Selasa, 03 September 2019

Masih Males, Ini Lho Tips Meningkatkan Hobi Membaca



Membaca merupakan jendela dunia. 

Frasa ini sering kali didengungkan bahkan sejak kita kecil. Namun anehnya walaupun mengetahui manfaat dari membaca yang begitu besar, tetap saja frekuensi membaca ini bisa dihitung dengan jari dalam sebulan. Nah, jika kamu ingin mencoba melakukan kebiasaan baik tersebut simak ulasan berikut dan praktikkan langsung.

Pilih Tema Favorit

Salah satu sebab mengapa orang enggan membaca adalah tema atau topik yang dibahas tidak menarik minat. Oleh karena itu hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik dan teman seperti apa yang kamu sukai. Sehingga saat membacanya kamu bisa menikmati dan menyerap informasi di dalamnya dengan baik.

Membaca tidak harus mengambil topik yang berat seperti bisnis, motivasi atau bahkan psikologi. Buku-buku bertema berat tersebut memang sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan, namun jika tema yang berat tersebut yang kamu pilih karena ingin terlihat keren, maka hasilnya Anda akan merasa bosan jika topik tersebut tidak benar-benar kamu sukai.

Kamu bisa mengawalinya dengan bacaan ringan, misal buku-buku anak, novel remaja, buku tips & trik, maupun buku dengan bumbu humor. Setelah sudah terbiasa membaca, maka kamu akan ingin meningkatkan intensitas membaca dan memperluas bahan bacaan.

Manfaatkan Waktu Menunggu


Salah satu hal yang paling membosankan di dunia adalah menunggu, entah apa pun bentuknya baik itu menunggu teman sebelum berangkat hangout atau sekadar menunggu pesanan kita diantar oleh pelayan restoran. Agar rasa bosan tersebut teralihkan dan bisa bermanfaat dengan baik, maka gunakanlah waktu tersebut untuk membaca.

Meski hanya bisa membaca satu atau dua lembar saja, namun jika dibiasakan maka lama-lama kamu akan bisa menangkap isi dan pesan dari buku tersebut. Dan juga terkadang tanpa sadar kamu bisa menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kamu selama ini setelah membaca buku dan langsung berhadapan dengan dunia nyata.

Mulai dengan Buku Populer

Pesona sebuah buku akan sangat kentara ketika sudah banyak orang yang membacanya. Oleh karena itu bagi kamu yang baru ingin menumbuhkan minat membaca buku ini, sangat disarankan untuk mencari rekomendasi buku-buku terkenal terlebih dahulu. Rasa pensaran yang muncul akibat membaca review orang-orang yang telah lebih dulu tamat akan membuat kamu merasa tertantang untuk membuktikan dan atau menyanggah pendapat-pendapat tersebut.

Tetapkan Target Membaca

Segala sesuatu perlu direncanakan agar hasil yang didapatkan sesuai, begitu pun dengan hobi membaca ini. Sebelum memulai membaca sebuah buku, buatlah target pasti kapan kamu akan menyelesaikan membaca buku tersebut.

Tentukan juga berapa halaman yang harus kamu abaca dalam sehari dan usahakan juga kamu memenhi target membaca tersebut. Jika terlalu sibuk dengan kegiatan lain sehingga rasa keengganan tersebut muncul kembali, cobala tetap membuka buku  lalu baca buku dengan teknik skimming.

Teknik ini berguna untuk kamu yang ingin membaca cepat dan efektif dengan hanya terfokus pada inti-inti setiap paragraf saja. Sehingga kamu pun tak perlu membaca keseluruhan kaimat dan hanya melakukan pindaian saja layaknya mesin otomatis.

Tips di atas akan berhasil bergantung pada diri sendiri. Jika kemalasan masih hinggap dan kesadaran semakin kurang, maka intensitas membaca tidak akan bisa ditingkatkan. Oleh karenanya, sebaiknya mulailah dari hal kecil, mulai dari selembar dua lembar setiap hari. Jika sudah terbiasa, membaca tiga buku sehari akan terasa ringan. 

Kamu sudah mampu membaca buku berapa per hari, gengs?

---

Referensi:
https://arryrahmawan.net

 #ODOPEstilook Day 3

0 komentar :

Posting Komentar