Rabu, 27 Desember 2017

Bolu Pisang Kukus No Mixer



Holla, terima kasih yang sudah komen di status IG dan Facebook kemarin. Minggu lalu saya sedang libur di rumah dan mager... akhirnya lihat ada pisang numpuk di meja dan berinisiatif bikin camilan sederhana yang tak butuh banyak bahan dan tidak pakai mixer maupun oven. Bersama adik saya, eksekusilah pisang itu menjadi bolu pisang dengan bahan yang ada di dapur. Sebelumnya saya juga pernah menulis Resep Bolu Pisang Enak untuk porsi besarnya bisa langsung baca. Kalau ini versi sederhana dan mini.

Karena banyak yang nanya resepnya, maka saya memutuskan menuliskannya di sini. Semoga bisa membantu yang pengen bikin camilan di rumah, di kos, atau hanya untuk menemani hari di musim penghujan ini. Simak bahan dan cara pembuatan Resep Bolu Pisang Kukus.

Bahan;

  1. Pisang raja/candi/kepok 4 buah, bisa menyesuaikan selera kok
  2. tepung terigu 6 sendok makan
  3. baking soda 1/2 sendok teh
  4. vanili 1 scht
  5. gula 4 sendok makan
  6. telur 2 butir
  7. minyak goreng 6 sendok makan
mengembang sempurna

Cara membuat;
  1. Kocok telur dan gula menggunakan garpu, sendok atau spatula sampai rata
  2. saring tepung terigu, vanili, dan baking soda
  3. masukkan tepung terigu, vanili dan baking soda yang sudah diayak ke dalam adonan telur lalu aduk adonan hingga rata
  4. masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Kalian bisa menghaluskan menggunakan garpu hingga teksturnya berbentuk seperti bubur
  5. tambahkan minyak goreng dan aduk kembali
  6. Siapkan loyang atau cetakan yang sudah diolesi minyak goreng agar saat bolu diangkat tidak lengket. Jika tidak punya loyang, kalian bisa menggantinya dengan wadah apa saja yang penting wadah tersebut tidak mudah leleh saat dikukus
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan
  8. Kukus bolu selama 30 menit dengan api sedang. Cek sesekali dengan cara tes tusuk.
  9. Keluarkan bolu dari cetakan
  10. Bolu siap dihidangkan


Yeeey, akhirnya bolunya jadi dan mengembang dengan sempurna. Jika kalian mengikuti resep dengan benar, pasti bolu pisang jadi kok. Selamat mencoba ya, jangan lupa komen di bawah apakah bolu kamu jadi. Atau bisa tag saya di IG maupun facebook. 

Semoga bermanfaat.

5 komentar :