Minggu, 22 Maret 2020

Papua Destinasi Wisata Hijau Impian untuk Traveling Unik

sumber: Rimba Kita

Papua destinasi wisata hijau yang ingin saya kunjungi. Traveling tak hanya berfungsi sebagai penyegar pikiran yang setiap hari digunakan bekerja, mengejar waktu demi materi. Tetapi bagi saya melakukan traveling juga untuk mengenal daerah baru yang mungkin belum pernah dikunjungi. 
Saat ini pesona alam sudah mulai rusak, tergerus oleh industri dan perbisnisan yang mengharuskan penggusuran lahan hijau untuk diubah menjadi perubahan, gedung bertingkat, bahkan untuk pabrik. 

Mengapa dari sekian banyak pulau ingin berkunjung ke Papua? Saya hidup di desa sewaktu kecil, namun saat ini sudah berubah, banyak lahan hijau yang telah musnah. Saya berpikir untuk mengunjungi daerah yang masih segar, banyak pemandangan hijau, dan tentu saja memiliki masyarakat yang unik. Yups, pilihan saya jatuh ke Papua, pulau paling timur Indonesia.

Papua Destinasi Wisata Hijau Favorit

sumber: Travel Detik

Papua memiliki hutan yang masih terjaga keasriannya. Hutan di sana dimanfaatkan untuk mengambil kayu bakar, mencari makan, dan berburu. Kebutuhan pokok disiapkan oleh alam untuk setiap harinya dinikmati. Alam Papua merupakan rumah makhluk hidup secara ekologis penghuni flora, fauna, manusia, dan mikroorganisme lainnya.

Rumah ekologis alam Papua memiliki iklim hutan hujan tropis atau tropical rain forest musim hujan atau kemarau di sana tidak jauh berbeda, karena pada musim kemarau pun curah hujan pun tetap tinggi. Oleh sebab itu, tumbuhan bisa tumbuh subur di tanah Papua.

Dari alam inilah semua mata pencaharian pun terbentuk karena keberlimpahan potensi sumber daya alam. Agar dapat menganyam dan merajut noken, orang Papua mengambil kulit kayu, rumput rawa, dan daun pandan untuk bahan baku di hutan. Tak kalah juga warisan budaya yang masih terus dilestarikan membuat Papua sebagai pulau yang unik dan menarik.

Wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih

sumber: Nasional Geographic
Tempat wisata yang satu ini sangat sering saya searching dan nangkring terus di pencarian saya di Google. Selain pesona alamnya yang saya kagumi juga aneka flora dan fauna yang masih banyak di sana menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan alam yang eksotis ini bernama Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Kawasan konservatif laut terbesar dan terluas di Indonesia ini sangat cocok buat diving. Di sini kita bisa melihat beragam kehidupan bawah laut yang tentu saja menarik. Selain itu, wisata ini memiliki ratusan moluska dan ikan. Bahkan ikan yang belum pernah saya lihat sebelumnya ada di tempat ini. Tak jarang penyu, hiu, dan lumba-lumba ikut menemani para penyelam.

Tidak cukup menikmati keindahan alam bawah laut di tempat ini, kita juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Salah satu pulau yang bisa dijelajahi yakni Pulau Mioswaar, salah satu pulau yang punya gua dengan sumber air panas dan kandungan belerang yang menyejukkan mata. Ada juga Pulau Yoop, Pulau Nusrowi, Pulau Numfor, dan masih banyak lagi yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Papua.

Selain dinikmati banyak orang untuk diving, keindahan pulau-pulau di kawasan Taman Nasional juga bisa dijadikan sebagai pusat penelitian hiu paus yang dilakukan oleh pemerintah dengan kerjasama LSM dakam dan pihak luar negeri. Enggak heran, kalau di tempat ini kita bisa melihat wujud asli hiu paus yang biasanya hanya bisa dilihat di layar televisi atau YouTube.

Seperti yang saya bahas di atas, wisata Papua tak hanya sejuk dengan hutan tetapi juga budaya asli masih sangat kental sehingga saya ingin melihat secara langsung apa saja yang menjadi kebiasaan mereka di sana serta beberapa festival yang sering dilakukan di tiap kota distriknya.

Tentu saja traveling ke Papua menjadi impian saya, banyak tempat yang ingin saya kunjungi di sana. Meski tidak sekarang, semoga suatu saat takdir memanggil saya untuk bercengkerama dengan Papua destinasi wisata hijau. Buat kamu yang masih penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Papua sebagai konservatif dunia bisa langsung cek ke Econusa.


2 komentar :

  1. Papua, keindahannya tiada Tara, semoga selalu terjaga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, indah banget bumi Papua semoga kesampean kesana

      Hapus