Sunday, 11 March 2018

AHY dan Kepemimpinan Muda

 
sumber gambar; news.idntimes
Yang muda yang berkarya

Masih ingat dengan jargon tersebut? Usia muda bukan berarti menjadi penghalang untuk menjadi pemimpin bangsa. Meski banyak anggapan belum cukup pengalaman, apalagi untuk memimpin negara, namun perkembangan zaman mematahkan pandangan tersebut. Hal ini terlihat dalam sejarah kepemimpinan Indonesia maupun dunia. Banyak pemimpin muda yang sukses dalam masanya.

Bukan hanya wajahnya saja yang menawan, sejumlah pemimpin ini bahkan memiliki prestasi yang luar biasa. Beberapa pemimpin dunia yang dilantik di usianya yang muda namun berhasil membawa perubahan bangsanya adalah sebagai berikut.
sumber gambar; en.rfi.fr

Emmanuel Macron yang baru saja terpilih menjadi Presiden Perancis pada putaran pertama ini tercatat sebagai pemimpin termuda dalam sejarah Perancis. Di usia 39 tahun, Macron mengalahkan 11 politisi kawakan lainnya. Bahkan Macron setahun lebih muda dari Louis Napoleon Bonaparte saat menjabat Presiden Prancis pada 1848. 

Selanjutnya, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, raja Bhutan yang baru menginjak usia 37 tahun begitu dicintai oleh rakyatnya, sebab caranya memimpin sangat bijak dan selalu mengedepankan kepentingan rakyatnya. kepemimpinannya di tahun 2006, Bhutan memiliki sejumlah perbaikan yang sangat positif di bidang pemerintahan, mereka bahkan mendapatkan julukan sebagai “Negara Paling Bahagia” akibat kebijakan dan program “Gross National Happiness” yang dikeluarkan oleh Sang Raja.

Beberapa waktu lalu pemimpin yang ramai diperbincangkan adalah Mantan Presiden Amerika yang menjadi Presiden saat usianya 44 tahun. Obama telah membuat banyak sekali perubahan yang membawa Amerika Serikat kepada kondisi politik yang lebih baik lagi, termasuk dengan upaya kerasnya dalam menghentikan perang di Irak. Bahkan setelah akhir masa jabatannya beberapa waktu yang lalu, Obama tetap mempesona dan tidak kehilangan karisma di dalam dirinya.

Pemimpin muda lain yaitu Justin Trudeau, seorang Perdana Menteri Kanada ini juga memiliki kepedulian yang sangat tinggi pada lingkungan dan juga kemanusiaan. Sejak mengawali karir politiknya di tahun 2008, Justin Trudeau memang bisa menunjukkan keseriusannya dalam menciptakan kondisi keamanan dan juga kesejahteraan bagi masyarakat. Trudeau dilantik pada usia 43 tahun.

Kesuksesan Macron, Trudeau, Obama, dan para pemimpin muda dunia lainnya tidak terlepas dari bantuan anak-anak muda yang terus bekerja menyakinkan para pemilih bahwa anak muda layak dan mampu memimpin negara.

Sama halnya dengan kepemimpinan dunia, Indonesia juga pernah dipimpin oleh seorang pemimpin muda yakni Ir. Soekarno yang dilantik pada usia 44 tahun. Sangat mungkin jika anak muda kembali memimpin negara Indonesia ini. Pada tahun 2019 nanti, Indonesia akan memiliki kandidat yang berasal dari kalangan muda. Dan dari sekian nama, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi perwakilan dari kalangan anak muda. Umur AHY pada tahun 2019 yaitu sekitar 40 tahun, dan umur itu hampir sama dengan Soekarno, Macron dan Obama.
sumber gambar; tirto.id

Bukan hal yang mustahil pada tahun 2019 nanti Indonesia akan mencatat sejarah memiliki Presiden termuda. AHY pemimpin masa depan menjadi presiden pada usia 40 tahun. Kembali ke anak muda tadi, AHY punya prinsip lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Better to start than never. Dia ingin anak muda mau belajar politik karena itu penting untuk masa depan negara ini. AHY juga dipercaya partai Demokrat untuk menjadi ‘Panglima Perang’, dengan pimpin Kongasma.

Kita bisa ambil kesimpulan, jangan meremehkan kekuatan anak muda. Karena jika mereka bersatu, maka segala perubahan positif akan terjadi. Dengan pemikiran yang fresh dan mengikuti perkembangan zaman, sangat mendukung dalam menggebrak sebuah masa depan bangsa.

Bagaimana nanti bakal buncahnya peta politik Indonesia tahun 2019 saat anak muda seperti AHY maju di pentas yang berisi kalangan senior. Pasti sangat menarik, kematangan politisi senior bakal berkompetisi dengan energi, semangat, dan persatuan anak muda.


0 comments :

Post a Comment