Friday, 26 May 2017

Produktif dan Fleksibel Saat Bekerja di Rumah

Ganti dengan “


Bekerja di rumah bisa jadi lebih nyaman atau malah sebaliknya. Tidak nyaman karena bisa jadi kesulitan membagi waktu antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Apalagi jika kamu tidak mempunyai perangkat teknologi yang cukup memadai untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Saat ini mulai banyak perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja di luar kota. Misalnya, kantor berada di Jakarta, tetapi kamu bekerja dari Surabaya ataupun Bali. Atau perusahaan yang memperbolehkan karyawannya bekerja di rumah sesuai dengan aturan yang berlaku di kantor. Meski berada di tempat yang berbeda, semua pekerjaan dan komunikasi antar karyawan dan bos tetap bisa berjalan berkat teknologi yang semakin cerdas.


Bekerja di dalam rumah memang sangat menyenangkan, kamu tidak perlu lagi terikat jam kantor dan bisa sekaligus mengurus pekerjaan rumah di sela-sela istirahat dari pekerjaan. Tetapi jika kamu tidak mengetahui tips dan trik agar tetap produktif bekerja di rumah, pekerjaan lain bisa jadi berantakan. Artikel ini membantu kamu agar lebih efisien dan produktif melakukan keduanya.

Membagi Waktu Antara Pekerjaan Lain dan Pekerjaan 

Rumah

Cara pertama yakni kamu harus bisa membagi waktu antara pekerjaan lain dan pekerjaan rumah. Walaupun kamu bekerja di rumah, kamu juga harus mempunyai jadwal yang tetap. Misalnya, kamu bangun jam lima pagi, kemudian mengerjakan pekerjaan rumah sampai pukul sembilan pagi. Setelah itu, kamu bisa kembali bekerja sampai siang atau sore hari. Intinya, pintar lah mengatur jadwal dan yang penting kamu harus disiplin menjalankannya. Karena jika tidak, kamu sendiri yang akan keteteran untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah.

Buat Jadwal untuk Esok Hari

Biasakanlah sebelum jam kerja berakhir, gunakan beberapa menit untuk membuat daftar tugas untuk hari selanjutnya. Ini akan membantu Anda untuk membuat prioritas tugas berikutnya, dan membantu mengirimkan sinyal ke otak Anda yang menandakan sudah saatnya beralih ke waktu pibadi sehingga bisa menikmati waktu bersama teman dan keluarga di luar jam kerja.

Baca juga

Ketahui Cara Atasi Kerugian Bekerja di Rumah


Gunakan Perangkat yang Menunjang Pekerjaan Kamu

Selanjutnya yaitu gunakan perangkat yang bisa menunjang pekerjaan kamu. Pilihlah perangkat yang kuat dalam menemanimu bekerja di rumah. Tidak banyak notebook yang memiliki fungsi bagus ketika kamu memutuskan untuk bekerja di rumah, tetapi notebook Acer One 10 ini bisa kamu andalkan untuk mobilitas bekerja di rumah. Kualitas Acer One 10 sudah tidak diragukan untuk membantu bekerja seharian dengan online di rumah. Perangkat ini memiliki Windows dan Ms. Office asli sehingga dalam membuat dokumen bisa lancar ibarat jalan tol.

Ciptakan Ruangan Sendiri untuk Menambah Konsentrasi

Selain kamu harus bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, kamu juga harus membuat ruangan sendiri untuk menambah konsentrasi bekerja. Jika kamu belum terbiasa untuk membawa pekerjaan di rumah, kamu akan sulit berkonsentrasi. Untuk itu, kamu perlu menciptakan mini kantor sendiri sebagai area bekerja.

Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Tips sukses yang terkhir adalah jangan lupakan waktu istirahat, karena beristirahat akan membuat Anda kembali segar dan siap untuk bekerja kembali. Anda tidak hanya akan menjadi lebih fokus, santai dan bahagia, tapi juga lebih produktif lagi dalam bekerja.


Disiplin

Bekerja di rumah itu sangat banyak godaannya, lho. Tidak percaya? Misalnya, ketika bekerja online, tiba-tiba tergoda dengan jejaring social dan berlama-lama chatting dengan teman, atau main game. Bahkan godaan untuk sekedar melihat-lihat dagangan di toko online dapat menghilangkan konsentrasi kerja. Sehingga membuat lupa waktu.
Untuk mengatasi itu semua, hanya ada satu cara yaitu disiplin tinggi. Ingatlah selalu bahwa kita sedang bekerja. Meskipun sedang berada di rumah, bukan berarti kita boleh seenaknya.

Demikian tips agar kamu bisa fleksibel dalam bekerja di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang memutuskan bekerja di rumah.





14 comments :

  1. Aku ga bisa kalau kerja di rumah sebab Aim pasti nempeelin aku terus.
    Salut buat yang bisa kerja di rumah dengan profesional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak godaan terbesar itu emang kalau ada si kecil ya

      Delete
  2. makasi tipsnya ya Anggi
    kindly visit my blog --> bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Kalau aku godaan kerja di rumah ya sambil momong anak.
    Kadang kalau serius nulis 2 jm aja kelar.
    Lain halnya kalau ada selingan ngurus anak, dr pgi baru kelar sore hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku skrg bekerja di rumah tetep keluar barang beberapa jam buat to do list yang harus kelar hari itu. Smntra lainnya yg msh bisa ditunda y bisa disambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sharingnya mbak Dian. Iya memang sesekali harus keluar untuk menyegarkan otak ya

      Delete
  5. Kerjaanku ga bisa lagi dibawa ke rumah sejak Alaric suka minta perhatian dan kepengen diajak bareng.
    Hebat buat emak-bapak blogger yang kerja dirumah juga ngurus anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat, salut juga meski banyak kerjaan tapi masih bisa main sama anaknya

      Delete
  6. Yang terakhir saya banget tuh mbak. Kadang tugas prioritas mau nulis blog malah keteter gara2 tergoda main medsos. Saya belum disiplin banget deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya medsos selalu menggoda memang bisa berjam-jam nggak terasaa

      Delete
  7. Poin terakhir, aku banget. Susah untuk disiplin karena tergoda ngecek WA, lanjut jadi ngobrol huhuhu. Harus lebih disiplin lagi.

    ReplyDelete
  8. Aku paling susah bikin list kegiatan, besok ya mengalir gitu aja deh.. hehehe... Tapi tanpa disiplin kayaknya sulit deh ya

    ReplyDelete