Selasa, 06 April 2021

10 Peluang Pekerjaan Freelance Bisa Dikerjakan dari Rumah

Pekerjaan Freelance/sumber: Freepik


Peluang pekerjaan freelance
tentu sangat diperlukan bagi semua orang yang terdampak pandemi. Kondisi yang tidak terduga ini membuat keterbatasan ruang gerak, sehingga memaksa semua orang untuk beradaptasi. Adaptasi bisa ditandai dengan munculnya berbagai jenis pekerjaan baru yang menghasilkan pendapatan lumayan. 

Meski penghasilan yang didapatkan tidak sebesar gaji di perusahaan, namun lumayan untuk membuat kehidupan lebih baik. Berikut ini jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan dengan penghasilan lumayan selama masa pandemi.


Penulis Lepas

Penulis Lepas/sumber: Freepik


Peluang pekerjaan freelance yang bisa dilakukan saat pandemi yaitu penulis lepas. pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang memiliki kemampuan dasar menulis dan ingin bekerja dari rumah. Selain bisa mendapatkan penghasilan, pekerjaan sebagai penulis lepas juga bisa dilakukan di mana saja tanpa harus bertatap muka. 

Cara menjadi penulis lepas bisa dilakukan dengan mendaftar di berbagai situs pekerjaan freelance atau penyedia jasa kepenulisan. Terdapat berbagai jenis pekerjaan sebagai penulis yang biasanya ditawarkan antara lain script writing, content writing, dan review. 

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan tulisan di situs media online yang menerima tulisan dari penulis lepas. Jika dilakukan dengan konsisten, menjadi penulis lepas juga bisa mendapatkan penghasilan lumayan setiap bulannya. 


Copywriter

Copywriter Instagram/sumber: Freepik


Peluang pekerjaan freelance selanjutnya yaitu menjadi copywriter. Copywriter adalah tulisan yang berfokus pada pemasaran. Sama seperti bekerja sebagai penulis lepas, dalam pekerjaan copywriting kamu harus bisa menulis dengan baik. Biasanya copywriter menuliskan tentang produk atau jasa agar bisa menarik calon pembeli. 

Agar bisa menarik calon pembeli, pastikan semua tulisan yang dibuat relevan dan tidak berlebihan dalam menawarkan produk atau jasa. Selain itu, copywriting yang baik juga memenuhi optimasi SEO, sehingga lebih mudah ditemukan di halaman utama mesin pencari. 

Banyaknya bisnis online yang mulai menjamur, tentu membuat profesi sebagai copywriter banyak dibutuhkan. Sehingga menjadi copywriter adalah pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama pandemi. Jika dilakukan secara rutin dan dikerjakan dengan profesional, pekerjaan ini bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan setiap bulannya.

Sama seperti penulis lepas, menjadi copywriter juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus bertatap muka. Meski terlihat fleksibel, namun menjadi copywriter juga harus konsisten dan mampu bekerja secara profesional sesuai tenggat waktu. 


Digital Marketing Officer

Digital Marketing/sumber: Freepik 


Digital marketing officer menjadi peluang pekerjaan freelance tepat di masa pandemi sekarang ini. Banyaknya bisnis kecil hingga menengah di Indonesia, tentu memerlukan digital marketing untuk memasarkan produk.

Pekerjaan yang dilakukan pun cukup mudah, karena kamu hanya menjadi admin media sosial perusahaan atau memasarkan iklan melalui online. Meski cukup mudah, namun pekerjaan ini juga memerlukan ketelitian dan kemampuan untuk membangun branding. 

Selain itu, pastikan semua konten yang dibuat bisa menarik minat calon pembeli. Jika bekerja secara konsisten, tentu pekerjaan ini bisa menghasilkan uang yang cukup fantastis setiap bulannya.


Konsultan Bisnis

Pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di masa pandemi yaitu konsultan bisnis. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang expert dalam mengelola bisnis. Konsultasi bisnis biasanya bertugas menyediakan strategi pengembangan bisnis bagi korporasi atau perusahaan. 

Selain itu, menjadi konsultan juga harus memberikan solusi atas masalah yang berkaitan dengan bisnis. Pekerjaan ini tentu tidak mudah dilakukan karena memerlukan jam terbang tinggi agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Namun jika dilakukan dengan profesional, pekerjaan ini menghasilkan pendapatan yang lumayan setiap bulannya. 


