Selasa, 23 April 2019

Intip Aneka Kegiatan Menarik di Festival Bunda Generasi Maju SGM



Masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting demi kualitas masa depannya. Oleh karenanya, edukasi yang benar sangat dibutuhkan bagi ibu hamil agar bisa mengetahui hal yang harus dilakukannya untuk bayinya nanti. Kebetulan sekali, SGM mengadakan “Festival Bunda Generasi Maju” di Lapangan Grand City (21/042019). Banyak kegiatan yang diadakan dari pagi hingga siang. Nah, berikut aktivitas serunya!


Saya sangat senang sekali berada di tengah ratusan Bunda yang belajar tentang tumbuh-kembang anak. Bahkan saya juga melihat beberapa Ayah turut mengantarkan para istrinya ke acara ini. Saya sendiri memang berniat belajar, mencari ilmu yang banyak biar nantinya bisa menjadi Ibu yang cerdas (*ehem). Baiklah, acara ini sangat padat merayap, mungkin akan ada beberapa hal yang terlewat karena sebanyak itu kegiatan dalam acara SGM Bunda.

Talkshow dengan Dokter Kandungan

Talkshow bersama dr. Sylvia

Setelah melakukan registrasi, saya mendapatkan pastport berupa selembar kertas dan bisa digunakan untuk menuju beberapa Area Bunda. Area pertama ini yakni Area Bunda Cerdas, Di sini diadakan Talkshow bersama dr. Sylvia Chandra, SpoG, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Dalam materi yang disampaikan dr. Sylvia ini memuat nutrisi apa saja yang harus dipenuhi agar tumbuh kembang si kecil menjadi optimal. Potensi anak generasi maju seperti cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, dan percaya diri akan terbentuk sejak ia di dalam kandungan.

Kebutuhan nutrisi mikro dan makro harus dipenuhi sejak dini. Zat gizi makro yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu: karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro yang dibutuhkan seperti zat besi, asam folat, vitamin D, dan kalsium.



Makanan ibu hamil belum tentu bisa memenuhi kedua zat gizi tersebut sehingga agar lebih praktis, ibu hamil bisa memenuhi dengan susu formula khusus. Manfaat minum susu formula yaitu:

  •         Memenuhi zat gizi makro dan mikro
  •         Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat
  •         Gizi ibu optimal, dukung potensi anak generasi maju secara maksimal


Masa Kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya. Demi mendukung hal tersebut, SGM Bunda menghadirkan “Festival Bunda Generasi Maju” dengan serangkaian aktivitas, yaitu edukasi nutrisi, prenatal couple yoga,  cooking demo aneka kuliner lezat dan bernutrisi, konsultasi dan USG, serta aktivitas relaksasi seperti totok wajah dan massage.

SGM Bunda juga memiliki Complinutri dengan tinggi zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium dan Vitamin D serta mengandung minyak ikan sangat baik untuk mendukung kesehatan Bunda dan perkembangan optimal janin. Demi mencapai nutrisi lengkap bagi Bunda dan calon anak generasi maju.

Prenatal Yoga

Prenatal Yoga

Selain mendapatkan edukasi, di sini juga bisa mengikuti Prenatal Yoga yang dipandu oleh instruktur kompeten Vonny Tenry Opu R.M. Selain bisa melakukan yoga sendiri, ternyata ibu hamil juga bisa melakukannya bersama suami (couple yoga). Yoga hamil fokus melatih pernapasan, latihan untuk area pinggul, dan pose-pose restorasi yang bermanfaat untuk mengembalikan energi saat merasa lelah akibat perubahan hormonal dalam tubuh. 

Kapan sebaiknya ibu hamil memulai prenatal yoga? Anda bisa melakukan prenatal yoga sejak Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Apalagi jika sebelum hamil sudah rutin berolahraga akan lebih baik. Namun ada baiknya juga ibu hamil konsultasi ke dokter. Hal ini dikarenakan sebagian dokter baru mengizinkan ibu hamil melakukan yoga pada trimester kedua.

Cooking Demo

Cooking Demo bersama Chef Rio

Selanjutnya ada Cooking Demo bersama Chef Rio. Hmm, kabarnya chef Rio ini dulu pernah ikut Master Chef lho. Sudah pasti jago kan ya. Nah, di sesi ini Chef Rio mengajarkan Ibu hamil agar tidak bosan mengonsumsi susu formula. Dengan membuat kreasi makanan dari susu formula, maka ibu hamil tidak akan enek atau bosan minum susu dengan cara yang sama.

SGM Bunda memiliki 3 varian rasa yaitu cokelat, stroberi, dan jeruk. Chef Rio mendemokan ketiga susu tersebut menjadi puding dan aneka es yang menggoda. Apalagi saat acara ini berlangsung udara Surabaya sangat panas menyengat. Tentu saja semua peserta bersorak-sorai mendengar kata ‘es’.

