, Mayor Chb Surprianto dan Kompol I Gede, dibuka dengan snack dan kopi pagi kemudian sambutan awal kegiatan dan susunan acara oleh Pak Langkat. Tepat pukul 08.15 WIB semua beriring-iringan menuju Taman Makam Pahlawan, menggunakan delapan kendaraan yang sudah disediakan dari pihak Hotel, Koramil dan Polsek Rungkut. 



Tiba di Taman Makam Pahlawan, kegiatan diawali dengan Upacara Penghormatan kepada Arwah para Pahlawan yang dipimpin oleh Mayor Chb Suprianto, peletakan persembahan karangan bunga dan dilanjutkan dengan acara Tabur Bunga oleh semua Para Veteran dan semua peserta yang hadir di Taman Makam Pahlawan.

Acara tidak langsung selesai, rombongan kembali ke Novotel Samator Surabaya Timur untuk melanjutkan acara berbagi cerita dengan Para Veteran yang diwakili oleh Kolonel Purn. T. Warman dan AKBP Purn. Brimob H. Mohammad Karni. Beliau berbagi cerita bagaimana dulu berjuang dalam tugas di daerah konflik Timor-Timur.

“Untuk membentuk manusia-manusia yang akan datang harus betul-betul memiliki jiwa semangat yaitu pantang menyerah. Kita harus cepat agar bisa mengejar negara lain,” pesan AKBP Purn. Brimob H. Mohammad Karni.

Tujuan diadakan kegiatan Bakti sosial dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan bersama Veteram, Koramil dan Polsek rungkut ini adalah selain untuk mengenang dan menghormati jasa Para Pahlawan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 juga untuk memupuk tali silaturahmi, mempererat persaudaraan Novotel Samator Surabaya Timur dengan Warga Surabaya dan Lingkungan sekitarnya.



Sudah seharusnya kita sebagai generasi muda mengetahui kepahitan saat para veteran berjuang mempertahankan NKRI dari negara-negara asing. Dengan begitu, kita bisa memaknai kemerdekaan ini dengan ketulusan dan jiwa semangat persatuan.

Harian Surya 21 Agustus 2019


2 komentar :