Penerjemah dan Juru Bahasa

Peluang pekerjaan freelance selama pandemi yaitu menjadi penerjemah dan juru bahasa. Sekarang ini banyak orang yang ingin menulis jurnal internasional namun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa. Sehingga bagi kamu yang menguasai berbagai bahasa internasional, pekerjaan sebagai penerjemah dan juru bahasa tentu menjadi pilihan tepat. 

Cara menjadi penerjemah dan juru bahasa bisa dilakukan dengan bergabung di situs freelance. Selain itu, memasarkan bisnis melalui blog dan menyebarkannya di media sosial juga menjadi pilihan tepat agar lebih mudah mendapatkan klien. kamu bisa menerjemahkan berbagai jurnal ilmiah, dokumen, literatur, dan lain sebagainya.


Bisnis Online

Bisnis online menjadi peluang pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di masa pandemi. Bahkan bisnis online menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan penghasilan lumayan setiap bulannya. Cara memulai bisnis online bisa dilakukan dengan mendaftar di e-commerce atau bisa memasarkan produk melalui media sosial. 

Selain bisnis online, kamu juga bisa menggunakan bisnis dropship sebagai pekerjaan freelance di masa pandemi. Bisnis ini bisa dilakukan secara online dengan membuka toko di situs e-commerce atau berjualan di media sosial. Cara kerja bisnis dropship cukup mudah, karena tidak memerlukan modal untuk memberi barang. 

kamu hanya perlu menghubungkan pembeli dengan produsen dan mendapatkan uang dari transaksi. Bisnis dropship cukup mudah dijalani, bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Namun yang terpenting kamu harus mampu memasarkan produk setiap saat secara online dengan promosi menarik. 


Konsultan SEO

Peluang pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di masa pandemi selanjutnya yaitu menjadi konsultan SEO. Semua orang pasti ingin membuat konten seperti blog, website, dan Youtube menjadi lebih menarik. 

Namun tidak semua orang memahami adanya optimasi SEO yang sangat penting untuk perkembangan konten. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjadi konsultan SEO, sehingga membuat konten menjadi lebih menarik. 


Marketing Strategist

Jika konsultan bisnis bertugas memberikan solusi dan nasihat untuk pengembangan bisnis, maka, marketing strategist memiliki pekerjaan yang lebih spesifik. Biasanya marketing strategist memiliki tujuan untuk menyusun perencanaan pemasaran digital. 

Tanpa perencanaan yang baik maka bisa membuat bisnis mengalami penurunan dan sulit berkembang. Sehingga dengan adanya peran marketing strategis maka bisa membuat strategi marketing secara tepat dan tepat sasaran. Biasanya marketing strategist inilah yang memiliki strategi penjualan dengan menuliskan copywriting. 


Bisnis Konten dan Pengembangan Web

pengembang web/sumber: Freepik


Perkembangan teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan bisnis seperti sekarang ini. Banyak perusahaan yang memerlukan web maupun konten untuk mengembangkan bisnisnya dan menarik calon pembeli. 

Kesempatan ini bisa dijadikan peluang pekerjaan freelance selama pandemi. Kamu bisa menawarkan jasa pengembangan web dan penyedia konten untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 


Buat Konten Video Youtube

Youtuber


Youtube menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama pandemi. Kamu bisa membuat berbagai konten dan mengunggahnya di Youtube. Agar bisa mendapatkan uang, pastikan memonetisasi video dengan mengenakan biaya langganan. 

Selain itu monetisasi juga bisa dilakukan dengan memasang iklan yang difasilitasi oleh Youtube. Pastikan membuat konten yang menarik dan menggunakan optimasi SEO, sehingga video Youtube bisa berada di halaman teratas mesin pencarian. 

Terdapat berbagai peluang pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di masa pandemi, mulai dari menjadi penulis lepas hingga menjadi content creator. Jika dilakukan dengan maksimal, pekerjaan di atas bisa menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan. Selain itu, pekerjaan di atas juga tidak memerlukan tatap muka sehingga bisa dikerjakan dari rumah. 


0 komentar :

Posting Komentar