Oh iya, semua resepnya ini menggunakan 3 sendok SGM Bunda karena setara dengan sekali minum. Sehingga para ibu hamil bisa membuatnya untuk sekali minum. Sebelum penambahan es batu, sebaiknya ditambahkan air hangat 70ml untuk melarutkan bubuk susunya.

- SGM Bunda Jeruk (es jeruk pelangi)
Cara membuat Es Jeruk Pelangi ini yaitu dengan 3 sendok SGM Bunda rasa jeruk kemudian ditambahkan jus jeruk. Oh iya, tidak perlu menambahkan gula karena susu SGM sudah manis. Penambahan gula juga tidak baik. Jangan lupa tambahkan es batu di dalamnya.

- SGM Bunda Stroberi
Pembuatan Es Stroberi dari SGM Bunda rasa stroberi hampir sama dengan es jeruknya, hanya saja berbeda jenis buah. Penggunaan porsi susu juga sama cukup 3 sendok makan saja.

- SGM Bunda Cokelat 
Cara buatnya ditambah dengan alpukat,  caranya dengan blender buah alpukat kemudian dicampur dengan SGM cokelat (Cokelat Lapis Alpukat).

Makeup Class Bersama Wardah

No Makeup Makeup Tutorial by Wardah

Selanjutnya ada Makeup Class bersama Wardah. Mungkin banyak yang berpikir apakah ibu hamil butuh bermakeup saat hamil? Hmm, tentu saja agar terlihat cantik. Meakeup yang dipakai juga bukan bold makeup, tapi Makeup No Makeup alias look yang segar dan natural. Penggunaan item makeup juga tidak perlu berlebihan. Misalkan eyeliner cukup gunakan eyeliner biasa tidak perlu wings.

Penjelasan tentag skincare untuk ibu hamil
Selain itu, penggunaan skincare juga sangat penting diperhatikan bagi ibu hamil. Waspadai lipstik yang dipakai apakah terdapat kandungan logam berat seperti timbal atau tidak. Selain itu, krim siang-malam juga tidak boleh sembarangan harus bebas merkuri. Mengapa? Karena bahan-bahan tersebut sangat bahaya bagi janin, bahkan bisa menyebabkan lahir cacat. Hmm, cukup serem kan ya.

Area Bunda


Nah, seperti yang sudah saya ulas sedikit di atas, di sini juga banyak Area Bunda tepatnya ada 4 area Bunda yang bisa dikunjungi satu per satu.

Area Bunda Jajan


Banyak olahan makanan yang bisa dicicipi secara gratis. Selain itu, Bunda bisa mencicipi SGM Bunda rasa cokelat secara gratis.

Area Bunda Santai

Totok Wajah

Setelah lelah jalan-jalan melihat acara Festival Bunda Generasi Maju, kita bisa mampir di area Bunda Santai untuk totok wajah maupun massage. Badan bisa kembali rileks dan bisa melanjutkan melihat-lihat acara festival.

Area Bunda Sehat


Di sini kita bisa konsultasi serta bisa USG gratis. Semua hal mengenai kehamilan maupun tentang SGM juga bisa langsung ditanyakan saja di tempat ini.

Area Bunda Cerdas

Area ini sudah saya jelaskan di bagian depan ya, acaranya Talkshow bersama dr. Sylvia.

Selain semua kegiatan di atas, pada hari tersebut juga ada pagelaran lomba anak mulai dari lomba mewarnai dan juga lomba seni anak. Pokoknya acaranya sudah ramai sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Anak-anak sangat antusias mengikuti lomba mewarnai yang diadakan oleh SGM ini. Meski saat itu Surabaya sedang panasnya, tapi tidak menyurutkan semangat mereka.

Lomba Mewarnai Festival Bunda

Baiklah, itulah kegiatan-kegiatan seru di Festival Bunda Generasi Maju Surabaya 2019. Hmm, ada yang juga ingin berkunjung ke acaranya SGM? Jangan khawatir karena Festival ini masih akan diadakan di 3 kota lainnya yaitu Yogyakarta-28 April, Jakarta-21 Juli, Bandung-28 Juli 2019. Catat tanggalnya jangan sampai terlewat.

Rangkuman Keseruan Festival Bunda Generasi Maju

#FestivalBundaGenerasiMaju
#LangkahAwalDukungGenerasiMaju

Salam,

5 komentar :

  1. Wah seru banget nih kegiatan yang diselenggarakan oleh SGM ini

    BalasHapus
  2. Lho kok Kota Malang nggak ada sih, jadi sedih deh :( hehe

    BalasHapus
  3. Wah bermanfaat sekali nih informasinya. Terima kasih informasinya kak

    BalasHapus
  4. Saya kira cuma 1 tempat saja ternyata ada 5 area ya. Seru banget nih

    BalasHapus
  5. Wah ada senam yoga buat ibu hamil juga dan ada lomba mewarnai juga ya itu?

    BalasHapus